7 Jenis Tanaman Hias Ini Bisa Ditanam di Halaman Rumah Sempit

Berikut rekomendasi tujuh jenis tanaman hias yang bisa ditanam di sekitar rumah dengan kapasitas halaman yang tidak terlalu luas.
Image title
5 Januari 2022, 00:07
Bunga krisan sebagai salah satu jenis tanaman hias
jenflor.pl
Bunga krisan sebagai salah satu jenis tanaman hias

Suasana rumah yang kehijauan dan penuh tanaman tentu akan menyejukkan rumah dan menyenangkan pandangan. Nuansa rumah yang lebih semarak bukan jaminan suasana rumah terasa hidup. Terkadang, perlu adanya unsur-unsur organik agar rumah tak tampak tandus, salah satunya dengan mengoleksi berbagai jenis tanaman hias.

Berikut beragam jenis tanaman hias yang bisa Anda tanam dan rawat di rumah. Berbagai jenis tanaman hias berikut juga bisa ditanam di luar maupun di dalam rumah, dilansir dari Dekoruma.com:

1. Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Jenis tanaman pertama adalah bunga krisan. Tanaman hias daun ini merupakan bunga hasil persilangan, sehingga memiliki warna-warni yang memikat seperti merah muda, ungu, dan kuning. Buat Anda yang ingin memiliki tanaman hias dengan berbagai varian warna, maka tanaman hias jenis ini pasti bisa memenuhi ekspektasimu. Bunga krisan ini adalah salah satu pilihan tepat tersebut. Hebatnya lagi, bunga krisan mampu menetralkan udara dari unsur-unsur yang merugikan tubuh manusia.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan bagi Anda yang ingin merawat tanaman jenis ini. Salah satunya, jangan paparkan bunga Krisan pada matahari langsung. Kalau Anda tinggal di dataran tinggi, tanaman ini cocok dipelihara di rumah. Suhu 7°-28° C adalah temperatur yang ideal untuk memelihara bunga krisan.

Advertisement

2. Kaktus

Berikutnya ada jenis tanaman hias yang menjadikan rekomendasi adalah kaktus. Ukurannya yang besar dapat mempercantik desain interior rumah kita. Selain tampak imut dan elok, tanaman hias daun kaktus ini tidak memerlukan perawatan yang khusus. Sinar matahari sedang dan asupan air seminggu sekali sudah cukup sebagai cara merawat kaktus yang dapat membuatnya mampu bertahan hidup.

3. Tanaman Siklok (Agave Attenuate)

Halaman belakang rumah dapat dimodifikasi untuk menjadi taman yang indah dipandang mata. Salah satu tanaman yang bisa digunakan adalah siklok. Bentuk tanaman siklok menyerupai pedang dengan warna kekuningan di tepinya dan hijau pada bagian tengah.

Harga tanaman hias daun siklok juga terjangkau. Anda sudah bisa memiliki tanaman ini beserta potnya hanya dengan beberapa puluh ribu saja. Keunggulan lainnya, tanaman hias daun ini tahan terhadap sinar matahari seharian. Anda pun hanya perlu menyiramnya setiap pagi dan memberi pupuk beberapa minggu sekali.

4. Palem Kuning (Ypsis Lutescens)

Jenis tanaman hias ini cukup mudah ditemukan di perumahan atau area gedung dan perkantoran. Tanaman palem kuning memiliki daun-daun yang ramping berwarna hijau dengan batang berwarna kuning cerah. Tanaman hias daun jenis ini mampu membuat pekarangan tampil lebih ceria. Apalagi ketika tersorot sinar matahari, palem kuning akan tampak mencolok, terutama oleh dedaunannya yang rimbun.

Selain cantik untuk dipandang, tanaman hias daun ini bermanfaat sekali untuk membersihkan udara sehingga lebih sehat untuk paru-paru kita. Pastikan Anda memberikan sinar matahari yang cukup agar warna daunnya tidak memudar.

5. Kalatea (Calathea)

Variasi jenis tanaman hias berikut ini bukan berwarna hijau. Tanaman kalatea ini memiliki pesona yang bisa membuat orang melengok kepadanya. Perpaduan yang indah antara warna hijau, putih, dan merah hati mampu menciptakan suasana rumahmu tampak berseri dan lebih hidup.

Tanaman hias daun ini cocok ditaruh dekat jendela rumah supaya mendapatkan sinar matahari sesuai dengan kebutuhannya. Anda bisa menggunakan pot dengan warna yang kalem seperti gading atau putih. Pastikan media tanamnya tidak terlalu kering atau basah meski Anda perlu menyiramnya setiap hari. Berikan pula pupuk setiap beberapa bulan.

6. Spider Plant

Jenis tanaman hias ini cukup familiar di dalam ruangan. Nama dedaunan ini dikenal dengan Spider Plant karena menyerupai kaki laba-laba. Spider plant memiliki ciri daun yang lebat dan memanjang dengan bagian ujungnya yang meruncing. Anda bisa menanamnya di dalam sebuah pot dan meletakkannya di dalam ruang tamu karena spider plant juga termasuk jenis tanaman dalam ruangan.

Spider plant dapat tumbuh baik dengan intensitas cahaya matahari yang rendah. Jika terpapar sinar matahari yang terik secara langsung, tanaman hias daun ini dapat menjadi rusak.

7. Sirih Gading

Berikutnya adalah rekomendasi jenis tanaman hias yaitu daun sirih gading. Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri karena batang daunnya yang memanjang dan menjuntai jika ditempatkan di dalam sebuah pot gantung. Sirih gading memiliki ciri bentuk daun yang melebar dan berwarna hijau dengan tambahan pola warna putih. Tak hanya cantik, tanaman hias daun sirih gading ini hanya memerlukan perawatan yang sederhana, seperti menyiramnya dengan air dua hari sekali secara rutin.

Demikianlah rekomendasi tujuh jenis tanaman hias yang bisa ditanam di sekitar rumah meski hanya memiliki halaman yang sempit. Saat ini tren minimalis sedang berkembang, sehingga dengan tujuh rekomendasi tersebut dapat membantu Anda yang sedang mencari referensi tanaman hias.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait