Kenali Ciri-ciri Masuk Angin dan Cara Mengatasinya

Image title
8 Agustus 2022, 23:01
Ilustrasi ciri-ciri masuk angin
unspalsh.com
Ilustrasi ciri-ciri masuk angin

Ciri-ciri masuk angin bisa dirasakan oleh siapa saja, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya kondisi ini dialami ketika kondisi badan sedang tidak fit.

Dalam dunia medis sebenarnya ciri-ciri masuk angin merupakan sekumpulan gejala flu atau semacamnya yang dirasakan oleh seseorang. Dengan kata lain, penyebab utama dari masuk angin mengacu pada gejala-gejala tersebut.

Pada umumnya ciri-ciri masuk angin yang dirasakan bisa hilang dengan sendirinya. Anda bisa meminum segelas air hangat atau melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari masuk angin.

Untuk memahami lebih jauh tentang ciri-ciri masuk angin, Anda bisa menyimak pembahasan seputar gejala masuk angin berikut ini. 

Penyebab Masuk Angin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, istilah masuk angin tidak ada dalam dunia medis. Meski begitu, istilah masuk angin sudah awam digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk menggambarkan kondisi tidak enak badan seperti demam atau panas-dingin, pusing, lemas, nyeri otot dan sendi, serta lainnya.

Dilansir dari Klikdokter, kemungkinan kondisi medis yang paling mendekati kondisi masuk angin yaitu sekumpulan gejala serupa flu. Gejala tersebut merupakan keluhan yang dirasakan oleh seseorang, sebagai indikasi awal dari adanya infeksi virus.

Selain itu, gejala gangguan pencernaan seperti mual dan perut kembung sering juga dikeluhkan oleh orang yang mengalami masuk angin.

Singkatnya, kondisi masuk angin bisa saja terjadi oleh berbagai macam faktor yang membuat daya tahan tubuh menurun. Berikut beberapa penyebab yang bisa memicu terjadinya masuk angin:

  • Kelelahan akibat melakukan aktivitas berat.
  • Kondisi cuaca.
  • Peningkatan asam lambung dan gangguan pencernaan lainnya.

Ciri-ciri Masuk Angin

Berdasarkan uraian di atas, bisa dibilang masuk angin adalah sekumpulan gejala serupa flu dan maag (gangguan pencernaan), yang bisa dialami oleh siapa saja. 

Meski tidak ada penjelasan lebih rinci mengenai masuk angin dalam dunia medis, Anda masih bisa mengantisipasi kondisi ini dengan mengetahui beberapa ciri-ciri masuk angin yang sering dikeluhkan oleh orang yang mengalaminya.

Melansir dari Halodoc dan sumber lainnya, berikut ciri-ciri masuk angin yang biasanya dikeluhkan oleh pengidapnya:

  • Daya tahan tubuh menurun dan tidak enak badan.
  • Badan terasa lemas, lelah, dan pegal-pegal.
  • Nyeri sendi dan otot. 
  • Suhu tubuh meningkat seperti panas-dingin atau meriang.
  • Sakit kepala.
  • Mual, perut kembung, dan sering buang angin.
  • Tidak nafsu makan dan lainnya.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Orang yang menderita masuk angin biasanya bisa sembuh dengan meluangkan waktu untuk beristirahat. Ini karena, masuk angin merupakan sebuah kondisi di mana badan terasa tidak enak karena terpapar oleh suhu dingin dan faktor lainnya.

Mengingat kondisi masuk angin adalah sekumpulan gejala serupa flu, Anda bisa mengobati masuk angin dengan cara-cara sederhana seperti berikut ini:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...