Algoritma Adalah Metode Pemecahan Masalah, Ini Ciri dan Jenisnya

Image title
24 Mei 2022, 15:41
algoritma adalah
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Seorang pekerja Dtech-Engineering mendesain pesawat tanpa awak, menggunakan komputer, di Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Senin (9/12/2019). Perusahaan desain dan riset engineering yang dibangun tahun 2009 oleh lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK), Arfi'an Fuadi dan M Arie Kurniawan tersebut, saat ini telah membuat 300 produk seperti chasis mobil, regulator gas, rem pesawat, rem kereta api, komponen pesawat jet serta pesawat tanpa awak pesanan dari 30 negara.

Seiring perkembangan zaman saat ini, berbagai permasalahan kehidupan manusia sehari-hari bisa diselesaikan dengan lebih mudah dan dalam waktu relatif singkat. Suatu langkah pemecahan masalah ini biasa disebut algoritma

Pengertian Algoritma

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas atau urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.

Mengutip Unida.ac.id, algoritma adalah langkah atau metode yang direncanakan secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan masalah dengan sebuah instruksi atau kegiatan.

Sementara itu, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), algoritma adalah alur pemikiran pemecahaan masalah yang terdiri dari langkah-langkah matematis, seperti program perhitungan komputer untuk menghitung tingkat bunga kredit, modal keuangan, transfer pricing serta pengamanan data.

Sederhananya, algoritma adalah serangkaian aturan atau proses yang mesti diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah, terutama oleh komputer. Sebab, sebagian besar algoritma dimaksudkan untuk diterapkan sebagai program komputer.

Dengan implementasi algoritma, komputer dapat mengolah data, melakukan perhitungan, melakukan penalaran otomatis, dan menyelesaikan berbagai masalah yang ada di komputer.

Walau demikian, algoritma tidak hanya diterapkan pada komputer atau kehidupan sehari-hari saja, metode tersusun ini juga kerap digunakan oleh beberapa perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang keuangan atau perdagangan otomatis, seperti untuk keperluan perdagangan saham dan sebagainya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...