10 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Lobak putih atau daikon masih satu keluarga dengan kol atau kubis. Manfaat lobak yaitu menambah sistem imun, menjaga kesehatan kulit, ginjal dan mencegah penyakit kronis. Berikut penjelasannya.
Dwi Latifatul Fajri
8 November 2021, 18:00
Lobak Putih
pexels.com/Anna Nekrashevich
Manfaat Lobak Putih

Lobak putih memiliki nama latin raphanus sativus var. Longipinnatus. Nama lain lobak putih adalah daikon atau lobak Jepang. Sayuran ini tumbuh subur di dataran rendah atau pegunungan di Indonesia.

Lobak putih masih satu keluarga dengan kol atau kubis. Sayuran ini masuk dalam keluarga brassicaceae atau cruciferae. Sayuran ini tumbuh subur saat kondisi hujan atau kemarau.

Bentuk lobak bisa bervariasi, ada yang bulat, panjang dan kecil. Bagian kulit berwarna merah, hitam, putih, kuning, merah muda, atau ungu sesuai dengan jenisnya.

Mengutip dari Webmd.com, lobak putih awalnya berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah. Sekitar 2.500 tahun yang lalu, orang Yunani dan Romawi memakai sayur ini untuk pengobatan dan makanan. Sekarang, jenis varietas lobak cukup beragam.

Daikon atau lobak putih bentuknya menyerupai wortel atau ubi. Sayuran ini berwarna putih dan ukurannya lebih besar dari wortel. Sedangkan jenis lobak semangka memiliki warna hijau pucat dan bagian dalamnya berwarna merah muda. Ada juga lobak Spanyol yang memiliki warna hitam.

Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan

Lobak putih digunakan sebagai bahan masakan di Asia dan India. Sayuran ini dikonsumsi oleh manusia dan juga ternak. Bagian minyak biji dipakai untuk keperluan industri.

Salah satu manfaat lobak putih adalah kehadiran antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Lobak memiliki sumber antioksidan seperti pirogalol, asam vanilat, dan senyawa fenolik lainnya.

Lobak putih mengandung kalsium, magnesium, potassium, dan tembaga. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan, serta perbaikan jaringan. Kandungan vitamin B baik untuk perkembangan sel darah merah, sintesis DNA, dan pertumbuhan sel.

Lobak putih baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung folat. Nutrisi ini berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Berikut manfaat lobak putih untuk kesehatan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lobak putih mengandung senyawa untuk meningkatkan kesehatan dan perlindungan terhadap penyakit tertentu. Senyawa dalam lobak disebut glukosinolat.

Mengutip dari Healthline.com, penelitian dilakukan untuk menguji ekstrak lobak putih yang mengandung antioksidan. Penelitian tersebut menemukan kalau antioksidan mengandung anti-inflamasi, anti kanker, dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Lobak mengandung serat dan nutrisi yang bisa menurunkan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Sayuran ini membantu meningkatkan proses menurunkan berat badan.

Lobak putih juga dianggap sebagai sayuran non-tepung karena rendah karbohidrat. Sayuran ini bisa menjaga berat badan tetap sehat. Penelitian yang dilakukan pada 1197, menemukan bahwa lemak tubuh dan kadar insulin pada lobak putih lebih rendah karena konsumsi sayuran non tepung.

Lobak putih bisa meningkatkan kalori dan kolesterol untuk asupan harian. Anda bisa mengombinasikan sayuran yang mengandung serat dan nutrisi untuk menurunkan berat badan. Penelitian tahun 2019 juga menemukan manfaat lobak putih mengurangi kegemukan pada hewan.

3. Menjaga dari penyakit kronis

Lobak putih mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bisa melindungi tubuh dari penyakit. Beberapa sayuran termasuk lobak bisa menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Beberapa penelitian menemukan konsumsi sayuran lobak putih bisa lebih sehat dan berumur panjang.

4. Menjaga kulit tetap sehat

Lobak putih bisa membantu Anda dalam merawat kulit agar tetap sehat. Anda bisa menumbuk dan menghaluskan sayuran ini ke kulit. Lobak putih bermanfaat untuk mencegah anti penuaan pada kulit.

Antioksidan dalam sayuran ini juga bisa mencegah radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Konsumsi lobak putih dapat melembabkan kulit, mengurangi munculnya noda serta bintik-bintik penuaan di kulit.

Vitamin A, K, dan C bisa mencegah gangguan kulit dari peradangan dan meningkatkan perbaikan sel. Ada juga kandungan mineral seperti seng, fosfor dan air tinggi pada lobak putih.

Mineral pada lobak membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kulit kering. Selain kulit, sayuran ini bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Lobak putih dari Jepang efektif untuk menyembuhkan kulit dari sengatan dan gigitan serangga.

