8 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Berikut delapan manfaat jus tomat yang kaya nutrisi dan bermanfaat untuk menunjang performa kesehatan.
Image title
7 Januari 2022, 12:16
Ilustrasi manfaat jus tomat yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk menunjang performa kesehatan.
pixabay.com
Buah tomat yang bermanfaat untuk merawat wajah agar tetap sehat dan berseri

Keberadaan tomat dalam rak bumbu dan dapur ternyata tidak hanya sekedar menjadi penyedap rasa, namun juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Bagi masyarakat Indonesia, tomat lebih dikenal sebagai salah satu pelengkap sambal dan bahan utama dari saus. Sedangkan olahan tomat dalam bentuk jus lebih unggul manfaatnya dalam menjaga kesehatan.

Setiap olahan jus tomat mengandung nutrisi melimpah yang sangat baik bagi tubuh, mulai dari vitamin C dan A hingga kalium. Varian tomat sendiri juga beraneka ragam, dari yang berwarna merah, kuning, oranye, atau hijau. Namun, umumnya tomat yang sering dijadikan jus adalah tomat berwarna merah dan matang, karena tomat mentah memiliki rasa cenderung asam sepet.

Untuk membuat jus tomat, buah yang dipilih harus tomat matang dan segar, agar memiliki banyak nutrisi. secangkir jus tomat murni atau sekitar 240 ml mengandung vitamin dan mineral. Berikut kandungan gizi tomat dalam sekitar cangkir yang berkapasitas 240 mililiter:

  • Kalori 41
  • Protein 2 gram
  • Serat 2 gram
  • Vitamin B1 atau tiamin 8 %
  • Vitamin B3 atau niasin 8 %
  • Vitamin B6 atau pyridoxine 13 %
  • Vitamin B9 atau folat 12 %
  • Vitamin A 22 %
  • Vitamin C 74 %
  • Vitamin K 7 %
  • Kalium 16 %
  • Magnesium 7 %
  • Mangan 9 %
  • Kalium 7 %

Manfaat jus tomat tak hanya didukung kandungan gizi di atas saja. Masih ada juga kandungan fosfor, natrium, riboflavin (vitamin B2) dan vitamin E. Jus tomat juga kaya akan likopen (pemberi warna merah pada tomat), yang merupakan salah satu jenis antioksidan kuat. Kandungan nutrisi yang melimpah inilah yang membuat jus tomat bermanfaat untuk kesehatan.

Advertisement

Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Dalam setiap buah tomat terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dan juga beragam nutrisi. Ini membuat minuman seperti jus tomat baik dikonsumsi secara rutin. Berikut manfaat jus tomat, dilansir dari SehatQ.com:

1. Melawan Kolesterol Jahat

Manfaat jus tomat juga bisa dirasakan saat Anda sedang melakukan program diet. Serat makanan yang terkandung dalam jus tomat dapat menurunkan kadar kolesterol negatif (LDL), sehingga membuat arteri bersih dan meningkatkan kesehatan jantung.

Vitamin B yang terkandung pada jus tomat, memberikan manfaat dan berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung serta memperkuat dinding pembuluh darah.

2. Mencegah Obesitas

Seperti pada poin pertama, manfaat jus tomat lainnya juga membantu menurunkan berat badan, serta mencegah terjadinya obesitas. Dengan mengonsumsi jus tomat, Anda dapat memperoleh kekayaan serat dan nutrisi tinggi pada tomat, sekaligus mengenyangkan.

Manfaat jus tomat dapat merangsang pelepasan leptin (hormon pemberi rasa kenyang) untuk mencegah Anda makan atau ngemil berlebihan. Hal ini tentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, jus tomat juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes yang berhubungan dengan obesitas.

3. Menjaga Kemampuan Penglihatan

Bagi Anda yang sering menatap layar komputer atau gawai, maka harus berhati-hati terhadap pancaran sinar radiasi yang langsung mengarah ke mata. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memperkaya gizi demi menjaga nutrisi mata.

Salah satu caranya adalah adalah dengan mengambil manfaat jus tomat, yang bisa melindungi kesehatan penglihatan. Sebab, jus tomat memiliki kadar lutein yang tinggi. Vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan pun dapat mengurangi stres oksidatif di pusat retina sehingga baik untuk kesehatan mata dan mampu menjaga kemampuan melihat seiring bertambahnya usia dan memperlambat timbulnya katarak.

4. Memperlancar Proses Pencernaan

Jika Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, tentu membuat tidak nyaman. Manfaat jus tomat dapat berguna menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sebab, kandungan serat yang ada di dalamnya mampu mencegah sembelit, sehingga membantu proses buang air besar secara teratur.

5. Bahan Bakar dan Tambahan Energi Tubuh

Manfaat jus tomat berikutnya adalah sebagai suplai energi bagi tubuh yang sudah lelah beraktivitas. Jus ini kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, dan memberi energi pada tubuh. Setelah minum jus tomat, Anda akan merasa lebih segar dan berenergi.

6. Memperbaiki Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit juga dapat ditunjang dengan manfaat jus tomat, selama rajin Anda konsumsi. Jus tomat dapat melawan perubahan warna kulit, mengobati dan mencegah jerawat, mengecilkan pori-pori terbuka, dan mengatur sebum pada kulit berminyak.

7. Mengobati Radang

Penyakit radang bisa menjangkiti bagian tubuh manapun, baik otot, kepala, usus, atau jaringan sistem organ. Oleh karenanya, manfaat jus tomat dapat mengurangi terjadinya peradangan pada tubuh. Sebab, kandungan antioksidan dalam jus tomat diyakini memiliki efek anti peradangan.

8. Meningkatkan Performa Kesehatan Jantung

Sebagai salah satu pembasmi kolesterol jahat dalam tubuh, jus tomat juga diyakini dapat menetralkan homocysteine yang dapat merusak pembuluh darah dan mengganggu fungsi jantung. Fitonutrien dalam jus tomat juga mampu mencegah pembekuan darah, meningkatkan kesehatan tubuh, serta menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Demikianlah delapan manfaat jus tomat yang bisa Anda dapatkan jika rutin dikonsumsi. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama bagi penderita GERD alias penyakit asam lambung. Di mana, mengonsumsi jus tomat dapat membuat perut menjadi tidak nyaman.

Rasa asam yang tinggi pada tomat, bisa membuat penderita asam lambung mengalami nyeri perut atau mulas. Jika hal tersebut terjadi, maka segera konsultasikan ke dokter, termasuk jika menemukan gejala gangguan kesehatan setelah meminum jus tomat.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait