10 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Dwi Latifatul Fajri
8 November 2021, 18:00
Lobak Putih
pexels.com/Anna Nekrashevich
Manfaat Lobak Putih

Lobak putih memiliki nama latin raphanus sativus var. Longipinnatus. Nama lain lobak putih adalah daikon atau lobak Jepang. Sayuran ini tumbuh subur di dataran rendah atau pegunungan di Indonesia.

Lobak putih masih satu keluarga dengan kol atau kubis. Sayuran ini masuk dalam keluarga brassicaceae atau cruciferae. Sayuran ini tumbuh subur saat kondisi hujan atau kemarau.

Bentuk lobak bisa bervariasi, ada yang bulat, panjang dan kecil. Bagian kulit berwarna merah, hitam, putih, kuning, merah muda, atau ungu sesuai dengan jenisnya.

Mengutip dari Webmd.com, lobak putih awalnya berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah. Sekitar 2.500 tahun yang lalu, orang Yunani dan Romawi memakai sayur ini untuk pengobatan dan makanan. Sekarang, jenis varietas lobak cukup beragam.

Daikon atau lobak putih bentuknya menyerupai wortel atau ubi. Sayuran ini berwarna putih dan ukurannya lebih besar dari wortel. Sedangkan jenis lobak semangka memiliki warna hijau pucat dan bagian dalamnya berwarna merah muda. Ada juga lobak Spanyol yang memiliki warna hitam.

Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan

Lobak putih digunakan sebagai bahan masakan di Asia dan India. Sayuran ini dikonsumsi oleh manusia dan juga ternak. Bagian minyak biji dipakai untuk keperluan industri.

Salah satu manfaat lobak putih adalah kehadiran antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Lobak memiliki sumber antioksidan seperti pirogalol, asam vanilat, dan senyawa fenolik lainnya.

Lobak putih mengandung kalsium, magnesium, potassium, dan tembaga. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan, serta perbaikan jaringan. Kandungan vitamin B baik untuk perkembangan sel darah merah, sintesis DNA, dan pertumbuhan sel.

Lobak putih baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung folat. Nutrisi ini berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Berikut manfaat lobak putih untuk kesehatan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lobak putih mengandung senyawa untuk meningkatkan kesehatan dan perlindungan terhadap penyakit tertentu. Senyawa dalam lobak disebut glukosinolat.

Mengutip dari Healthline.com, penelitian dilakukan untuk menguji ekstrak lobak putih yang mengandung antioksidan. Penelitian tersebut menemukan kalau antioksidan mengandung anti-inflamasi, anti kanker, dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Lobak mengandung serat dan nutrisi yang bisa menurunkan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Sayuran ini membantu meningkatkan proses menurunkan berat badan.

Lobak putih juga dianggap sebagai sayuran non-tepung karena rendah karbohidrat. Sayuran ini bisa menjaga berat badan tetap sehat. Penelitian yang dilakukan pada 1197, menemukan bahwa lemak tubuh dan kadar insulin pada lobak putih lebih rendah karena konsumsi sayuran non tepung.

Lobak putih bisa meningkatkan kalori dan kolesterol untuk asupan harian. Anda bisa mengombinasikan sayuran yang mengandung serat dan nutrisi untuk menurunkan berat badan. Penelitian tahun 2019 juga menemukan manfaat lobak putih mengurangi kegemukan pada hewan.

3. Menjaga dari penyakit kronis

Lobak putih mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bisa melindungi tubuh dari penyakit. Beberapa sayuran termasuk lobak bisa menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Beberapa penelitian menemukan konsumsi sayuran lobak putih bisa lebih sehat dan berumur panjang.

4. Menjaga kulit tetap sehat

Lobak putih bisa membantu Anda dalam merawat kulit agar tetap sehat. Anda bisa menumbuk dan menghaluskan sayuran ini ke kulit. Lobak putih bermanfaat untuk mencegah anti penuaan pada kulit.

Antioksidan dalam sayuran ini juga bisa mencegah radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Konsumsi lobak putih dapat melembabkan kulit, mengurangi munculnya noda serta bintik-bintik penuaan di kulit.

Vitamin A, K, dan C bisa mencegah gangguan kulit dari peradangan dan meningkatkan perbaikan sel. Ada juga kandungan mineral seperti seng, fosfor dan air tinggi pada lobak putih.

Mineral pada lobak membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kulit kering. Selain kulit, sayuran ini bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Lobak putih dari Jepang efektif untuk menyembuhkan kulit dari sengatan dan gigitan serangga.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...