6 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Berikut enam manfaat air kelapa untuk ibu hamil dari masa kehamilan di bulan pertama hingga di proses kelahiran
Image title
3 Januari 2022, 11:06
Ilustrasi enam manfaat air kelapa untuk ibu hamil dari masa kehamilan di bulan pertama hingga di proses kelahiran
Garon Piceli/pexels
Ilustrasi enam manfaat air kelapa untuk ibu hamil dari masa kehamilan di bulan pertama hingga di proses kelahiran

Pada fase-fase kehamilan dari trimester pertama hingga hari kelahiran akan selalu menjadi suatu hal yang ditunggu banyak pasangan suami istri. Masa tersebut merupakan hasil dari pembuahan, dimana jutaan sel sperma akan bersaing menuju sel telur sambil mengeluarkan enzim yang dapat membuat salah satu sperma berhasil sampai tujuan, yaitu sel telur. Saat pembuahan, akan terjadi perubahan kimiawi yang mencegah sperma lainnya memasuki sel telur.

Perjalanan dalam proses tersebut akan terus mengalami perkembangan hingga seluruh sel terbelah dan mencapai hingga jumlahnya 30. Kemudian kumpulan sel ini dinamakan dengan nama morula. Adapun morula yang telah mencapai lapisan rahim akan tertanam pada lapisan endometrium. Kelompok sel yang berkembang ini akan semakin matang dan menjadi blastokista, sekaligus akan menstimulasi terjadinya perubahan dalam tubuh calon ibu, termasuk berhentinya siklus menstruasi.

Selama masa kehamilan tersebut sang ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan harus semakin hati-hati. Karena ada banyak penyakit yang rawan untuk menghampiri. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa yang memiliki beragam manfaat.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangatlah beragam. Awalnya air kelapa dikenal sebagai minuman pengganti elektrolit untuk orang-orang dengan sakit perut atau dehidrasi yang parah.

Advertisement

Kandungan Air Kelapa Nutrisi bagi Ibu Hamil

Dalam setiap satu cangkir yang setara dengan 240 mililiter air kelapa murni, terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Protein.
  • Vitamin C.
  • Mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium.
  • Antioksidan.
  • Kandungan nutrisi tersebut sangatlah bermanfaat bagi ibu hamil.
  • Selain itu air kelapa juga ditunjang dengan kandungan mineral, yaitu magnesium, kalium, dan kalsium.

6 Aneka Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Dari kandungan nutrisi tersebut, ada banyak manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang dikutip dari Alodokter.com:

1.  Menjernihkan Air Ketuban

Di dalam fase-fase kehamilan, bayi akan menelan air ketuban dan mengeluarkannya sebagai urine, lalu menelannya kembali untuk menjaga agar volume air ketuban tetap stabil. Di sisi lain, apabila menelan air ketuban yang keruh, bayi bisa mengalami sindrom aspirasi mekonium yang menyebabkan infeksi, masalah pernafasan, bahkan kematian. Hal ini bisa dicegah dengan konsumsi air kelapa. Dengan kandungan elektrolit dan antioksidan di dalamnya, air kelapa muda menyerap lendir dan kotoran dari air ketuban sehingga membuatnya tetap jernih.

2. Pengganti Elektrolit yang Hilang

Salah satu kebiasaan baru ibu hamil adalah mual dan muntah. Keluhan tersebut juga dikenal dengan istilah morning sickness dan hampir setiap ibu hamil pasti mengalaminya. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya kekurangan elektrolit.

Air kelapa bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium.

3. Menjaga Saluran Kemih dari Infeksi

Poin nomor tiga dalam manfaat air kelapa untuk ibu hamil adalah mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Kondisi ini dapat terjadi akibat perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih. Hal ini menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena infeksi.

Air kelapa dipercaya sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya ISK.

4. Menjaga Tekanan Darah dari Hipertensi

Khasiat air kelapa salah satunya adalah untuk menurunkan dan mengontrol gula darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Di sisi lain, air kelapa tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai pengganti pengobatan hipertensi atau preeklampsia pada ibu hamil yang bisa dilakukan secara alami. Jika ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia selama kehamilan, segera periksakan diri ke dokter.

5. Nutrisi bagi Perkembangan Janin

Kandungan dalam air kelapa salah satunya adalah kalsium. Kandungan tersebut menjadi khasiat dalam perkembangan tulang dan gigi janin. Walaupun demikian, khasiat kalsium di dalam air kelapa tidak dapat dijadikan sebagai nutrisi utama untuk tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu hamil untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi yang diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

6. Asupan Cairan Tambahan Ibu Hamil

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tak hanya air putih, air kelapa juga dapat ibu hamil konsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, ibu hamil akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

Aneka manfaat air kelapa untuk ibu hamil tersebut bisa diperoleh asalkan rutin mengonsumsi dengan aturan yang tepat dan tidak berlebihan. Selain itu hindari konsumsi air kelapa dalam kemasan dan sebaiknya minum air kelapa murni yang dipetik dari pohonnya. Apabila ibu hamil mengalami keluhan seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, maka konsultasikan ke dokter.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait