3 Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word Paling Mudah

Image title
25 Juli 2022, 13:20
Cara mengatur ukuran kertas di word
pixabay.com
Ilustrasi mengetik di Microsoft Word

Microsoft word merupakan aplikasi pengolah kata yang sangat populer untuk digunakan. Bagi penggunanya mengetahui cara mengatur ukuran kertas di word akan sangat membantunya saat mencetak dokumen penting.

Meskipun terdengar sepele, pengetahuan tentang cara mengatur ukuran kertas di word sangat penting untuk dikuasai. Ini karena saat hendak mencetak dokumen, ukuran kertas harus disesuaikan terlebih dahulu. Contohnya saat seorang mahasiswa tingkat akhir ingin mencetak file skripsinya, maka secara terperinci dia bakal mengecek file tersebut. Salah satunya yaitu merubah dan mengedit ukuran kertas.

Cara mengatur ukuran kertas di word sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika Anda ingin mempelajarinya, berikut Katadata.co.id sudah merangkum sejumlah tips dan caranya untuk Anda. 

Bagaimana Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word?

Dalam software microsoft word ada beberapa ukuran kertas yang sering digunakan. Sebut saja seperti F4, A4, legal, letter, dan sebagainya. Sebelum mengetik dan membuat sebuah dokumen di word Anda perlu mengecek dulu ukuran kertas yang ingin digunakan.

Biasanya microsoft word memiliki pengaturan default untuk ukuran kertas yaitu 8,5 x 11 inci. Anda dapat mengubah ukurannya secara kustom atau sesuai dengan kebutuhan.

Dikutip dari Support.microsoft.com, berikut cara mengatur ukuran kertas di word secara otomatis:

1. Buka Fitur Page Layout

Langkah pertama untuk mengubah dan mengatur ukuran kertas di word, Anda harus memilih fitur page layout yang ada di bagian menu bar atas. Pada fitur ini terdapat sejumlah tool yang bisa digunakan guna mengatur margin, orientasi, ukuran kertas, dan sebagainya. Bagi pengguna microsoft word versi terbaru, nama fitur ini adalah “Layout”.

2. Pilih Menu Page Setup

Tool untuk mengatur dan mengubah ukuran kertas ini berada di dalam menu page setup. Saat Anda masuk ke menu bar page layout, Anda bisa klik dan masuk ke menu page setup.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...