5 Cara Screenshot di iPhone dengan Mudah

Berikut lima cara screenshot di iPhone dengan mudah dan bisa dilakukan oleh pemilik iPhone pemula.
Image title
31 Maret 2022, 23:03
Ilustrasi lima cara screenshot di iPhone dengan mudah dan bisa dilakukan oleh pemilik iPhone pemula.
alexey malkin|123RF.com
Ilustrasi lima cara screenshot di iPhone dengan mudah dan bisa dilakukan oleh pemilik iPhone pemula.

Bagi Anda pemilik iPhone, ada banyak trik yang perlu dipelajari dalam mengoperasikan ponsel pintar satu ini. Salah satunya, cara menangkap layar alias screenshot yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar.

Jika bagian gambar cukup lebar atau panjang, tak jarang bagi Anda untuk melakukan screenshot satu per satu bagian, secara terpisah. Hal itu, tentunya akan cukup merepotkan, terlebih untuk memastikan bagian tangkap layar sudah mencakup semua objek yang ingin Anda abadikan.

Tidak hanya itu, screenshot yang dilakukan secara terpisah-pisah berisiko menganggu dan menimbulkan kesalahan informasi lantaran ada bagian yang terpenggal atau tidak rapi. 

Sementara itu, Apple telah menghadirkan fitur iOS yang memungkinkan pengguna untuk screenshot bergulir (panjang). Sehingga, Anda dapat melakukan screenshot langsung dan mencakup seluruh objek tangkapan layar dalam satu gambar.

Advertisement

Fitur tersebut, sekaligus akan membuat mudah pengguna ataupun penerima gambar, mudah menangkap informasi dalam satu screenshot. Pengguna juga akan dimudahkan dalam mengabadikan gambar dengan long screeshot panjang sebenarnya sangat mudah, berikut cara yang perlu Anda lakukan.

Cara Screenshot di iPhone

1. Cara screenshot di iPhone pertama, menggunakan perangkat iOS. Untuk seri iPhone tanpa tombol home, bisa menekan dan menahan tombol power serta volume up secara bersamaan, agar dapat melakukan screenshot.

Untuk seri iPhone yang masih menggunakan tombol home, Anda dapat menekan tombol home dan power secara bersamaan. Anda juga bisa mengaktifkan Assistive Touch, kemudian melakukan screenshot melalui pengaturan cepat di dalamnya.

2. Cara screenshot di iPhone selanjutnya, adalah dengan melakukan screenshot, sekarang Anda akan melihat pratinjau dari screeshot yang berada di pojok kiri bagian bawah layar iPhone.

Kemudian ketuk pratinjau tersebut, dan Anda akan disajikan dengan pilihan pengaturan dan pengeditan dari screenshot. Pada bagian atas dari pratinjau, disajikan dengan dua pilihan pengaturan screenshot yang dapat menangkap bagian secara parsial dan penuh, yakni Screen dan Full Page.

3. Cara screenshot di iPhone 13 dan Face ID, adalah dengan menekan tombol samping dan tombol volume naik secara bersamaan, kemudian segera lepaskan kedua tombol tersebut. Setelah mengambil jepretan layar, gambar mini akan muncul sementara, di sudut kiri bawah layar. Ketuk gambar mini itu, untuk membukanya atau gesek ke kiri untuk menutupnya.

4. Cara mengambil jepretan layar di model iPhone dengan Touch ID dan tombol samping. Langkah pertama, yakni tekan tombol samping dan tombol utama secara bersamaan. Selanjutnya, cepat lepaskan kedua tombol.

Setelah berhasil mengambil tangkapan layar alias screenshot, gambar mini akan muncul sementara di sudut kiri bawah layar. Ketuk gambar mini tersebut untuk membukanya, atau gesek ke kiri untuk menutupnya.

5. Cara mengambil jepretan layar di model iPhone dengan Touch ID dan tombol atas, adalah dengan mulai menekan tombol atas dan tombol utama secara bersamaan. Kemudian, cepat lepaskan kedua tombol. Setelah mengambil jepretan layar, gambar mini akan muncul sementara, di sudut kiri bawah layar. Ketuk gambar mini untuk membukanya atau gesek ke kiri untuk menutupnya.

Cara Merekam Layar HP tanpa Aplikasi

Selain cara screenshot di iPhone, Anda juga bisa mempelajari cara merekam layar handphone tanpa aplikasi. Meskipun begitu, setiap smartphone mungkin memiliki cara yang berbeda, tergantung mereknya. Adapun langkah-langkah untuk merekam layar di ponsel merek Oppo, Samsung, Xiaomi, dan Realme, seperti berikut.

Cara Merekam Layar HP Oppo

  1. Buka pengaturan yang ada di hp Oppo.
  2. Kemudian cari menu “screen recording” yang tersedia.
  3. Lalu pilih opsi “record screen”.
  4. Tunggu sampai muncul pemberitahuan tentang proses perekaman dari layar yang sedang berjalan.
  5. Lakukan perekaman sesuai dengan durasi yang diinginkan.
  6. Jika sudah selesai, klik opsi “stop” dan video rekaman akan secara otomatis tersimpan di memory ponsel yang digunakan.

Cara Merekam Layar HP Samsung

  1. Buka menu pengaturan cepat dengan menarik layar bagian atas handphone ke arah bawah.
  2. Setelah itu pilih opsi “pengaturan suara”, lalu pilih “mulai merekam”.
  3. Panel kontrol perekaman akan muncul di kanan atas.
  4. Jika ingin menghentikan rekaman Anda bisa klik “stop”
  5. Setelah itu, video rekaman akan secara otomatis tersimpan di galeri ponsel yang akan digunakan.

Cara Merekam Layar HP Xiaomi

  1. Buka aplikasi Screen Recorder.
  2. Kemudan klik opsi untuk mulai merekam layar.
  3. Setelah itu, aplikasi Screen Recorder akan otomatis tertutup dan Anda akan melihat tombol start melayang di kanan bawah.
  4. Klik opsi “start” untuk mulai merekam.
  5. Selanjutnya, klik “stop” jika selesai merekam layar kemudian video akan otomatis tersimpan.

Cara Merekam Layar HP Realme

  1. Buka Quick Menu di notification bar dengan cara swipe layar atas ke bawah.
  2. Klik ikon “screen recording” yang sudah ditambahkan sebelumnya.
  3. Lalu izinkan akses jika sistem memintanya.
  4. Setelah itu, screen recording akan otomatis aktif dan akan muncul tombol melayang di layar.
  5. Anda bisa memulai rekaman dengan klik tombol tersebut.
  6. Klik lagi tombol tersebut setelah selesai merekam.
  7. Terakhir, video akan otomtais tersimpan di penyimpanan internal handphone tersebut.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait