8 Makanan Khas Daerah Sumbawa

Image title
3 Januari 2022, 12:13
Singang, makanan khas daerah Sumbawa.
cookpad.com
Singang, makanan khas daerah Sumbawa.

Makanan khas daerah Sumbawa memiliki cita rasa unik dan autentik, sehingga sayang untuk dilewatkan. Ada berbagai jenis kuliner Tanah Samawa yang bisa dicoba, mulai dari ayam taliwang sampai sepat, dari yang asam hingga yang manis.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait makanan khas daerah Sumbawa, ada baiknya untuk menilik sejenak mengenai Kabupaten Sumbawa beserta profilnya.

Kabupaten Sumbawa

Mengutip sumbawakab.go.id, setelah Indonesia merdeka, pemerintah di Tanah Samawa menjadi Swapraja Sumbawa yang bernaung di bawah provinsi Sunda Kecil. Sejak saat itu, pemerintahan terus mengalami perubahan mencari bentuk yang sesuai sampai dilikuidasinya daerah Pulau Sumbawa pada 22 Januari 1956.

Jika dilihat dari segi topografinya, permukaan tanah kabupaten yang menjadi bagian provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini cenderung berbukit-bukit dengan ketinggian antara 0 - 1.730 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sektor pertanian Kabupaten Sumbawa memegang peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Luasnya lahan pertanian membuat Kabupaten Sumbawa berpotensi dalam menyumbang stok pangan nasional.

Selain itu, semua kecamatan di Kabupaten Sumbawa berpotensi menghasilkan ikan, kecuali kecamatan Batulanteh.

Sumbawa memiliki motto "Sabalong Samalewa" yang berarti membangun secara seimbang dan serasi antara pembangunan fisik material dengan pembangunan mental spiritual (dunia dan akhirat).

Makanan Khas Daerah Sumbawa

Kabupaten Sumbawa umumnya memiliki makanan berkarakter asam dan asin. Namun demikian, banyak macam kuliner khas Tanah Samawa dengan berbagai cita rasa. Mengutip berbagai sumber, berikut makanan khas daerah Sumbawa.

1. Sepat

Makanan khas daerah Sumbawa yang pertama yaitu sepat. Kuliner yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat NTB, sehingga belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Sumbawa tanpa mencicipi sepat.

Sepat merupakan makanan berkuah asam berisi ikan bakar, asam sumbawa, irisan tomat, belimbing wuluh, kemiri, terong, dan sebagainya. Adapun ikan yang digunakan biasanya ikan kakap atau baronang.

2. Singang

Sama dengan sepat, makanan khas daerah Sumbawa yang satu ini juga mengandalkan ikan sebagai bahan dasar. Hidangan mirip gulai ikan ini merupakan olahan kakap atau bandeng yang dipotong-potong dan ditumis.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...