3 Rahasia Cara Membuat Kentang Goreng Renyah dan Nikmat

Cara membuat kentang goreng yang renyah tidak begitu sulit, tetapi tidak mudah juga. Berikut beberapa rahasia untuk membuat kentang goreng renyah dan nikmat yang perlu Anda ketahui.
Image title
29 November 2021, 22:31
cara membuat kentang goreng
unspalsh.com
cara membuat kentang goreng

Kentang goreng menjadi salah satu jenis makanan cepat saji yang populer di Indonesia. Tidak hanya di restoran atau tempat makan ternama, cemilan ini bisa dimasak di rumah.

Meski demikian, tahukah Anda kalau cara membuat kentang goreng dengan cita rasa gurih, serta tekstur renyah ini tergolong sulit. Sebab, bila dilihat dari penilaian subjektif, kentang goreng buatan rumah umumnya punya tekstur yang kurang crispy alias garing, bahkan cenderung berminyak.

Dilansir dari Serious Eats, seorang kolumnis makanan New York Times J. Kenji López-Alt menyatakan, ada beberapa kriteria yang membuat satu porsi kentang goreng bisa dikatakan renyah sempurna. Dia merumuskan hal tersebut setelah melakukan berbagai cara membuat kentang goreng. Adapun faktor-faktor tersebut, terbagi sebagai berikut:

Luar Renyah, Tekstur di Dalam Lembut

Ilustrasi Cara Membuat Kentang Goreng
Ilustrasi Cara Membuat Kentang Goreng (unspalsh.com)

 

Advertisement

Penulis buku The Food Lab: Better Home Cooking Through Science ini menyebutkan, kriteria pertama yang harus dipenuhi oleh “satu porsi kentang goreng” agar bisa dikatakan renyah sempurna adalah tingkat cripsy bagian luarnya merata. Artinya, saat digoreng tidak ada bagian luar yang teksturnya begitu keras.

Selain itu, ketika disantap bagian dalamnya terasa lembut. Kombinasi bagian luar yang kering dan bagian dalam yang lembut, akan menciptakan suasana nyaman di mulut ketika mengunyah cemilan ini.

Kenji menjelaskan, cara membuat kentang goreng untuk mencapai tingkat kerenyahan ini diperlukan struktur luar kentang goreng yang dipenuhi dengan gelembung mikro. Gelembung kecil inilah yang meningkatkan luas permukaan gorengan dan membuatnya lebih renyah saat dimakan.

Bagian Dalam Utuh, Mengembang, dengan Rasa Kentang Kuat

kentang goreng
kentang goreng (unspalsh.com)

 

Faktor kedua menurut Kenji, yakni kentang goreng harus memiliki susunan bagian dalam yang utuh dan mengembang, sekaligus punya cita rasa kentang yang khas. Kalau kentang goreng yang disajikan bagian dalamnya cenderung masih putih, bertepung dan buruk, maka cemilan itu bisa dikatakan gagal saat proses penggorengan.

Namun demikian, ada hal yang paling buruk dan bisa menurunkan selera makan orang-orang, yakni ketika kentang goreng memiliki tampilan kurang menarik karena gosong. Bahkan, jika itu terjadi pada masakannya, Kenji secara tegas menilai bahwa dirinya sudah gagal membuat kentang goreng yang renyah.

Tingkat Kematangan Merata dan Warna Keemasan

kentang goreng
kentang goreng (unspalsh.com)

 

Bagi Kenji, tampilan menarik pada satu porsi makanan yang disajikan di atas meja seperti halnya kentang goreng, pasti akan menambah selera makan. Khusus untuk cemilan ini, Kenji menilai kentang goreng harus memiliki tingkat kematangan merata, serta berwarna pirang keemasan.

Corak warna pirang keemasan ini bisa menandakan, kalau kentang goreng tersebut memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih.

Kerenyahan Kentang Goreng Bertahan Lama

Anda mungkin akan merasa senang saat pertama kali mengangkat beberapa irisan kentang goreng yang terlihat matang sempurna dari minyak panas dan itu wajar. Namun bagi Kenji, keberhasilan dalam membuat satu porsi kentang goreng crispy adalah ketika kentang goreng tersebut tetap memiliki tekstur renyah, walaupun sudah diletakkan beberapa menit di atas piring.

Kenji meyakinkan kalau kentang goreng yang keluar langsung dari penggorengan hampir selalu garing sempurna. Tes sebenarnya dari gorengan yang enak adalah tetap renyah dan bisa dimakan beberapa menit kemudian setelah diletakkan di atas piring.

Singkatnya, tekstur kentang goreng menjadi lembek secara perlahan, maka Anda sudah gagal dalam membuat kentang goreng yang renyah. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada penjelasan tentang beberapa rahasia cara membuat kentang goreng yang renyah dan nikmat.

Namun Sebelum itu, sebagai catatan saja, ulasan di atas hanya berdasarkan penilaian subjektif dari J. Kenji López-Alt saja. Artinya, tingkat kerenyahan kentang goreng bisa diukur oleh pendapat siapapun, termasuk Anda. Tetapi, opini J. Kenji López-Alt itu bisa dijadikan referensi untuk Anda dalam membuat kentang goreng yang crispy di rumah.

3 Rahasia Membuat Kentang Goreng Lebih Renyah

Dikutip dari The Spurce Eats, berikut rahasia cara membuat kentang goreng yang nikmat dan punya tekstur renyah:

Gunakan Kentang Terbaik

Manfaat Kentang
Manfaat Kentang (pixabay.com)

 

Memasak kentang goreng memang susah-susah gampang. Ini mengingat, untuk membuat bagian tengah dari satu irisan kentang goreng agar matang sempurna, diperlukan perkiraan yang pas. Sehingga, bagian luarnya tidak akan gosong atau berubah warna menjadi coklat pekat.

Anda bisa menggunakan kentang yang memiliki kualitas baik, dengan kandungan air cukup sedikit. Hal ini nantinya akan mempercepat proses kematangan bagian dalam kentang.

Pakai Minyak Goreng Berkualitas

minyak goreng
minyak goreng (Katadata | Donang Wahyu)

 

Menggunakan minyak goreng berkualitas seperti minyak safflower, akan memudahkan Anda menggoreng kentang jadi lebih crispy. Minyak yang panas dan mendidih bisa membuat irisan kentang cepat matang. Selain minyak safflower, Anda bisa memakai minyak yang memiliki kualitas bagus lainnya.

Metode Penggorengan Ganda

TINGKATKAN NILAI EKONOMIS UMBI TALAS
TINGKATKAN NILAI EKONOMIS UMBI TALAS (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/rwa.)

 

Metode ini mungkin sudah sangat umum, sebagai salah satu cara membuat kentang goreng renyah dan kering. Anda bisa menggoreng kentang sebanyak dua kali untuk mencapai tingkat kematangan sempurna.

Cara kerjanya yaitu, kecilkan api dan biarkan minyak di dalam wajan pada suhu yang lebih rendah, kemudian masukkan irisan kentang dan tunggu sampai bagian dalamnya matang. Setelah itu, angkat kentang serta panaskan lagi minyak hingga suhunya cukup tinggi.

Anda bisa menggunakan suhu yang lebih tinggi ini, untuk membuat kentang goreng berwarna coklat keemasan dan renyah.

Itulah rahasia cara membuat kentang goreng renyah. Anda bisa mengikuti tips tersebut untuk memasak cemilan ini. Kentang goreng bisa menjadi makanan yang gampang dibuat, karena bahan-bahan dasarnya tergolong mudah didapatkan.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait