Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android dan iPhone

Dwi Latifatul Fajri
8 Juli 2022, 16:13
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di HP
Oleg Magni/Pexels
Ilustrasi foto memakai ponsel

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP bisa dilakukan dengan mudah. Ponsel berbasis iOS dan Android menyediakan fitur hapus sementara sehingga pengguna dapat mengembalikan foto yang sudah dihapus ke galeri.

Fitur hapus foto dan video sementara ini dapat memudahkan pengguna mengembalikan foto dan video yang telah dihapus. Namun foto dan video juga dapat terhapus secara permanen apabila pengguna tidak mengaktifkan fitur tersebut. Simak cara berikut untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di ponsel kamu.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP iPhone

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP dapat dilakukan bagi kamu pengguna iPhone. Cukup dengan menggunakan fitur yang tersedia di galeri, kamu sudah dapat mengembalikan foto yang telah terhapus. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan foto ke galeri.

  1. Buka aplikasi galeri di iPhone
  2. Pilih album yang berada di menu bagian bawah
  3. Gulir layar ke bawah
  4. Cari tulisan utilitas
  5. Pilih folder Baru Dihapus
  6. Secara otomatis ada berbagai video dan foto yang terhapus sementara
  7. Pilih foto atau video yang ingin dikembalikan ke galeri
  8. Klik pulihkan
  9. Secara otomatis foto atau video kembali masuk ke folder galeri
  10. Biasanya foto dan video akan terhapus permanen selama 30 hari di iPhone atau iPad

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP juga dapat dilakukan oleh pengguna Android. Ada beberapa HP Android yang menyediakan fitur hapus sementara sehingga pengguna dapat mengembalikannya melalui menu sampah atau trash. Namun bagi HP Android yang tidak memiliki fitur ini, kamu dapat menggunakan aplikasi Google Photos. Kamu dapat mengikuti langkah berikut ini untuk mengembalikan foto yang terhapus.

  1. Buka aplikasi Google photo
  2. Pilih ikon garis tiga yang berada di bagian atas
  3. Kemudian tekan ikon tempat sampah
  4. Pilih foto atau video yang ingin dipulihkan
  5. Klik ikon pulihkan atau recovery
  6. Tunggu sampai foto kembali ke galeri ponsel

Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus

Selain fitur di penyimpanan online dan aplikasi galeri, kamu dapat mengembalikan foto yang terhapus di HP dengan menggunakan aplikasi. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat menjadi pilihan kamu untuk mengembalikan foto yang terhapus. Simak penjelasannya berikut ini. 

Aplikasi Restore Image menyediakan fitur memulihkan foto yang sudah dihapus di galeri. Aplikasi di Play Store ini tidak membutuhkan proses rooting dan perlu mengunduh perangkat di komputer. Pengguna tinggal mengunduh aplikasi untuk memulihkan foto dan video yang terhapus.

Selain cara diatas, ada berbagai aplikasi penyimpanan online seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan Icloud. Tempat penyimpanan ini biasanya akan menyimpan otomatis foto atau video dari galeri ponsel. Pengguna dapat backup atau memulihkan foto atau video yang terhapus dari aplikasi penyimpanan.

Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...