5 Cara Screenshot di iPhone dengan Mudah

Image title
31 Maret 2022, 23:03
Ilustrasi lima cara screenshot di iPhone dengan mudah dan bisa dilakukan oleh pemilik iPhone pemula.
alexey malkin|123RF.com
Ilustrasi lima cara screenshot di iPhone dengan mudah dan bisa dilakukan oleh pemilik iPhone pemula.

Bagi Anda pemilik iPhone, ada banyak trik yang perlu dipelajari dalam mengoperasikan ponsel pintar satu ini. Salah satunya, cara menangkap layar alias screenshot yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar.

Jika bagian gambar cukup lebar atau panjang, tak jarang bagi Anda untuk melakukan screenshot satu per satu bagian, secara terpisah. Hal itu, tentunya akan cukup merepotkan, terlebih untuk memastikan bagian tangkap layar sudah mencakup semua objek yang ingin Anda abadikan.

Tidak hanya itu, screenshot yang dilakukan secara terpisah-pisah berisiko menganggu dan menimbulkan kesalahan informasi lantaran ada bagian yang terpenggal atau tidak rapi. 

Sementara itu, Apple telah menghadirkan fitur iOS yang memungkinkan pengguna untuk screenshot bergulir (panjang). Sehingga, Anda dapat melakukan screenshot langsung dan mencakup seluruh objek tangkapan layar dalam satu gambar.

Fitur tersebut, sekaligus akan membuat mudah pengguna ataupun penerima gambar, mudah menangkap informasi dalam satu screenshot. Pengguna juga akan dimudahkan dalam mengabadikan gambar dengan long screeshot panjang sebenarnya sangat mudah, berikut cara yang perlu Anda lakukan.

Cara Screenshot di iPhone

1. Cara screenshot di iPhone pertama, menggunakan perangkat iOS. Untuk seri iPhone tanpa tombol home, bisa menekan dan menahan tombol power serta volume up secara bersamaan, agar dapat melakukan screenshot.

Untuk seri iPhone yang masih menggunakan tombol home, Anda dapat menekan tombol home dan power secara bersamaan. Anda juga bisa mengaktifkan Assistive Touch, kemudian melakukan screenshot melalui pengaturan cepat di dalamnya.

2. Cara screenshot di iPhone selanjutnya, adalah dengan melakukan screenshot, sekarang Anda akan melihat pratinjau dari screeshot yang berada di pojok kiri bagian bawah layar iPhone.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...