Contoh Teks Ceramah Singkat Beserta Struktur Kalimatnya

Dwi Latifatul Fajri
26 November 2021, 23:23
Teks Ceramah
pixabay.com/lograstudio

Ceramah adalah suatu cara komunikasi yang dilakukan oleh pembicara di depan umum atau khalayak. Tujuan dari ceramah adalah menyampaikan informasi dan pengetahuan pada pendengar.

Contoh ceramah di kehidupan sehari-hari berupa ceramah dari pemuka agama, ceramah kepala sekolah, dan kegiatan formal lainnya. Pembicara umumnya sudah menguasai bidang yang akan diinformasikan lewat dengan menyusun teks ceramah lebih dahulu.

Teks ceramah berisi pesan yang bertujuan memberikan nasihat, petunjuk atau petuah secara lisan. Isi teks ceramah mengandung informasi sesuai tema yang dipilih. Misalnya, teks ceramah dalam bidang sosial, budaya, pendidikan, ekonomi, sampai kesehatan.

Teks ceramah dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para pendengarnya. Selain bertemu secara langsung, ceramah bisa dilakukan di media seperti televisi, radio, dan internet.

Struktur Teks Ceramah

Pembicara biasanya membawa naskah ceramah untuk membantu menambah informasi di depan umum. Teks ceramah memiliki 3 struktur, yaitu pendahuluan (tesis), rangkaian argumen (isi) dan penutup (penegasan). Mengutip buku pendidikan, berikut penjelasan tentang struktur teks ceramah:

  • Pendahuluan (tesis)

Teks ceramah memiliki kalimat pendahuluan untuk membuka suatu isu, membahas awal masalah, maupun pandangan pembicara. Topik akan muncul pada bagian pendahuluan teks ceramah.

  • Isi

Bagian isi berupa argumen yang berhubungan dengan pendahuluan. Bagian isi menunjukkan fakta-fakta untuk memperkuat argumen pembicara

  • Penutup

Penutup atau penegasan menjelaskan kesimpulan dan rangkuman dari pernyataan sebelumnya.

Contoh Teks Ceramah dan Strukturnya

Berikut contoh kalimat teks ceramah berdasarkan analisis struktur teks.

  • Pendahuluan

Bagian pendahuluan teks ceramah mengenalkan permasalahan utama. Dalam teks berikut, pendahuluan menjelaskan tentang menurunnya tingkat kesantunan berbahasa di masyarakat. Contoh kalimatnya yaitu:

Pemilihan kata-kata oleh masyarakat akhir-akhir ini cenderung semakin menurun kesantunannya dibandingkan dengan zaman saya dulu ketika kanak-kanak. Hal tersebut tampak pada ungkapan- ungkapan banyak kalangan dalam menyatakan pendapat dan perasaan-perasaannya, seperti ketika berdemonstrasi ataupun rapat- rapat umum. Kata-kata mereka kasar (sarkastis), menyerang, dan tentu saja hal itu sangat menggores hati yang
menerimanya

  • Rangkaian argumen (isi)

Fenomena tersebut menunjukkan adanya penurunan standar moral, agama, dan tata nilai yang berlaku dalam masyarakat itu. Ketidaksantunan berkaitan pula dengan rendahnya penghayatan masyarakat terhadap budayanya sebab kesantunan berbahasa itu tidak hanya berkaitan dengan ketepatan dalam  pemilikan kata ataupun kalimat. Kesantunan itu berkaitan pula dengan adat pergaulan yang berlaku dalam masyarakat itu.

  • Penutup (Penegasan)

Bagian kesimpulan menjelaskan berisi rangkuman, saran, dan alasan dari paragraf sebelumnya.

Berbahasa santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap orang sejak kecil. Anak perlu dibina dan dididik berbahasa santun. Apabila dibiarkan, tidak mustahil rasa kesantunan itu akan hilang sehingga anak itu kemudian menjadi orang yang arogan, kasar, dan kering dari nilai-nilai etika dan agama. Tentu saja, kondisi itu tidak diharapkan oleh orangtua dan masyarakat manapun.

Contoh Teks Ceramah Singkat

Selamat pagi anak-anakku,

Pada Senin pagi hari yang cerah ini, izinkanlah Bapak menyampaikan sedikit
petuah untuk kalian semua. Tak lupa kita ucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberi nikmat sehat dan dapat berkumpul di lapangan ini tanpa suatu kekurangan apapun. Ceramah upacara kali ini akan membahas “Remaja dan Dunianya”.

Anak-anakku,

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...