5. Mencegah kerusakan hati

Mengutip dari Hellosehat.com, lobak putih mengandung enzim yang memiliki aktivitas hepatoprotektif di dalamnya. Enzim ini bisa menangkal efek hepatotoksik pada tubuh.

Hepatotoksik adalah kerusakan organ hati yang dimiliki agen toksik. Sehingga, lobak putih bisa menangkal efek buruk dari kerusakan organ hati.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Lobak putih mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Anda bisa mengonsumsi sayuran lobak dan susu untuk pencegahan penyakit. Lobak putih juga bisa memperlambat proses penuaan alami terkait kesehatan tulang.

7. Sifat Antimikroba

Ada beberapa penelitian yang menguji ekstrak pada lobak putih untuk aktivitas antibakteri. Melansir dari Organic.facts.net, ekstrak lobak memiliki antibakteri kuat pada beberapa bakteri seperti Hafnia alvei, Lactobacillus, Bacillus thuringiensis, dan spesies jamur seperti Penicillium lilacinum.

Kandungan antimikroba bisa mengobati masalah pernapasan. Lobak putih membantu membuka saluran sinus pada hidung dan melarutkan lendir. Tanaman ini mengandung bioflavonoid yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, lobak putih juga bisa mencegah serangan asma.

Anda bisa membuat jus lobak untuk membersihkan darah, mengurangi bakteri, patogen, dan menjaga sistem pernapasan tetap sehat.

8. Menyehatkan pencernaan

Lobak putih mengandung enzim amilase dan esterase yang baik untuk pencernaan. Enzim ini bisa bermanfaat untuk pencernaan, karbohidrat kompleks, protein, dan lemak.

Konsumsi lobak bisa mencegah sembelit dan meningkatkan penyerapan nutrisi di dalam usus. Jurnal yang diterbitkan di Journal of Food & Nutritional Sciences, memadukan makanan yang mengandung protein hewani dan sayuran seperti lobak putih untuk pencernaan. Hasilnya, kedua makanan ini bisa memperlancar pencernaan protein dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

9. Menyehatkan ginjal

Dalam tubuh, ginjal berfungsi untuk ekstraksi nutrisi penting dari darah. Ginjal bisa membuang limbah dalam proses yang disebut diuresis. Makanan bergizi bisa meningkatkan fungsi ginjal secara alami. Salah satu makanan tersebut adalah lobak putih yang bisa meningkatkan laju filtrasi ginjal.

Lobak putih dikenal juga sebagai obat diuretik alami. Artinya sayuran ini bisa merangsang buang air kecil dan menjaga ginjal tetap bersih. Selain itu sayuran ini bisa membuang kelebihan racun dalam lemak dan air melalui buang air kecil.

10. Mencegah potensi antikanker

Menurut artikel penelitian yang diterbitkan American Chemical Society, lobak putih mengandung senyawa fenolik antioksidan. Senyawa ini memiliki antioksidan yang bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Tetapi, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut manfaat lobak putih untuk pencegahan kanker.

Manfaat Lobak Putih untuk Asam Urat

Penyakit asam urat dalam bahasa Inggris, gout adalah penyakit radang sendi. Mengutip dari Alodokter.com, terjadi penumpukan kristal asam urat yang terjadi di lutut, pergelangan kaki, dan jempol kaki.

Asam urat bisa menyebabkan pembengkakan dan nyeri di sendi. Selain itu, kondisi ini bisa memengaruhi batu ginjal atau batu saluran kemih. Jika Anda ingin mencegah penyakit asam urat, bisa mengonsumsi lobak putih.

Mengutip dari Healthroot.com, penelitian menemukan lobak putih mengandung purin yang rendah. Purin adalah zat yang bisa meningkatkan kadar asam urat, sekaligus bisa memperparah gejala asam urat dalam tubuh.

Meski rendah purin, bukan berarti lobak putih efektif menjadi obat pengganti asam urat. Lobak putih tidak dapat dipakai sebagai obat asam urat sesuai resep dokter. Selain itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat lobak putih untuk menyembuhkan asam urat.

Cara Mengolah Lobak Putih

Lobak putih bisa dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak. Tekstur sayuran ini padat dan berair. Lobak bisa dipotong tipis-tipis untuk bahan sayuran, salad, sup dan semur. Selain bagian daging, daun lobak bisa dimakan.

Berikut cara mengolah lobak dalam makanan:

  • Lobak bisa dibuat acar memakai cuka putih dan rempah-rempah
  • Anda bisa menambahkan irisan potongan lobak dalam sayuran
  • Lobak yang sudah dibersihkan bisa ditambahkan bawang putih dan minyak zaitun

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait