Kegunaan dan Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Image title
8 Desember 2021, 23:45
minyak kelapa
freepik.com
Kenali penyebab rambut rontok untuk hindari kebotakan

Mendapatkan rambut hitam yang lebat dan mengkilap bisa melalui berbagai cara. Salah satunya, dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut.

Minyak kelapa diyakini memiliki sejumlah manfaat bagi rambut. Tidak hanya membuat rambut jadi lebih mengkilap, penggunaan minyak kelapa ini dapat membantu memperbaiki rambut rusak.

Kandungan Minyak Kelapa

Sebenarnya, ada beberapa minyak alami dari bahan nabati yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Namun, minyak kelapa lah yang dianggap sangat mudah didapatkan. Bahkan, membuat minyak kelapa bisa dilakukan sendiri di rumah.

Mengutip dari Hello Sehat, diketahui bahwa komposisi minyak kelapa 100% terdiri dari lemak. Terutama 80-90% adalah lemak jenuh. Pada minyak kelapa setidaknya ada 3 jenis asam lemak jenuh seperti asam laurat, asam miristat, dan palmitat.

Kandungan asam laurat pada minyak kelapa jumlahnya cukup tinggi daripada minyak nabati lainnya. Selain itu, sifat minyak kelapa yang antimikroba dan antijamur diklaim mampu mencegah ketombe.

Beragam khasiat yang ada pada minyak kelapa ini, bisa diperoleh dengan memakai beberapa cara. Umumnya minyak kelapa akan dioleskan pada rambut serta kulit kepala. Kemudian, setelah menunggu beberapa menit, rambut dibilas air mengalir.

Kegunaan dan Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut berasal dari asam laurat. Senyawa ini berfungsi sebagai antimikroba dan antibakteri. Jika dioleskan secara teratur pada bagian rambut, maka efeknya akan sangat baik dalam menyuburkan, memanjangkan, serta merawat rambut.

Sementara untuk kulit kepala, minyak kelapa sangat ampuh mengatasi kulit kering. Kemudian, minyak kelapa pun dapat melembabkan kulit kepala. Dampak positifnya, kesehatan kulit kepala serta rambut akan tetap terjaga.

Tidak diketahui secara pasti kapan tepatnya minyak kelapa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Akan tetapi, bagi orang Indonesia pemakaian minyak kelapa sudah cukup populer. Sebagian ahli mengatakan, kalau perawatan rambut tradisional kerap melibatkan minyak nabati ini.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat serta kegunaan minyak kelapa untuk rambut, sebagaimana dihimpun dari All Things Hair, Alodokter, dan sumber lainnya, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Membantu Menyuburkan Rambut

Tanaman herbal yang kerap digunakan untuk menyuburkan rambut salah satunya adalah lidah buaya. Akan tetapi, khasiat minyak kelapa untuk rambut juga tidak kalah bagus ketimbang tanaman tersebut.

Rambut yang sering rontok akan membuat tampilan rambut jadi semakin tipis. Untuk mengatasi ini, gunakanlah campuran minyak kelapa dan hair tonic. Oleskan pada bagian rambut, kemudian pijat secara perlahan, lalu dibilas.

2. Meredakan Masalah Ketombe

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat. Sebuah senyawa yang mampu mencegah serangan bakteri dan mikroba. Khasiat ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe. Sementara itu, sifat antijamur pada minyak kelapa diyakini dapat mencegah munculnya ketombe.

3. Melembabkan Kulit Kepala

Minyak kelapa tersusun dari lemak. Hal ini kemudian menyebabkan cairan minyak kelapa menjadi lebih kental. Minyak ini dapat melembabkan sekaligus memberi sensasi dingin pada kulit kepala, yang kondisinya kering.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...