8 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Image title
25 November 2021, 23:30
manfaat daun sirsak
Flickr
Ilustrasi. Obat dari ekstrak daun dan buah sirsak, menurut penelitian, dapat menekan jumlah sel kanker.

Buah sirsak mengandung segudang khasiat bagi tubuh. Hal itu juga berlaku pada daunnya. Manfaat daun sirsak sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan alami. Bahkan, daun sirsak dipercaya dapat membunuh sel kanker.

Sementara itu, buah sirsak diketahui berasal dari benua Amerika, tepatnya di Karibia. Nama latinnya adalah Annona muricata. Buah ini memiliki rasa daging buah yang lezat dan nikmat. Setiap bagiannya bisa bermanfaat untuk manusia, termasuk daunnya.

Dikutip dari Hello Sehat, daun sirsak diperkaya kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, dan vitamin A. Kandungan lainnya berupa kalsium, karbohidrat, protein, dan fruktosa. Di dalamnya juga terdapat sejumlah senyawa penting serta dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya acetogenin yang bersifat antibakteri. Beragam gizi tersebut membuat daun ini sangat berkhasiat.

Melansir dari Freshly Rooted Tribe, Hello Sehat dan sumber lainnya, berikut sejumlah manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang akan menambah pengetahuan Anda.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun sirsak dapat diolah menjadi teh. Dengan meminumnya, Anda dapat memperoleh manfaat daun sirsak seperti meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat ini paling banyak dicari. Sama halnya dengan jeruk, sirsak khususnya bagian daunnya kaya akan kandungan vitamin C. Asupan ini dapat menangkal patogen sekaligus melindungi kulit dari oksidasi.

Kandungan antioksidan sirsak juga tergolong tinggi. Sebut saja fitosterol yang bisa menurunkan kadar gula darah, flavonoid yang dapat melawan radikal bebas, dan ada tanin sebagai antimikroba.

Segudang manfaat daun sirsak ini dapat Anda peroleh dengan sangat mudah. Cukup seduh teh berbahan dasar sirsak dan minum kapan pun Anda mau.

2. Membantu Melawan Kanker

Sejumlah penelitian yang sudah banyak dilakukan menunjukan, kalau daun sirsak terbukti efektif melawan dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Meski tidak ada bukti pasti kalau daun sirsak dapat mengobati kanker, setidaknya baik buah dan daun sirsak mampu memberikan manfaat positif bagi

Sebuah penelitian pada tahun 2016 yang dipublikasikan di National Library of Medicine mengungkapkan, bahwa ekstrak daun sirsak mampu mengurangi ukuran tumor kanker payudara. Kemudian dalam studi tahun 2014, manfaat daun sirsak bisa mempengaruhi tubuh dan memperlambat pembentukan sel leukemia. penderitanya.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun sirsak berikutnya yakni membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Sirsak kaya akan kandungan serat. Sehingga baik untuk dikonsumsi.

Daun sirsak dipercaya mampu mengatasi masalah sembelit. Anda bisa merebus beberapa daun sirsak dan meminumnya untuk meredakan susah buang air besar.

4. Melawan Peradangan

Seperti penjelasan sebelumnya, salah satu manfaat daun sirsak adalah melawan peradangan. Hal ini karena daun dan buah sirsak kaya akan kandungan antioksidan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...