Manfaat Push Up untuk Wanita Beserta Varian Gerakannya

Image title
23 September 2021, 18:35
Ilustrasi manfaat push up untuk wanita dan varian gerakannya (Pexels.com).
Pexels.com
Ilustrasi manfaat push up untuk wanita dan varian gerakannya (Pexels.com).

Push up merupakan salah satu gerakan olahraga sederhana yang melibatkan otot bagian atas tubuh. Jenis senam kekuatan ini dilakukan untuk melatih otot bisep, trisep, dada, dan bahu.

Push up menjadi salah satu olahraga favorit sebagian orang. Pasalnya, aktivitas ini hampir bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa memerlukan alat pendukung. Apabila dilakukan dengan gerakan yang tepat, push up bisa memperkuat punggung bawah dan inti dengan menarik otot perut.

Olahraga push up yang dilakukan secara teratur dan konsisten setiap hari akan mendatangkan banyak manfaat, khususnya dalam hal kekuatan fisik. Bukan hanya bagi pria, melakukan olahraga ini secara rutin juga berkhasiat bagi kesehatan dan kekuatan tubuh kaum hawa.

Manfaat Push Up untuk Wanita

Kebanyakan wanita cenderung takut untuk melakukan gerakan push up secara rutin, karena tidak ingin memiliki lengan berotot bak pria-pria kekar. Padahal, otot perempuan tidak bisa disamakan ukuran dan kekuatannya dengan otot laki-laki. Hal tersebut, lantaran kadar hormon dan porsi lemak pada pria dan wanita berbeda.

Push up pada wanita dapat membantu menghasilkan bentuk lengan yang indah. Tidak hanya itu, dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat push up untuk wanita:

1. Membentuk tubuh

Dengan melakukan gerakan push up secara rutin, seorang wanita bisa memperoleh bentuk bisep, trisep, bahu, punggung bagian atas dan bawah, hingga dada yang proporsional. Push up yang teratur juga membantu wanita mengubah penampilan dan bentuk lengan menjadi lebih kencang dan berisi.

2. Lebih energik

Gerakan push up yang berfungsi melatih dan memperkuat otot lengan dan kaki membuat para wanita bisa bergerak lebih energik. Pasalnya, lemak pada bagian tersebut dapat tersalur secara merata.

3. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Gerakan push up memerlukan tubuh dalam posisi sejajar, sehingga dapat melatih kesimbangan tubuh.

4. Mencegah nyeri pundak dan leher

Otot bahu yang turut bergerak selama push up dapat membantu rangkaian otot menjadi lebih fleksibel dan kuat, sehingga meminimalisir nyeri atau cedera.

5. Memperbaiki postur tubuh yang salah

Dengan gerakan tegak lurusnya, push up dapat menjaga posisi punggung untuk tetap tegak dan tidak membungkuk.

6. Mengencangkan payudara

Memiliki payudara yang sehat dan kencang merupakan idaman hampir setiap wanita. Lakukan gerakan push up secara rutin untuk memperoleh bentuk payudara yang ideal dan kencang.

7. Menyehatkan jantung

Walaupun bukan termasuk olahraga kardio, push up mampu merangsang sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga dapat menyehatkan jantung.

Untuk memperoleh manfaat push up secara optimal, gerakan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa varian gerakan push up wanita dari yang mudah hingga yang sulit. Meski begitu, manfaat yang didapat tetap bisa dirasakan tubuh.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...