7 Jenis Tanaman Hias Ini Bisa Ditanam di Halaman Rumah Sempit

Image title
5 Januari 2022, 00:07
Bunga krisan sebagai salah satu jenis tanaman hias
jenflor.pl
Bunga krisan sebagai salah satu jenis tanaman hias

Suasana rumah yang kehijauan dan penuh tanaman tentu akan menyejukkan rumah dan menyenangkan pandangan. Nuansa rumah yang lebih semarak bukan jaminan suasana rumah terasa hidup. Terkadang, perlu adanya unsur-unsur organik agar rumah tak tampak tandus, salah satunya dengan mengoleksi berbagai jenis tanaman hias.

Berikut beragam jenis tanaman hias yang bisa Anda tanam dan rawat di rumah. Berbagai jenis tanaman hias berikut juga bisa ditanam di luar maupun di dalam rumah, dilansir dari Dekoruma.com:

1. Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Jenis tanaman pertama adalah bunga krisan. Tanaman hias daun ini merupakan bunga hasil persilangan, sehingga memiliki warna-warni yang memikat seperti merah muda, ungu, dan kuning. Buat Anda yang ingin memiliki tanaman hias dengan berbagai varian warna, maka tanaman hias jenis ini pasti bisa memenuhi ekspektasimu. Bunga krisan ini adalah salah satu pilihan tepat tersebut. Hebatnya lagi, bunga krisan mampu menetralkan udara dari unsur-unsur yang merugikan tubuh manusia.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan bagi Anda yang ingin merawat tanaman jenis ini. Salah satunya, jangan paparkan bunga Krisan pada matahari langsung. Kalau Anda tinggal di dataran tinggi, tanaman ini cocok dipelihara di rumah. Suhu 7°-28° C adalah temperatur yang ideal untuk memelihara bunga krisan.

2. Kaktus

Berikutnya ada jenis tanaman hias yang menjadikan rekomendasi adalah kaktus. Ukurannya yang besar dapat mempercantik desain interior rumah kita. Selain tampak imut dan elok, tanaman hias daun kaktus ini tidak memerlukan perawatan yang khusus. Sinar matahari sedang dan asupan air seminggu sekali sudah cukup sebagai cara merawat kaktus yang dapat membuatnya mampu bertahan hidup.

3. Tanaman Siklok (Agave Attenuate)

Halaman belakang rumah dapat dimodifikasi untuk menjadi taman yang indah dipandang mata. Salah satu tanaman yang bisa digunakan adalah siklok. Bentuk tanaman siklok menyerupai pedang dengan warna kekuningan di tepinya dan hijau pada bagian tengah.

Harga tanaman hias daun siklok juga terjangkau. Anda sudah bisa memiliki tanaman ini beserta potnya hanya dengan beberapa puluh ribu saja. Keunggulan lainnya, tanaman hias daun ini tahan terhadap sinar matahari seharian. Anda pun hanya perlu menyiramnya setiap pagi dan memberi pupuk beberapa minggu sekali.

4. Palem Kuning (Ypsis Lutescens)

Jenis tanaman hias ini cukup mudah ditemukan di perumahan atau area gedung dan perkantoran. Tanaman palem kuning memiliki daun-daun yang ramping berwarna hijau dengan batang berwarna kuning cerah. Tanaman hias daun jenis ini mampu membuat pekarangan tampil lebih ceria. Apalagi ketika tersorot sinar matahari, palem kuning akan tampak mencolok, terutama oleh dedaunannya yang rimbun.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...