7 Ide Bisnis Digital Ini Bakal Menguntungkan

Image title
4 April 2022, 17:02
ide bisnis digital
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/agr/wsj.
Pemilik toko online grosirantasik.id memotret produk baju yang akan dipasarkan melalui platform digital di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (3/7/2020). Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menargetkan digitalisasi UMKM sebanyak 10 juta unit usaha pada tahun ini.

Pandemi Covid-19 hampir mengubah kebiasaan masyarakat. Aktivitas yang tadinya bisa dilakukan dengan bebas, kini menjadi serba terbatas. 

Meski aktivitas dan kegiatan dibatasi, bagi orang yang memiliki jiwa entrepreneur kondisi tersebut bisa dilihatnya sebagai sebuah peluang. Misalnya mencari tahu ide bisnis digital yang bisa dilakukan.

Ide bisnis digital bisa menjadi solusi terbaik untuk menambah penghasilan. Selain modal usahanya relatif kecil, potensi dan prospek bisnis ini cukup besar jika digeluti dengan serius.

Beberapa contoh ide bisnis digital yang cukup populer di Indonesia adalah menjual barang dan jasa secara online. Beberapa platform seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya menjadi wadah bagi pengusaha pemula untuk menjual produknya.

Selain toko online, masih banyak ide digital lain yang memiliki omzet lumayan dan mudah dilakukan. Penasaran? Berikut pembahasannya.

Ide Bisnis Digital

Ide bisnis digital adalah sejumlah contoh usaha yang dilakukan secara daring melalui sebuah platform seperti website atau aplikasi toko online. Selain itu, model bisnis ini umumnya tidak memerlukan tempat yang luas.

Dilansir dari Alibaba.com, berikut rekomendasi ide bisnis digital yang bisa dicoba:

1. Bisnis Dropship

Ide bisnis digital pertama yang bisa dicoba adalah menjadi seorang dropshipper. Potensi usaha ini lumayan tinggi karena perkembangan e-commerce di Indonesia juga sedang bagus.

Bisa dibilang resiko bisnis dropship cukup kecil. Salah satu ide bisnis digital ini merupakan cara terbaik untuk menghasilkan uang secara online, tanpa perlu berinvestasi atau membeli produk terlebih dahulu. 

Lewat usaha ini, seseorang dapat menjual sebuah produk dengan menerima pesanan pelanggan, lalu mencari grosir atau pengecer dari pihak ketiga yang menangani sisi pemenuhan pesanan dari bisnis tersebut. 

Seorang dropshipper harus menjual produk tersebut dengan harga lebih tinggi, daripada pemasok pihak ketiga untuk memperoleh keuntungan. Ide bisnis digital itu akan mendatangkan keuntungan yang lumayan, jika dilakukan dengan konsisten.

2. Konsultan SEO

Keberadaan mesin pencari seperti Google sangat penting untuk pemasaran sebuah produk. Salah satu strategi agar produk itu dapat dicari dan dikenali konsumen yaitu dengan Search Engine Optimization alias SEO.

Seseorang yang memiliki kemampuan dalam bidang SEO, sangat potensial untuk mendapat penghasilan tambahan dengan bekerja sebagai seorang konsultan SEO. 

Konsultan SEO harus mempunyai kemampuan untuk menganalisis bagaimana kinerja situs web suatu merek, lalu menentukan strategi efektif yang dapat meningkatkan kunjungan serta interaksi dengan pelanggan. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...