4 Cara Mengutip dari Jurnal dengan Mudah

Image title
9 Juni 2022, 22:51
Ilustrasi cara mengutip dari jurnal
pixabay.com
Ilustrasi seseorang mengetik karya ilmiah

Bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, mengetahui cara mengutip dari jurnal akan sangat membantunya dalam membuat sebuah karya ilmiah. Baik itu makalah maupun skripsi.

Sebab, sebagai tugas wajib saat berkuliah, seorang mahasiswa memang dituntut untuk bisa membuat tulisan yang kredibel dengan didukung sumber dan bukti relevan. Untuk membuat tulisan semacam ini, mereka diperbolehkan untuk mengutip dari berbagai sumber seperti jurnal penelitian.

Jurnal penelitian adalah sebuah laporan tertulis yang disusun oleh seorang peneliti. Isinya tentang sebuah penelitian yang sudah dilakukan secara ilmiah. Mengingat jurnal ini dibuat dengan metode ilmiah, maka tulisan semacam ini dapat dikutip untuk menambah kredibilitas karya ilmiah.

Bagaimana cara mengutip dari jurnal yang baik dan benar? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengutip dari Jurnal 

Sama halnya dengan mengambil kutipan dari buku, cara mengutip dari jurnal sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui teknik penyusunannya dengan benar.

Cara mengutip dari jurnal harus diperhatikan dengan baik. Ini karena jika asal mengambil kalimat secara sembarangan, dikhawatirkan makna kalimat tersebut bisa berubah. Untuk itu teknik penyusunannya harus benar-benar dikuasai.

Menggunakan cara mengutip dari jurnal akan sangat membantu, terutama bagi mahasiswa yang tengah membuat skripsi maupun tesis. Kutipan tersebut bakal menghindarkannya dari kasus plagiarisme atau penjiplakan.

Selain itu, dengan mengambil kutipan dari jurnal maka tulisan ilmiah yang sedang dibuat lebih objektif dan kredibel. Ini pun menjadi salah satu bentuk untuk menghargai peneliti yang membuat jurnal tersebut.

Menukil Penerbitdeepublish.com dan sumber lainnya, simak sejumlah cara mengutip dari jurnal berikut ini:

1. Cara Mengutip dari Jurnal dengan Kutipan Langsung

Sebagaimana diketahui bersama, seorang peneliti dapat menambahkan kutipan dari berbagai sumber relevan seperti buku dan jurnal ilmiah. Salah satu jenis kutipan yang umum digunakan adalah kutipan langsung.

Kutipan langsung adalah kutipan yang ditulis sama persis dengan sumber aslinya. Artinya baik bahasa maupun ejaannya tidak ada perubahan. 

Setiap instansi perguruan tinggi memiliki pedoman tersendiri dalam melakukan penulisan kutipan langsung. Akan tetapi, biasanya format penulisan tersebut yaitu rujukan ditulis di antara tanda kurung, lalu dimulai dengan nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka, tanda koma, tahun terbitan, titik dua, spasi, dan diakhiri dengan nomor halaman.

Kutipan langsung bisa menjadi pilihan sebagai cara mengutip dari jurnal. Adapun petunjuk teknisnya yaitu sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...