Tak Hanya Rumah Bolon, Ini Daftar Rumah Adat Sumatera Utara

Image title
30 September 2021, 22:00
Rumah Bolon, rumah adat Sumatera Utara
www.indonesia.travel
Rumah Bolon, rumah adat suku Batak Toba di Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian barat Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera dengan ibu kota Medan. Dilihat dari sejarahnya, Sumatera Utara sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda yang kemudian disebut Gouverment van Sumatera dengan wilayah meliputi seluruh pulau Sumatera. Untuk pemerintahan daerahnya dipimpin Gubernur dan berpusat di kota Medan.

Sumatera Utara merupakan gabungan dari tiga kecamatan, yaitu Karesidenan Aceh, Karesidenan Sumatra Timur, dan Karesidenan Tapanuli. Selain kaya dengan pemandangan yang indah, Sumatera Selatan memiliki beberapa rumah tradisional yang diakui dunia. 

Rumah Adat Sumatera Utara

Dilansir Bpkp.go.id, penduduk Sumatera Utara menurut golongan etnis terdiri dari penduduk asli Sumatera Utara, penduduk asli pendatang dan penduduk asing. 

Golongan pribumi pendatang adalah suku: Jawa, Sunda, Bali, Ambon, Minahasa, Banjar, Palembang, Riau, Minangkabau dan lain-lain, sedangkan penduduk asing adalah orang-orang Arab, India, Cina dan bangsa-bangsa lain.

Penduduk Sumatera Utara sekitar 80% tinggal di desa-desa sebagai petani, sedangkan sisanya tinggal di kota sebagai pedagang, pegawai, tukang dan sebagainya.

Sementara itu, penduduk asli Sumatera Utara terdiri dari suku Melayu, Batak Karo, Simalungun, Pakpak/Dairi, Batak Toba, Mandailing, Pesisir dan Nias. Suku-suku tersebut memiliki budaya dan tradisi yang berbeda-beda, termasuk rumah adat tradisional. 

Umumnya, masyarakat asli Sumatera Utara ini memiliki rumah tradisional beragam, dengan desain dan keunikan tersendiri, sesuai tradisi dan budaya masing-masing suku. Berikut adalah nama-nama rumah adat di Sumatera Utara.

1. Rumah Adat Batak Toba

Rumah Adat Batak Toba biasanya memiliki ciri khas berbentuk panggung dengan tiang pancang yang kokoh. Untuk masuk, Anda harus menggunakan tangga. Rumah Adat Batak Toba terbuat dari papan dan beratap ijuk. Pada bagian atap depan, Anda akan menemukan hiasan kepala kerbau dan pada bagian belakang dihiasi dengan ekor kerbau.

Jika Anda tertarik untuk melihatnya secara langsung, Anda bisa mengunjungi kawasan Toba khususnya di Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Tapanuli Utara. Rumah Adat Batak Toba bernama Jabu Bolon (Jabu: Rumah) dan (Bolon: Besar).

Rumah panggung umumnya dihuni 4-6 keluarga yang tinggal bersama. Jika di daerah lain, rumah panggung sengaja dibuat untuk menghindari serangan binatang buas. Namun, rumah panggung adat bolon dibuat agar memiliki kolong rumah. Bagian ini digunakan sebagai kandang hewan untuk peliharaan orang batak, seperti babi, ayam, dan kambing.

2. Rumah Adat Pakpak

Suku Pakpak bermukim di distrik Dairi dan Pakpak Bharat. Kedua kabupaten ini dulunya satu, namun seiring berjalannya waktu Kabupaten Pakpak Bharat berkembang. Rumah Adat Pakpak bernama Jerro. Bentuk rumah adat Pakpak sama saja dengan rumah adat lainnya di Sumatera Utara yang umumnya menggunakan tangga dan juga tiang.

Rumah Pakpak memiliki bentuk yang khas dan terbuat dari kayu serta atap dari bahan ijuk. Bentuk desain rumah adat ini selain sebagai wujud seni budaya Pakpak, juga bagian dari rumah adat Sumatera Utara yang memiliki makna tersendiri.

3. Rumah Adat Mandailing

Suku mandailing terletak di provinsi sumatera utara yang berbatasan langsung dengan provinsi riau. Mandailing terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona dan kearifan lokal yang begitu erat dipegang oleh penduduk setempat.

Rumah Adat Mandailing dapat ditemukan di Kabupaten Mandailing Natal, sebagian dari Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Nama rumah adat Mandailing bernama Bagas Godang. Bagas dalam bahasa Mandailing berarti rumah sedangkan Godang berarti banyak.

Kawasan Mandailing terkenal dengan wisata alamnya yang memukau. Dan budaya kearifan lokal yang begitu erat dipegang oleh penduduk setempat. Rumah Adat Mandailing dapat ditemukan di kabupaten Mandailing Natal.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...