GoZero: Inisiatif Telkom Menuju Bisnis Berkelanjutan
Dalam upaya menjadi perusahaan berkelanjutan, Telkom menghadirkan GoZero, sebuah inisiatif yang berlandaskan prinsip ESG (environmental, social, and governance). Melalui kampanye ini, Telkom berkomitmen untuk menjaga lingkungan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menerapkan tata kelola perusahaan yang transparan.
GoZero berfokus pada tiga pilar utama yang mencerminkan komitmen Telkom terhadap keberlanjutan, antara lain; Save Our Planet yang berfokus dalam pelestarian lingkungan dengan penggunaan energi ramah lingkungan dan pengurangan emisi; Empower Our People dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat melalui program digitalisasi dan peningkatan kesejahteraan sosial; dan Elevate Our Business yang fokus pada peningkatan tata kelola perusahaan agar lebih transparan dan berintegritas.
Dalam inisiatif ini, Telkom mencanangkan sejumlah target untuk dicapai hingga 2030 mendatang. Target-target tersebut meliputi: reduksi emisi 20 persen (scope 1 dan 2) dari baseline 2023, mendongkrak UMK naik kelas sejumlah 10 persen setiap tahun dan kepatuhan penuh pada etika bisnis dan tata kelola yang transparan.
Hingga kini, Telkom telah mencatatkan pencapaian konkret dalam setiap aspek ESG.
Pada aspek lingkungan, 830 site Telkom telah menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT) dengan total kapasitas 7.332,65 GJ. Telkom juga berhasil mengurangi limbah sebesar 5.638 ton dibandingkan tahun sebelumnya.
Sementara pada aspek sosial, Telkom membekali 12.222 UMKM dengan pelatihan digitalisasi dan e-commerce. Telkom juga mengantarkan lebih dari 200 UMKM menembus pasar internasional, seperti Jepang, Singapura, dan Malaysia.
Adapun pada aspek tata kelola, Telkom meraih skor 103,31 dalam ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) , menandakan kepemimpinan dalam tata kelola perusahaan. Telkom dan 13 anak perusahaan juga telah memperoleh sertifikasi ISO 37001 untuk Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
Dengan berbagai langkah konkret yang telah dilakukan, Telkom terus berupaya menciptakan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat, dan bisnis secara berkelanjutan.