Mengenal Penyebab, Gejala, dan Cara Menurunkan Demam pada Anak

Image title
7 Januari 2022, 17:11
Cara menurunkan demam pada anak
Freepik

Demam merupakan salah satu kondisi yang sering diderita anak selain pilek. Penyebab demam pada anak cukup beragam, namun yang jelas karena daya tahan tubuhnya masih lemah anak-anak lebih mudah terserang penyakit ketimbang orang dewasa.

Saat anak mengalami demam, para orang tua disarankan agar tidak panik. Sebab, ada sejumlah cara menurunkan demam pada anak yang bisa dilakukan sebagai penanganan awal ketika suhu badannya tinggi. Metode tersebut akan sangat membantu menjaga kondisinya sebelum dibawa ke dokter.

Dalam artikel ini kami sudah merangkum berbagai macam hal yang menyangkut dengan demam yang bisa diderita anak-anak. Mulai dari penyebab demam, gejala demam, dan cara menurunkan demam pada anak. Berikut ulasan lengkapnya.

Penyebab Demam pada Anak

Hampir semua anak pernah mengalami demam pada waktu tertentu. Saat mengalaminya, biasanya suhu tubuh anak akan meningkat di atas suhu normal. Melansir dari Alodokter.com, demam adalah kondisi di mana suhu tubuh anak mencapai lebih dari 37,2°C atau di atasnya. Umumnya suhu tubuh normal pada anak berkisar antara 36–37°C.

Ketika anak sedang demam, sudah menjadi hal yang wajar kalau orang tua mereka merasa khawatir. Selain kondisi anak bisa menurun, beberapa jenis demam seperti demam berdara dengue (DBD) akan berakibat fatal jika tidak mendapat penanganan tepat di awal.

Meski demikian, demam juga bisa menjadi penanda bahwa tubuh si kecil sedang berusaha melawan suatu infeksi. Artinya, demam itu sendiri biasanya tidak berbahaya.

Menurut Nemours Kids Health, demam bisa terjadi ketika "termostat" internal tubuh menaikkan suhu tubuh di atas tingkat normal. Termostat ini ditemukan di bagian otak yang disebut hipotalamus. Hipotalamus tahu berapa suhu tubuh normal.

Saat suhu tubuh naik, hal itu bisa menjadi pertanda atau respons terhadap infeksi, penyakit, atau penyebab lainnya. Selain itu perlu diketahui kalau suhu tubuh kebanyakan orang berubah tergantung pada kondisi tertentu seperti bisa sedikit lebih rendah di pagi hari dan sedikit lebih tinggi di malam hari.

Demam bukanlah suatu penyakit. Kondisi ini justru menjadi gejala dari masalah kesehatan lain. Oleh karenanya, demam pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut:

Infeksi

Dilansir dari Mayoclinic.org, suhu tubuh yang meningkat sedikit pada bayi dan balita dapat mengindikasikan infeksi serius. Demam pada anak sebenarnya membantu tubuh melawan infeksi dengan merangsang mekanisme pertahanan alami.

Infeksi bisa diakibatkan oleh serangan virus dan bakteri. Sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna pada anak, biasanya akan meningkatkan risiko terjadi infeksi tersebut. Singkatnya, saat anak demam itu tandanya pertahanan alami di dalam tubuh anak sedang bekerja.

Alergi

Mengutip dari situs Halodoc.com, alergi bisa menjadi faktor pemicu terjadinya demam pada anak. Ini dikarenakan tubuh anak yang mengalami alergi akan merespons dengan menaikan suhu tubuh.

Dari penjelasan di atas, sebaiknya orang tua harus benar-benar mengetahui cara menurunkan demam pada anak. Hal tersebut akan membantu si kecil saat kondisi suhu tubuhnya meningkat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...