9 Obat Sakit Perut yang Mudah Didapatkan

Obat sakit perut memilik banyak macam jenisnya, salah satunya obat sakit perut alami. Selain berkhasiat, obat ini minim efek samping. Berikut daftar obat sakit perut yang mudah didapatkan.
Image title
19 November 2021, 21:58
Obat sakit perut.
cottonbro/pexels
Ilustrasi penderita sakit perut.

Hampir semua orang pernah merasakan sakit perut. Umumnya, nyeri yang diderita berasal dari sakit perut ringan. Mengalami sakit perut akan sangat mengganggu, apalagi bagi orang dengan aktivitas dan mobilitas tinggi.

Mengonsumsi obat sakit perut bisa meredakan derita Anda. Biasanya dokter pun akan memberikan resep obat sakit perut setelah melakukan diagnosa.

Obat sakit perut tersedia dalam beberapa bentuk seperti cair, tablet, dan pil. Namun, untuk sakit perut ringan sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi obat kimia, karena memiliki efek samping. Obat sakit perut alami bisa menjadi pilihan alternatifnya. Obat jenis ini bisa dijumpai dengan mudah.

Obat sakit perut alami terbukti secara efektif mampu meringankan dan meredakan gejala sakit perut ringan. Jika Anda mengalami sakit ringan, daftar obat sakit perut alami di bawah ini mungkin bisa membantu mengatasi nyerinya.

Obat Sakit Perut yang Mudah Ditemui

Indonesia dianugerahi dengan kekayaan alam berlimpah dan tanah subur. Bahkan, beberapa hasil buminya bisa digunakan sebagai obat herbal. Beberapa tanaman obat di sekitar kita terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan, serta mampu meringankan berbagai gejala penyakit seperti sakit perut ringan. Anda bisa mengonsumsinya saat mengalami sakit perut ringan. Simak penjelasan di bawah ini, terkait obat sakit perut yang mudah dijumpai.

1. Yogurt

Dilansir dari situs Hello Sehat, olahan yang berasal dari susu, seperti yogurt dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami. Makanan ini diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan probiotik yang berkualitas.

Jenis yogurt untuk meredakan nyeri sakit perut ringan, yaitu yogurt tanpa kandungan gula. Yogurt polos semacam ini, sangat baik bagi kesehatan dan sistem pencernaan dalam tubuh.

Manfaat yogurt sebagai obat sakit perut alami terletak pada kandungan bakteri baiknya. Merujuk hasil Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Padjadjaran, dijelaskan kalau yogurt memiliki nutrisi yang hampir mirip dengan susu. Produk hasil fermentasi ini, kaya akan kandungan vitamin B2, vitamin B12, vitamin D dan beberapa kandungan mineral.

Khusus untuk yogurt probiotik, mengandung bakteri starter dan probiotik yang ditambahkan dalam proses fermentasinya. Bakteri baik ini adalah Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei dan Bifidobacterium.

Selain efektif meredakan sakit perut ringan, yogurt dipercaya bisa mengatasi laktosa intoleran dan menyeimbangkan sistem pencernaan. Laktosa intoleran adalah kondisi ketika usus tidak mampu mencerna laktosa secara sempurna. Gejala penyakit ini dapat terlihat saat seseorang merasakan mual, muntah, sakit perut dan diare usai meminum susu. Kandungan bakteri asam laktat pada yogurt, dapat membantu penyerapan dan pencernaan laktosa susu jadi lebih baik.

Anda bisa mengonsumsi yogurt saat sakit perut ringan, sebagai obat sakit perut alami. Untuk mendapatkan makanan ini sangat mudah. Sebab, yogurt sudah banyak dijual di minimarket terdekat atau Anda dapat membelinya di e-commerce.

2. Cuka Apel

Obat sakit perut yang bisa Anda gunakan berikutnya adalah cuka apel. Saat menderita sakit perut akibat asam lambung, minumlah 1 sampai 2 sendok teh cuka apel dari sari organik yang dicampurkan dengan delapan ons air, efeknya dipercaya akan meringankan nyeri pada perut.

Sejumlah ahli gizi menyebut, cuka apel memiliki sifat anti bakteri yang dapat mengatasi masalah usus akibat bakteri, seperti diare. Meski belum ada penelitian lebih lanjut terkait manfaat cuka apel untuk meredakan sakit perut, namun olahan ini diklaim sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat lain dari cuka apel yaitu bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Laporan Journal of Advanced Nursing menyatakan, mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat menurunkan HbA1c dan gula darah puasa. Cuka apel bisa Anda temukan di beberapa toko atau bisa juga membelinya secara online.

3. Air Beras

Mengutip dari laman Boldsky, salah satu obat sakit perut alami khususnya untuk penderita maag adalah air beras. Jika Anda menderita nyeri seperti ini, minumlah rebusan air beras selama dua kali sehari untuk meringankan gejala sakit maag.

Dilansir dari Hello Sehat, air beras dipercaya bisa membentuk suatu lapisan dan mengurangi peradangan akibat sakit perut. Anda bisa mengonsumsi air beras ini dengan tambahan sedikit madu, agar rasanya lebih enak.

4. Cengkeh

Dalam gejala sakit perut ringan, penggunaan cengkeh sebagai obat herbal sakit perut dipercaya bisa meringankan rasa nyeri. Cengkeh mengandung suatu senyawa yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti mual, perut kembung, muntah dan diare.

Anda dapat mengonsumsi cengkeh dengan cara mencampurkan 1 atau 2 sendok teh bubuk cengkeh, dengan 1 sendok teh madu. Kemudian minumlah satu kali sehari, dan nyeri sakit perut ringan akan berkurang.

Melansir dari artikel di Medical News Today, manfaat lain dari cengkeh ternyata mampu memperlambat beberapa pertumbuhan sel kanker.  Dalam sebuah studi, para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak cengkeh juga bisa meningkatkan kematian sel pada sel kanker usus besar.

5. Lemon

Lemon diyakini bisa menjadi salah satu obat sakit perut alami, terutama untuk nyeri akibat sembelit. Ketika perut sulit mencerna makanan, lemon ternyata dapat mengatasi hal tersebut.

Dilansir dari Healtline, salah satu khasiat lemon yakni dapat meningkatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Lemon memiliki kandungan karbohidrat sekitar 10% dalam membentuk serat larut dan gula sederhana.

Serat larut yang terkandung dalam lemon dapat meningkatkan kesehatan usus. Untuk merasakan manfaat ini, Anda perlu mengonsumsi daging buahnya.

Selain itu, meminum jus lemon secara teratur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, seperti dilansir dari Hello Sehat, jika menderita sakit maag, Anda sebaiknya menghindari minuman ini karena bisa memperparah gejala sakit tersebut.

6. Jahe

Saat memasuki musim hujan, meminum air jahe akan menghangatkan tubuh Anda. Jahe sudah digunakan sejak dulu sebagai salah satu obat herbal untuk berbagai jenis penyakit.

Selain itu, jahe juga bisa dijadikan obat sakit perut alami. Di dalam jahe, terdapat kandungan zat kimia yang bisa meringankan gejala mual dan peradangan.

Sejumlah penelitian terbaru mengungkapkan, jahe mampu meredakan dan mengurangi sakit perut. Tidak hanya itu, rempah-rempah ini mengandung suatu zat yang dapat mengendurkan otot pada dinding usus dan lapisan perut. Secara alami, khasiat jahe bermanfaat meringankan gejala peradangan.

Dikutip dari Cleveland Clinic, manfaat jahe lainnya yaitu dapat menurunkan kolesterol, menghambat pertumbuhan bakteri, menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, pereda rasa sakit dan mengurangi rasa mual.

Jahe mampu melancarkan pergerakan makanan di dalam sistem pencernaan tubuh. Tidak hanya itu, jahe pun dapat memblok reseptor serotonin pada lapisan usus.

Ada beberapa cara mengonsumsi jahe, dari memakannya secara langsung atau merebusny, kemudian mencampurkannya dengan segelas teh hangat. Untuk menambah rasa agar semakin nikmat, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu.

7. Pepaya

Sudah sejak lama buah pepaya dipercaya sebagai salah satu bahan makanan yang bermanfaat untuk sistem pencernaan. Pepaya memiliki kandungan enzim papain, yang berfungsi memecahnya menjadi enzim pencernaan alami. Kandungan lainnya, yaitu zat chymopapain yang bertugas memecah protein.

Serat pada buah pepaya sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Dilansir dari Healthline, buah pepaya kaya akan antioksidan sehat, seperti karotenoid (likopen). Karotenoid ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Selain penjelasan di atas, pepaya juga memiliki sifat antikanker, meredakan peradangan, melindungi kulit dari kerusakan, dan bisa menyehatkan jantung. Kandungan likopen serta vitamin C dalam buah pepaya juga dapat mencegah penyakit jantung. Jika Anda mengalami sakit perut karena sembelit, buah pepaya bisa menjadi obat alami sakit perut.

Daging buah pepaya memiliki tekstur lembut dengan daging buah berwarna oranye saat sudah masak. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga dijadikan jus dan diminum secara rutin.

Buah pepaya memiliki segudang khasiat yang baik untuk tubuh. Anda bisa menemukannya dengan mudah. Buah tersebut banyak dijual di pasar tradisional hingga pasar modern. Pepaya juga tergolong sebagai buah yang gampang dibudidayakan.

8. Daun Mint

Kandungan mentol pada daun mint, selain bisa menyegarkan napas, ternyata mampu meredakan nyeri. Salah satunya, bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami.

Daun mint atau dikenal juga dengan sebutan peppermint, bermanfaat untuk meredakan kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Saat masuk angin, Anda bisa meminum segelas teh daun mint untuk meringankan kembung yang diderita.

Hidung tersumbat tentu akan sangat mengganggu, ketika Anda ingin tidur. Untuk menghilangkannya, hirup aroma daun mint yang dicampur dengan teh hangat. Aroma mentol pada daun mint, bisa meredakan hidung tersumbat. Meski begitu, daun ini belum terbukti efektif untuk meringankan gejala flu.

Daun mint bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Paling mudah Anda bisa mencampurkan daun mint pada jus buah. Selain lezat dan enak, segudang khasiatnya akan dirasakan tubuh Anda.

9. Pisang

Jika Anda sering mengalami sembelit, maka cobalah untuk mengonsumsi pisang. Selain pepaya, buah ini dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi sistem pencernaan tubuh. Rasa sakit perut akibat sembelit dapat dikurangi dengan memakan buah pisang.

Pisang juga bisa digunakan untuk obat sakit perut alami, khususnya akibat sembelit. Selain itu, berdasarkan laporan dari Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, efek antasid dalam pisang mampu menetralisir asam perut, sehingga dapat membantu meringankan mulas pada perut.

Pisang bisa dikonsumsi secara langsung. Anda pun dapat mengolahnya menjadi beragam makanan dan minuman. Obat alami sakit perut ringan ini, sangat mudah ditemukan.

Demikian ulasan mengenai obat sakit perut yang mudah dijumpai. Mengonsumsi obat alami untuk sakit perut, dapat meredakan nyeri dan mencegah terjadinya sakit perut yang lebih parah. Meski begitu, jika sakit perut yang dirasakan sudah masuk tahap kronis, sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait