Isekai adalah Genre Anime Lintas Dimensi, Ini Penjelasannya

Image title
22 Juli 2022, 12:47
Isekai adalah
unspalsh.com
Ilustrasi anime terkenal

Dalam budaya populer Jepang kata isekai adalah istilah yang merujuk pada genre cerita di novel, komik (manga), serial animasi (anime), dan video gim dengan karakter utama yang berpindah ke dunia lain. Saat ini sudah banyak cerita bertema isekai yang disukai para penggemarnya.

Bagi penggemar berat manga dan anime istilah isekai adalah genre cerita yang tidak asing lagi. Sebab, cerita isekai banyak disukai karena alurnya memiliki satu ciri khas yaitu tokoh utama dalam genre isekai akan mengalami perpindahan dari dunianya menuju dimensi lain.

Jika Anda penasaran dengan apa itu isekai dan bagaimana sebuah cerita dapat dikategorikan sebagai isekai, berikut kami rangkum pembahasan menarik seputar isekai.  

Apa Itu Isekai?

Ilustrasi anime
Ilustrasi anime (unspalsh.com)

 

Secara sederhana istilah isekai adalah sebuah kata dalam bahasa Jepang yang berarti dunia lain. Sedangkan kata sekai berarti "dunia". Istilah ini sekarang sangat populer digunakan untuk menggambarkan sebuah cerita dengan protagonis yang berpindah ke dunia berbeda.

Penggunaan kata isekai sudah ada sejak dahulu. Seperti misalnya anime yang diproduksi pada 1983 berjudul Aura Battler Dunbine (Seisenshi Dunbain) yang memakai genre isekai sebagai tema utama ceritanya.

Bagi generasi yang tumbuh pada era 1990-an sampai awal tahun 2000, mungkin secara tidak sengaja pernah menyaksikan beberapa judul anime bertema isekai. Salah satu yang paling melekat contohnya adalah Inuyasha. Anime ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Kagome yang dapat berteleportasi melalui lubang sumur untuk berpetualang di era Sengoku.

Alur ceritanya menunjukan adanya perpindahan dari dunia modern ke masa Jepang kuno. Jika melihat dari definisi isekai adalah kisa seorang karakter yang berpindah ke dunia lain, maka serial Inuyasha tergolong anime isekai.

Sebelum istilah isekai populer seperti sekarang, cerita yang menyajikan peristiwa perpindahan karakter ke dunia lain ini dikategorikan sebagai genre cerita fantasi. Bahkan kisah dengan tema serupa sudah ada dalam cerita rakyat Jepang yaitu Urashima Taro yang menceritakan dunia lain di bawah laut.

Dilansir dari Gamerant, karakteristik genre isekai adalah cenderung imajinatif dan menyenangkan. Genre isekai berfokus pada karakter yang dibawa ke dunia lain, kemudian karakter ini harus menemukan cara untuk bertahan hidup sambil biasanya menyelesaikan semacam misi atau quest.

Seluruh premis genre isekai memungkinkan terjadinya petualangan karakter dengan aksi menarik, serta dibumbui dengan character development dari protagonisnya.

Berdasarkan semua penjelasan di atas, bisa disimpulkan pengertian isekai adalah subgenre fantasi di mana karakter tiba-tiba dipindahkan dari dunia mereka ke dunia baru atau asing. Mengingat genre cerita ini bisa dikembangkan dengan sangat luas, kini banyak sekali author manga dan pembuat anime yang mengangkat cerita isekai.

Ciri-ciri Genre Isekai 

Spirited Away (2001)
Spirited Away (2001) (IMDB)

 

Sebenarnya kisah isekai tidak hanya populer di Jepang. Sejak beberapa dekade lalu, sudah ada cerita serupa yang dibuat di wilayah Eropa dan sekitarnya. Kita mungkin sudah mengenal beberapa kisah seperti Harry Potter, Alice in Wonderland karya Lewis Carroll, dan Peter Pan karya JM Barrie. Secara keseluruhan karakter utama di cerita ini dibawa ke dunia fantasi alternatif yang penuh dengan sihir, pedang, dan petualangan. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...