Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android dan iPhone

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP bisa dilakukan melalui galeri untuk ponsel iPhone dan Google Photo. Berikut cara mengembalikan foto dan video yang sudah terhapus di ponsel.
Dwi Latifatul Fajri
8 Juli 2022, 16:13
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di HP
Oleg Magni/Pexels
Ilustrasi foto memakai ponsel

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP bisa dilakukan dengan mudah. Ponsel berbasis iOS dan Android menyediakan fitur hapus sementara. Pengguna dapat mengembalikan foto yang terhapus ke galeri.

Pengelolaan foto dan video ini memudahkan pengguna untuk menghapus sementara foto dalam ponsel. Tetapi, foto yang terhapus dapat permanen dihapus dari ponsel. Berikut cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di ponsel.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP iPhone

  1. Buka aplikasi galeri di iPhone
  2. Pilih album yang berada di menu bagian bawah
  3. Gulir layar ke bawah
  4. Cari tulisan utilitas
  5. Pilih folder Baru Dihapus
  6. Secara otomatis ada berbagai video dan foto yang terhapus sementara
  7. Pilih foto atau video yang ingin dikembalikan ke galeri
  8. Klik pulihkan
  9. Secara otomatis foto atau video kembali masuk ke folder galeri
  10. Biasanya foto dan video akan terhapus permanen selama 30 hari di iPhone atau iPad

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Ponsel Android menyediakan fitur Google Photos. Aplikasi Google Photos secara otomatis menyimpan foto atau video ketika terhubung ke Wifi. Pengguna dapat mencari foto atau video yang sudah masuk back up Google Photos. Berikut cara mengembalikan foto yang terhapus di Google Photo:

  1. Buka aplikasi Google photo
  2. Pilih ikon garis tiga yang berada di bagian atas
  3. Kemudian tekan ikon tempat sampah
  4. Pilih foto atau video yang ingin dipulihkan
  5. Klik ikon pulihkan atau recovery
  6. Tunggu sampai foto kembali ke galeri ponsel

Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus

Selain fitur di penyimpanan online dan aplikasi galeri, ada berbagai cara mengembalikan foto yang terhapus di HP, salah satunya lewat aplikasi.

Advertisement

Aplikasi Restore Image menyediakan fitur memulihkan foto yang sudah dihapus di galeri. Aplikasi di Play Store ini tidak membutuhkan proses rooting dan perlu mengunduh perangkat di komputer. Pengguna tinggal mengunduh aplikasi untuk memulihkan foto dan video yang terhapus.

Selain cara diatas, ada berbagai aplikasi penyimpanan online seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan Icloud. Tempat penyimpanan ini biasanya akan menyimpan otomatis foto atau video dari galeri ponsel. Pengguna dapat backup atau memulihkan foto atau video yang terhapus dari aplikasi penyimpanan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait