3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop pada Windows 7,8 dan 10

Image title
29 Desember 2021, 14:30
Ilustrasi cara melihat spesifikasi laptop pada Windows 7,8 dan 10
Katadata
Ilustrasi cara melihat spesifikasi laptop pada Windows 7,8 dan 10

Era yang semakin modern seperti saat ini, teknologi terus berkembang dengan signifikan. Ada berbagai kualifikasi laptop yang dapat membantu kinerja Anda. Laptop memiliki spesifikasi yang dibawanya, tergantung dari perusahaan yang membuatnya. Komponen di dalam laptop juga memiliki fungsi yang unik dan tidak bisa digantikan satu sama-lainnya.

Dalam proses bekerjanya antara hardware dan software keduanya saling bekerja sama untuk menjalankan sistem demi memudahkan pekerjaan manusia. Jika komponen utama dari hardware dan software ada yang rusak maka laptop tidak bisa berjalan dengan semestinya atau bahkan tidak mau hidup sama sekali.

Dalam proses penyimpanan satu file, setidaknya sebuah laptop membutuhkan penunjang ruang penyimpanan atau storage berupa hardisk atau SSD. Storage ini tidak bisa digantikan dengan perangkat lain contohnya digantikan dengan VGA karena fungsinya berbeda.

Komponen laptop memiliki andil besar dalam kualitas kinerja perangkat yang berjalan. Saat menjalankan tugas berat seperti editing video dan pemodelan 3D, tentu komponen VGA yang bagus adalah sebuah keharusan.

Saat ini laptop ataupun komputer yang dipasang komponen dengan teknologi terbaru biasanya akan jauh lebih baik kinerjanya dibandingkan dengan teknologi beberapa tahun sebelumnya. Komputer dengan komponen yang bisa dilepas-pasang lebih mudah untuk ditingkatkan performanya alias diupgrade daripada laptop yang memiliki komponen yang fix atau tidak dapat diganti.

Setelah membahas betapa pentingnya spesifikasi laptop atau komputer, maka dapat disimpulkan bahwa cara melihat spesifikasi laptop menjadi unsur penting sebelum memilikinya. Hal itu dilakukan agar terhindar dari kesalahan atau penipuan yang tidak diinginkan. Berikut cara melihat spesifikasi laptop yang dilansir dari situs Loop.co.id:

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 7,8 dan 10

Salah satu cara melihat spesifikasi laptop adalah dengan mengetahui inti software yang ada di dalamnya. Karena software yang paling dasar dan paling utama dari sebuah laptop adalah OS atau Sistem Operasi.

OS yang paling banyak digunakan saat ini adalah OS terbaru dari Windows yaitu Windows 10. Namun, masyarakat Indonesia juga menggunakan salah satu OS Windows yang sudah berhenti update beberapa tahun lalu, yaitu Windows 7 dan 8.

Lalu timbul pertanyaan mengapa perangkat dari Windows 7 dan windows 8 masih digunakan meskipun sudah tidak diperbaharui lagi oleh pihak Windows? Ternyata, hal itu dikarenakan performa dari OS ini adalah salah satu OS ringan yang bisa digunakan pada laptop dengan spesifikasi rendah sekalipun. Tidak heran, masih banyak orang yang menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah karena memang laptop tersebut hanya digunakan untuk mengetik saja.

Berikut cara melihat spesifikasi laptop pada Windows 7,8,10:

1. Melalui Properties di My Computer

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...