Contoh Teks Ceramah Singkat Beserta Struktur Kalimatnya

Teks ceramah berisi teks yang memberikan pengetahuan dan wawasan pada pendengar. Teks ini dipakai pembicara di depan umum dan didengarkan khalayak. Berikut contoh teks ceramah dan struktur kalimat.
Dwi Latifatul Fajri
26 November 2021, 23:23
Teks Ceramah
pixabay.com/lograstudio

Ceramah adalah suatu cara komunikasi yang dilakukan oleh pembicara di depan umum atau khalayak. Tujuan dari ceramah adalah menyampaikan informasi dan pengetahuan pada pendengar.

Contoh ceramah di kehidupan sehari-hari berupa ceramah dari pemuka agama, ceramah kepala sekolah, dan kegiatan formal lainnya. Pembicara umumnya sudah menguasai bidang yang akan diinformasikan lewat dengan menyusun teks ceramah lebih dahulu.

Teks ceramah berisi pesan yang bertujuan memberikan nasihat, petunjuk atau petuah secara lisan. Isi teks ceramah mengandung informasi sesuai tema yang dipilih. Misalnya, teks ceramah dalam bidang sosial, budaya, pendidikan, ekonomi, sampai kesehatan.

Teks ceramah dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para pendengarnya. Selain bertemu secara langsung, ceramah bisa dilakukan di media seperti televisi, radio, dan internet.

Advertisement

Struktur Teks Ceramah

Pembicara biasanya membawa naskah ceramah untuk membantu menambah informasi di depan umum. Teks ceramah memiliki 3 struktur, yaitu pendahuluan (tesis), rangkaian argumen (isi) dan penutup (penegasan). Mengutip buku pendidikan, berikut penjelasan tentang struktur teks ceramah:

  • Pendahuluan (tesis)

Teks ceramah memiliki kalimat pendahuluan untuk membuka suatu isu, membahas awal masalah, maupun pandangan pembicara. Topik akan muncul pada bagian pendahuluan teks ceramah.

  • Isi

Bagian isi berupa argumen yang berhubungan dengan pendahuluan. Bagian isi menunjukkan fakta-fakta untuk memperkuat argumen pembicara

  • Penutup

Penutup atau penegasan menjelaskan kesimpulan dan rangkuman dari pernyataan sebelumnya.

Contoh Teks Ceramah dan Strukturnya

Berikut contoh kalimat teks ceramah berdasarkan analisis struktur teks.

  • Pendahuluan

Bagian pendahuluan teks ceramah mengenalkan permasalahan utama. Dalam teks berikut, pendahuluan menjelaskan tentang menurunnya tingkat kesantunan berbahasa di masyarakat. Contoh kalimatnya yaitu:

Pemilihan kata-kata oleh masyarakat akhir-akhir ini cenderung semakin menurun kesantunannya dibandingkan dengan zaman saya dulu ketika kanak-kanak. Hal tersebut tampak pada ungkapan- ungkapan banyak kalangan dalam menyatakan pendapat dan perasaan-perasaannya, seperti ketika berdemonstrasi ataupun rapat- rapat umum. Kata-kata mereka kasar (sarkastis), menyerang, dan tentu saja hal itu sangat menggores hati yang
menerimanya

  • Rangkaian argumen (isi)

Fenomena tersebut menunjukkan adanya penurunan standar moral, agama, dan tata nilai yang berlaku dalam masyarakat itu. Ketidaksantunan berkaitan pula dengan rendahnya penghayatan masyarakat terhadap budayanya sebab kesantunan berbahasa itu tidak hanya berkaitan dengan ketepatan dalam  pemilikan kata ataupun kalimat. Kesantunan itu berkaitan pula dengan adat pergaulan yang berlaku dalam masyarakat itu.

  • Penutup (Penegasan)

Bagian kesimpulan menjelaskan berisi rangkuman, saran, dan alasan dari paragraf sebelumnya.

Berbahasa santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap orang sejak kecil. Anak perlu dibina dan dididik berbahasa santun. Apabila dibiarkan, tidak mustahil rasa kesantunan itu akan hilang sehingga anak itu kemudian menjadi orang yang arogan, kasar, dan kering dari nilai-nilai etika dan agama. Tentu saja, kondisi itu tidak diharapkan oleh orangtua dan masyarakat manapun.

Contoh Teks Ceramah Singkat

Selamat pagi anak-anakku,

Pada Senin pagi hari yang cerah ini, izinkanlah Bapak menyampaikan sedikit
petuah untuk kalian semua. Tak lupa kita ucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberi nikmat sehat dan dapat berkumpul di lapangan ini tanpa suatu kekurangan apapun. Ceramah upacara kali ini akan membahas “Remaja dan Dunianya”.

Anak-anakku,

Usia remaja adalah usia yang sering membuat gelisah orang tua. Saat memasuki remaja, seseorang akan berpikir hal-hal baru yang dianggapnya tabu. Rasa penasaran itu membuatnya bertindak melakukan hal-hal yang dilarang. Sikap ingin tahu itu yang akhirnya menjerumuskan ke dalam pergaulan yang salah. Contohnya, tawuran, mencuri dan hal lainnya.

Fase ini, remaja berada dalam tahap stress dan storm, kebutuhan mereka harus dipenuhi oleh orang tuanya. Kondisi ini menyebabkan kelabilan emosi dan bertindak merugikan orang lain.

Anak-anakku, kalian perlu membekali diri kalian dengan agama, pendidikan, dan pembentukan karakter yang kuat. Sebab, pembentukan karakter salah satu jembatan untuk menahan perbuatan kenakalan remaja dan menyongsong hari esok yang berseri.Kalian juga harus pintar dalam memilih teman bergaul dan lingkungan yang baik.

Bentuklah ketahanan diri kalian agar tidak mudah terpengaruh jika bergaul dengan teman atau komunitas yang tidak sesuai harapan. Ikutilah juga berbagai kegiatan positif baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun lingkungan lainnya.

Misalnya saja mengikuti komunitas olahraga bola basket, karang taruna, sepak bola, dan kegiatan kegiatan baik lainnya. Pilihlah bentuk kegiatan yang disukai agar tercipta kenyamanan dan menghindari kebosanan. Mari bersama-sama kita lawan kenakalan remaja dan kriminalitas yang terjadi terhadap remaja. Remaja hebat, remaja harapan bangsa.

(https://tambahpinter.com/teks-ceramah/)

Langkah Menulis Teks Ceramah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengisi teks ceramah, seperti bentuk, isi dan cara menyampaikan. Mengutip dari modul yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berikut penjelasannya:

  • Konteks penulisan

Buatlah konteks penulisan sesuai ceramah yang akan ditujukan pada peserta. Biasanya pembicara akan menyiapkan bahan ceramah yang sesuai dengan tema dan topik. Pembicara bisa membuat topik yang berhubungan dan menyesuaikan audiens.

  • Menentukan topik

Ceramah perlu mempertimbangkan latar belakang, pengetahuan pendengar, minat, ruang lingkup, situasi dan waktu. Topik pembicaraan ini harus sesuai dengan konteks penulisan, supaya isi ceramah fokus pada materi yang disampaikan.

  • Kerangka ceramah

Pembicara perlu menentukan pokok-pokok materi yang ingin dibicarakan. Kerangka ini memudahkan dalam menyusun ceramah. Ciri-ciri kerangka ceramah yaitu pengenalan isu, arguman, dan penegasan kembali.

Teks ceramah mengandung gagasan pokok yang penting dan jelas. Sehingga kerangka karangan bisa tersusun logis.

  • Mengumpulkan bahan

Setelah menentukan konteks dan kerangka ceramah, perlu data pendukung untuk memperkuat argumen. Data pendukung ini bisa didapatkan dari buku, internet, surat kabar. Materi bahan sesuai dengan topik yang ingin dibicarakan.

Teks ceramah memakai istilah populer, cerita, dan humor supaya pendengar tidak bosan. Pemilihan materi ceramah berhubungan dengan peristiwa yang masih hangat diperbincangkan. Usahakan materi tidak terlalu panjang supaya pendengar tidak bosan.

Perbedaan Pidato dan Khotbah

Ceramah adalah komunikasi yang dilakukan di depan umum. Ada pembicara menyampaikan informasi dan pengetahuan pada pendengar. Penyampaian ceramah dilakukan oleh profesional yang menguasai bidang tertentu. 

Berikut perbedaan antara pidato dan khotbah yang sama-sama menyampaikan teks ceramah:

  • Pidato

Pidato dilakukan di depan umum, ada pembicara yang menyampaikan informasi sifatnya persuasif (ajakan). Isi teks ceramah pada pidato berisi dorongan atau ajakan pembicara pada pendengar. Contoh pidato seperti kampanye, pidato kepala sekolah, pidato lingkungan.

  • Khotbah

Pembicara khotbah memiliki pengetahuan di bidang agama. Khotbah bersifat persuasif untuk mengajak pendengar memperkuat iman dan pemahaman agama.  Contohnya khotbah di masjid ketika sholat Jumat.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait