Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris Ini Punya Sejarah Panjang

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris ternyata memiliki sejarah panjang, bahkan jauh sebelum Kerajaan Inggris berdiri.
Image title
21 September 2021, 11:10
Ilustrasi Nama-nama hari dalam Bahasa Inggris
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Pekerja menyelesaikan produksi kalender 2021 di salah satu percetakan di Bungur, Jakarta, Minggu (13/12/2020). Pelaku industri percetakan setempat mengaku pendapatan dari produksi kalender menurun drastis sekitar 50 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena merosotnya pesanan dampak dari lesunya perekonomian saat pandemi COVID-19.

Kemampuan untuk memahami bahasa Inggris saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam komunikasi di era modern. Oleh karenanya, setiap masyarakat di Indonesia setidaknya menguasai beberapa materi dasar mengenai bahasa Inggris.

bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar resmi di 53 negara yang ada di dunia. Bahkan, ada banyak hal yang bisa Anda peroleh dengan memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris, khususnya saat berada di luar negeri, maupun di dalam negeri. Belajar bahasa Inggris juga bisa dimulai dari hal paling sederhana, salah satunya mengenal nama-nama hari dalam bahasa Inggris yang lazim digunakan dalam percakapan, baik lisan maupun tulisan. 

Katadata.co.id menyajikan informasi mengenai nama-nama hari dalam bahasa Inggris, yang ternyata memiliki sejarah panjang antar negara di benua Eropa.

Dilansir dari Wallstreetenglish.co.id, akar bahasa Inggris diserap dari bahasa Germanic. Zaman dahulu, orang Germanic bermukim di Eropa bagian Utara. Seiring waktu dan perkembangan zaman, mereka memiliki anak cucu dan menjadi leluhur bagi bangsa Inggris (Anglo-Saxon), Jerman, Belanda, Denmark, Swedia, Norwegia, dan bangsa Eropa utara lainnya.

Salah satu perbendaharaan kata yang banyak diambil dari bahasa Germanic adalah mengenai nama-nama hari. Dalam sejarahnya, asal mula nama itu berasal dari mitologi sosok figur dari kalangan orang-orang Germanic. Berikut nama-nama hari beserta penjelasannya:

1. Sunday

Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Sunday berarti hari Minggu atau Ahad. Nama ini dikutip dari bahasa Inggris kuno Sunnandæg yang berarti sun’s day atau hari matahari. Sejak zaman dulu, banyak kepercayaan dan kebudayaan yang menjadikan matahari sebagai tokoh dewa yang paling utama. Masyarakat zaman dahulu, kemudian menempatkan hari matahari sebagai awal dari hari-hari lainnya. Namun, seiring perkembangan zaman, Sunday justru menjadi hari libur internasional dan dijadikan sebagai akhir sebuah pekan. 

2. Monday

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris lainnya adalah Monday yang berarti hari bulan. Hari ini merupakan kebalikan dari Sunday yang berarti hari matahari. Dalam bahasa Indonesia, Monday yang berarti Senin, ini berasal dari kata Mōnandæg yang berarti moon’s day. Banyak dari masyarakat yang tidak menyukai hari ini karena mereka harus kembali beraktivitas dan menjalani pekerjaan mereka. Kondisi tersebut membuat hari bulan cenderung dipandang negatif oleh sebagian orangn dan selalu dikonotasikan dengan hal menyebalkan. Mungkin Anda kerap mendengar istilah i hate Monday yang berarti saya benci hari Senin.

3. Tuesday

Bila merujuk pada referensi bahasa Inggris kuno, Tuesday yang berarti hari Selasa disebut sebagai Tīwesdæg yang berarti Tiw’s Day. Nama Tiw atau Tyr sendiri dikenal sebagai dewa perang bertangan satu dalam kisah mitologi Nordik, yang membunuh serigala raksasa Garmr dalam perang terakhir Ragnarok. Namun nahas, Tyr tewas bersamaan dengan lawan bertempurnya tersebut.

4. Wednesday

Wednesday yang artinya hari Rabu ini berasal dari kata Wōdnesdæg yang berarti Woden’s day. Woden sendiri merupakan sosok figur dewa yang paling dikenal oleh orang-orang Germanic pada abad ketujuh setelah Masehi. Jika merujuk ke mitologi Nordik, nama Woden disebut juga sebagai Odin dan merupakan ayah dari beberapa dewa Nordik lainnya seperti Thor dan Baldr. Odin sering digambarkan sebagai sosok bermata satu dan bersenjatakan tombak bernama Gungnir. 

5. Thursday

Banyak dari masyarakat dan mungkin juga Anda sudah mengetahui bahwa Thor merupakan personifikasi dari dewa petir dalam mitologi Nordik. Oleh karenanya Thursday atau hari Kamis ini merupakan hari yang didedikasikan oleh orang-orang Germanic kepada dewa petir tersebut.

Nama hari dalam bahasa Inggris kuno ditulis sebagai Þūnresdæg, yang memiliki arti harfiah sebagai hari petir. Dalam bahasa Nordik, petir ditulis sebagai Þunor dan ditulis sebagai Thor dalam bahasa Inggris modern. Nama Thor sendiri sudah cukup populer karena menjadi salah satu tokoh dalam film superhero Hollywood.

6. Friday

Nama hari ini diambil dari kata Frīgedæg yang bermakna Frige’s day. Frige sendiri merupakan figur seorang dewi dalam kebudayaan Anglo-Saxon. Frige juga difungsikan orang Norse untuk menyebut planet Venus sebagai Friggjarstjarna atau Frigg’s star. Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Friday diartikan sebagai hari Jumat.

7. Saturday

Hari terakhir yang selalu dinantikan karena menjadi permulaan dari akhir pekan. Uniknya, nama Sæturnesdæg dalam bahasa Inggris kuno merupakan satu-satunya nama hari yang tidak diambil dari dewa dalam mitologi Nordik, tapi dewa dalam mitologi Romawi yaitu dewa Saturn. Saturn sendiri merupakan ayah dari Jupiter (Zeus dalam mitologi Yunani). Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Sunday berarti hari Sabtu.

Demikian nama-nama hari dalam bahasa Inggris yang ternyata bukan sekedar nama, melainkan juga memiliki makna. Jika ditelisik lebih, Anda juga bisa menemukan kisah sejarah masing-masing sosok di belakang asal nama-nama dalam bahasa Inggris tersebut. Di mana, sejarah itu juga berkaitan dengan asal mula bangsa Eropa terutama Inggris mulai bertutur dan menggunakan bahasa.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait