4 Cara Membuat Masker Madu untuk Merawat Kulit Wajah Tampak Alami

Image title
17 Juni 2022, 10:37
Ilustrasi empat cara membuat masker madu untuk kulit agar wajah semakin nampak alami.
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj.
Ilustrasi empat cara membuat masker madu untuk kulit agar wajah semakin nampak alami.

Salah satu makanan manis dan kental, serta menyehatkan berasal dari lebah madu. Makanan satu ini berasal dari sekresi gula tumbuhan (nektar bunga) atau dari sekresi serangga lain (seperti honeydew atau madu serangga).

Madu terbentuk melalui regurgitasi, aktivitas enzimatik, dan penguapan air. Dibantu serangga mungil, lebah menyimpan madu dalam struktur lilin yang disebut sarang lebah.

Madu dapat dikonsumsi sebagai makanan atau minuman suplemen, agar badan semakin sehat. Selain itu, madu juga memberikan manfaat bagi kulit dan mudah digunakan. Berikut cara membuat masker madu dilansir dari Alodokter.com:

Cara Membuat Masker Madu untuk Wajah

Cara menggunakan masker madu untuk wajah terbilang mudah sekali. Anda bisa mengombinasikan dengan masker susu maupun sebagai bahan tunggal. Dalam penggunaan masker madu tunggal, Anda bisa mengolahnya sebagai berikut:

1. Bilas wajah dengan air hangat terlebih dulu untuk membuka pori-pori kulit.
2. Oleskan madu ke bagian wajah dan diamkan selama 20–30 menit.
3. Bilas kembali dengan air hangat, lalu basuh dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali tertutup.
4. Supaya manfaat masker madu untuk wajah dapat Anda peroleh secara maksimal, Anda disarankan memilih madu asli, misalnya madu hitam, yang tidak dicampur dengan bahan kimia sintetis atau pengawet.

Meski memiliki beragam manfaat, penggunaan masker madu juga harus hati-hati karena penggunaan pada sebagian orang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan masker madu, Anda dianjurkan mengoleskan sedikit madu terlebih dahulu ke kulit untuk melihat ada atau tidaknya reaksi alergi terhadap madu.

Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Meskipun cara membuat masker madu terbilang mudah, namun khasiatnya tidak main-main. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker madu untuk wajah yang bisa Anda peroleh:

1. Mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas

Madu diketahui mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa madu baik digunakan sebagai masker wajah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...