5 Cara Memperjelas Foto yang Blur Menggunakan Aplikasi Ponsel Android

Berikut cara memperjelas foto yang blur menggunakan aplikasi di ponsel Android, agar gambar menjadi lebih tajam dan jernih.
Image title
30 Juni 2022, 15:51
Ilustrasi cara memperjelas foto yang blur menggunakan aplikasi
unspalsh.com
Ilustrasi cara memperjelas foto yang blur menggunakan aplikasi

Saat ini banyak sekali smartphone dengan kamera yang dapat menangkap foto kualitas terbaik. Sehingga penggunanya dapat mengambil foto yang tak kalah bagusnya dengan kamera profesional.

Meski kamera pada ponsel pintar memiliki fitur yang canggih, terkadang dalam beberapa kesempatan foto yang diambil tampilannya kurang jelas atau blur. Ini bisa terjadi karena berbagai hal. Tapi yang jelas, Anda masih bisa mencari tahu cara memperjelas foto yang blur.

Ada banyak sekali cara memperjelas foto yang blur. Misalnya dengan menggunakan software editing foto maupun memakai situs di internet yang menyediakan layanan memperbaiki foto menjadi lebih fokus.

Selain itu kini sudah tersedia banyak aplikasi di PlayStore dan Apple App Store yang bisa Anda gunakan sebagai cara memperjelas foto yang blur. Dikutip dari Expertphotoghrapy.com dan sumber lainnya, berikut rekomendasi aplikasi untuk memperjelas foto yang buram atau blur.

Advertisement

Rekomendasi Aplikasi untuk Memperjelas Foto yang Blur

1. Aplikasi Remini

Salah satu cara memperjelas foto yang blur adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Remini. Aplikasi ini menyediakan fitur Enhance untuk membuat foto buram menjadi lebih fokus dan jelas.

Remini bisa diunduh secara gratis di PlayStore. Aplikasi ini banyak sekali digunakan oleh pengguna Android karena kemampuannya untuk mengedit foto yang blur jadi tampak jelas.  

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu membuat akun menggunakan email atau akun media sosial seperti Facebook. Saat berhasil masuk, aplikasi Remini akan menyediakan kesempatan untuk Anda memperbaiki foto buram secara gratis sebanyak 10 kali. Bahkan pada Versi Pro, aplikasi ini memiliki kemampuan unblurring yang canggih.

Lebih lanjut berikut cara memperjelas foto yang blur menggunakan aplikasi Remini:

  • Pertama pastikan Anda sudah memasang dan login di Remini.
  • Kemudian di halaman utama, Anda bisa pilih menu Enhance.
  • Pilih foto yang ingin diedit.
  • Selanjutnya klik tombol merah “Use It” di bagian bawah.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses edit selesai.

2. Aplikasi PhotoShoft

Aplikasi berikutnya untuk memperbaiki foto buram yaitu PhotoSoft. Berbeda dengan Remini, PhotoShoft adalah aplikasi edit gambar gratis yang dilengkapi dengan beberapa fitur mumpuni dalam memperbaiki gambar blur.

Sebagai salah satu cara memperjelas foto yang blur, aplikasi ini memiliki tools yang sangat bagus seperti penghilang noise , menghaluskan kulit, alat penajam gambar, dan alat efek HD. Fitur terakhir ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan detail serta intensitas warna untuk memberikan foto tampilan lebih jernih.

Berikut cara memperjelas foto yang blur menggunakan PhotoShoft:

  • Pastikan Anda sudah memasang aplikasi ini di ponsel.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan pilih menu Noise Remover.
  • Pilih gambar yang akan diedit, lalu ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Tunggu sampai proses editing foto selesai.

3. Aplikasi Fotogenic

Aplikasi selanjutnya untuk mengedit foto menjadi lebih tajam adalah menggunakan Fotogenic. Fotogenic adalah aplikasi gratis yang dalam versi dasarnya menyediakan beberapa tools pengeditan yang bagus. Sedangkan versi berbayar menawarkan daftar alat yang lebih bagus.

Aplikasi ini memiliki halaman antarmuka yang sangat sederhana dan ramah. Setelah Anda memilih foto yang ingin Anda edit, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk "P" di bagian bawah layar. Kemudian Anda dapat memilih efek yang ingin Anda tambahkan.

Lebih lanjut berikut cara memperjelas foto yang blur menggunakan Fotogenic:

  • Di halaman utama Anda pilih menu “Detail”.
  • Kemudian pilih foto yang ingin diedit.
  • Di menu tersebut, yang harus Anda lakukan sekarang adalah menyeret jari Anda ke area yang ingin Anda hapus buramnya.
  • Ikuti proses selanjutnya sampai foto Anda menjadi lebih tajam.

4. Aplikasi PhotoDirector

Cara memperjelas foto yang blur selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan aplikasi PhotoDirector. Aplikasi ini adalah aplikasi pengeditan gambar yang elegan. 

PhotoDirector sangat mudah digunakan dan menawarkan berbagai macam alat dan efek untuk mengedit foto, termasuk memperjelas foto buram.

Berikut cara memperjelas foto yang blur memakai PhotoDirector:

  • Langkah pertama unduh dan pasang aplikasi PhotoDirector di ponsel Anda.
  • Kemudian Anda bisa memanfaatkan tools seperti Dehaze , HSL dan HDR.
  • Anda dapat membuat peningkatan serius pada gambar buram.
  • Jika Anda hanya memiliki beberapa titik yang tidak penting pada gambar Anda yang buram, Anda dapat menghilangkannya menggunakan alat hapus/kloning.

5. Snapseed

Aplikasi terakhir dan menjadi rekomendasi terbaik sebagai cara memperjelas foto yang blur yaitu memakai Snapseed. Snapseed adalah aplikasi pengeditan gratis yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini menyediakan 29 tools dan filternya mudah digunakan.

Berikut cara memperjelas foto yang blur menggunakan Snapseed:

  • Pertama buka aplikasi Snapseed. Di halaman utama Anda bisa pilih gambar yang akan diedit.
  • Untuk mempertajam foto, Anda perlu memilih Detail di Menu Alat.
  • Kemudian Anda akan dapat memilih Struktur atau Ketajaman.
  • Atur komposisi sesuai keinginan Anda sampai foto jadi lebih tajam.

Demikian pembahasan tentang cara memperjelas foto yang blur. Aplikasi di atas merupakan software terbaik untuk membuat foto Anda jadi lebih tajam.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait