Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris Ini Punya Sejarah Panjang

Image title
21 September 2021, 11:10
Ilustrasi Nama-nama hari dalam Bahasa Inggris
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Pekerja menyelesaikan produksi kalender 2021 di salah satu percetakan di Bungur, Jakarta, Minggu (13/12/2020). Pelaku industri percetakan setempat mengaku pendapatan dari produksi kalender menurun drastis sekitar 50 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena merosotnya pesanan dampak dari lesunya perekonomian saat pandemi COVID-19.

Kemampuan untuk memahami bahasa Inggris saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam komunikasi di era modern. Oleh karenanya, setiap masyarakat di Indonesia setidaknya menguasai beberapa materi dasar mengenai bahasa Inggris.

bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar resmi di 53 negara yang ada di dunia. Bahkan, ada banyak hal yang bisa Anda peroleh dengan memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris, khususnya saat berada di luar negeri, maupun di dalam negeri. Belajar bahasa Inggris juga bisa dimulai dari hal paling sederhana, salah satunya mengenal nama-nama hari dalam bahasa Inggris yang lazim digunakan dalam percakapan, baik lisan maupun tulisan. 

Katadata.co.id menyajikan informasi mengenai nama-nama hari dalam bahasa Inggris, yang ternyata memiliki sejarah panjang antar negara di benua Eropa.

Dilansir dari Wallstreetenglish.co.id, akar bahasa Inggris diserap dari bahasa Germanic. Zaman dahulu, orang Germanic bermukim di Eropa bagian Utara. Seiring waktu dan perkembangan zaman, mereka memiliki anak cucu dan menjadi leluhur bagi bangsa Inggris (Anglo-Saxon), Jerman, Belanda, Denmark, Swedia, Norwegia, dan bangsa Eropa utara lainnya.

Salah satu perbendaharaan kata yang banyak diambil dari bahasa Germanic adalah mengenai nama-nama hari. Dalam sejarahnya, asal mula nama itu berasal dari mitologi sosok figur dari kalangan orang-orang Germanic. Berikut nama-nama hari beserta penjelasannya:

1. Sunday

Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Sunday berarti hari Minggu atau Ahad. Nama ini dikutip dari bahasa Inggris kuno Sunnandæg yang berarti sun’s day atau hari matahari. Sejak zaman dulu, banyak kepercayaan dan kebudayaan yang menjadikan matahari sebagai tokoh dewa yang paling utama. Masyarakat zaman dahulu, kemudian menempatkan hari matahari sebagai awal dari hari-hari lainnya. Namun, seiring perkembangan zaman, Sunday justru menjadi hari libur internasional dan dijadikan sebagai akhir sebuah pekan. 

2. Monday

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris lainnya adalah Monday yang berarti hari bulan. Hari ini merupakan kebalikan dari Sunday yang berarti hari matahari. Dalam bahasa Indonesia, Monday yang berarti Senin, ini berasal dari kata Mōnandæg yang berarti moon’s day. Banyak dari masyarakat yang tidak menyukai hari ini karena mereka harus kembali beraktivitas dan menjalani pekerjaan mereka. Kondisi tersebut membuat hari bulan cenderung dipandang negatif oleh sebagian orangn dan selalu dikonotasikan dengan hal menyebalkan. Mungkin Anda kerap mendengar istilah i hate Monday yang berarti saya benci hari Senin.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...