4 Faktor Penentu Harga Jual Ikan Cupang di Pasaran

Image title
21 Desember 2021, 21:15
Ikan cupang
bettasource.com
Ikan cupang

Ikan cupang adalah ikan hias akuarium yang sangat populer dipelihara di masa pandemi Covid-19. Terutama saat para pekerja harus bekerja dari rumah (work from home). Mengoleksi ikan cupang bisa menurunkan tingkat stres dan menjadi hobi baru untuk mengisi waktu luang.

Sejak dulu ikan cupang dikenal sebagai ikan aduan yang digemari oleh anak-anak serta orang dewasa. Harga ikan cupang sangat bervariasi. Mulai dari puluhan ribu hingga puluhan jutaan rupiah. Walaupun begitu, ikan yang aktif di siang hari ini biasanya memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran

Salah satu jenis ikan cupang termahal adalah Betta Fish Fancy. Harganya pernah mencapai Rp 10 juta per ekor. Meski begitu, di Indonesia ikan cupang ini umumnya dijual mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu.

Jika digeluti dengan benar, praktik budidaya ikan cupang bisa menjadi peluang usaha baru yang menguntungkan. Selain harga jualnya tinggi, memelihara ikan cupang sudah mulai menjadi tren di kala pandemi.

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual ikan cupang yang bisa menjadi sangat mahal.

Faktor-faktor yang Membuat Harga Ikan Cupang Mahal di Pasaran

Dilansir dari situs resmi People for the Ethical Treatment of Animals (Peta) yaitu Peta.org, ikan cupang memiliki habitat asli di perairan tawar seperti rawa-rawa atau sungai yang memiliki arus air lambat. Ikan ini berasal dari kawasan Asia Tenggara dan sudah terkenal sebagai salah satu ikan hias populer di beberapa negara.

Ikan cupang saat ini sudah banyak dibudidayakan di Thailand, Malaysia, Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), nilai pengiriman ikan cupang dari Batam ke Malaysia serta Singapura sempat menyentuh angka Rp 271,3 juta dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Ikan cupang sangat sensitif dan sering mengalami depresi karena perawatan yang tidak dilakukan dengan baik oleh pemiliknya. Ini akan berakibat fatal serta menyebabkan ikan tersebut kehilangan gairah sampai berujung kematian. Alih-alih mendapat untung, pemiliknya justru bakal mengalami kerugian.

Selain untuk hewan peliharaan, ikan cupang juga kerap dilombakan pada sebuah kontes. Jika seekor ikan cupang memenangkan ajang semacam ini, maka harga jualnya akan melambung tinggi.

Cara merawat ikan cupang dan metode pemeliharaannya bakal berpengaruh terhadap corak warna, kesehatan ikan cupang, serta masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini akan menjadi perhatian serius untuk para pembudidaya saat mencoba beternak ikan cupang.

Berbicara tentang ikan cupang, berikut hal-hal yang membuat harga seekor ikan cupang bisa menembus angka puluhan juta rupiah:

1. Berasal dari Jenis Unggulan

Saat ini banyak pecinta ikan cupang yang membudidayakan ikan tersebut. Misalnya Wahyudi Jayaningrat seorang peternak asal Cirebon, Jawa Barat, yang sukses mengirimkan ikan cupang hasil budidayanya hingga ke menembus pasar internasional khususnya negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Singapura dan Malaysia.

Menurut pemilik Betta Farm Cirebon ini, salah satu hal yang menentukan harga jual ikan cupang di tempatnya yaitu karena faktor genetik. Seekor ikan cupang akan dihargai sangat mahal apabila berasal dari jenis unggulan.

Dari pengalamannya, ikan cupang yang paling banyak diburu saat masa pandemi Covid-19 salah satunya adalah jenis Betta Fish Avatar. Jenis ini punya corak warna konsisten dan bentuk fisik yang sangat cantik.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...