7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik untuk Pemula

Berikut rekomendasi aplikasi belajar Bahasa Korea untuk pemula, agar bisa melatih kemampuan berbicara, menulis, dan mengetahui lebih jauh tentang Bahasa Korea.
Image title
8 Agustus 2022, 23:05
Ilustrasi aplikasi belajar bahasa Korea
Play Store
Ilustrasi aplikasi belajar bahasa Korea

Cara menguasai bahasa Korea memang tidaklah mudah. Anda perlu mengikuti pelatihan tertentu agar dapat mempelajarinya. Namun selain ikut kursus, ternyata Anda juga bisa melatih kemampuan berbahasa ini dengan mengunduh aplikasi belajar bahasa Korea yang tersedia di Play Store dan App Store.

Biasanya aplikasi belajar bahasa Korea dirancang guna memudahkan penggunanya mempelajari bahasa dari Negeri Gingseng tersebut. Fitur di dalamnya bisa dipakai untuk memahami berbagai macam kosa kata, melatih kemampuan menulis bahasa Korea, sampai menambah perbendaharaan kata.

Penasaran dengan apa saja aplikasi belajar bahasa Korea terbaik bagi pemula? Selengkapnya berikut rekomendasinya untuk Anda.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik

Seiring menyebarnya budaya populer (pop culture) Korea Selatan ke seluruh dunia lewat serial drama maupun musiknya (K-pop), kini banyak orang di luar sana mulai berminat belajar bahasa Korea. Meski tergolong sebagai bahasa yang sulit, nyatanya hal itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk mempelajarinya.

Advertisement

Selain kecintaan mereka terhadap budaya Korea, kehadiran internet dan tersedianya aplikasi belajar bahasa Korea memungkinkan mereka mempelajari bahasa ini secara otodidak. Tanpa perlu mengikuti kursus yang berbiaya mahal, mereka dapat memanfaatkan aplikasi seperti ini secara gratis.

Bagi Anda yang tertarik untuk menguasai bahasa Korea, beberapa aplikasi belajar bahasa Korea di bawah ini mungkin bisa membantu Anda:

1. Learn Korean Language & Hangul 

Rekomendasi pertama aplikasi belajar bahasa Korea yang mudah untuk digunakan adalah Learn Korean Language & Hangul. Aplikasi yang dikembangkan oleh Drops Languages ini, menawarkan pengalaman berbeda untuk penggunanya dalam mempelajari kosa kata bahasa Korea yaitu huruf hangul.

Aplikasi ini sangat memprioritaskan pembelajaran kosa kata dan frasa dalam bahasa Korea. Tampilan aplikasi yang user friendly serta format pembelajaran dikemas dengan permainan dan kuis ini, dapat membuat Anda lebih cepat menguasai bahasa tersebut. 

2. Learn Korean - Beginners

Rekomendasi berikutnya ada aplikasi bernama Learn Korean - Beginners. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tes untuk latihan menulis, membaca, dan mendengarkan kosa kata bahasa Korea.

Selain itu, aplikasi ini bisa diakses secara offline dan dapat digunakan secara gratis. Dengan kata lain, Anda tidak perlu berlangganan untuk menikmati beragam fitur dalam aplikasi tersebut.

3. Eggbun: Learn Korean Fun

Aplikasi belajar bahasa Korea yang bisa Anda unduh secara gratis di Play Store salah satunya yaitu Eggbun: Learn Korean Fun. Berbeda dengan aplikasi lainnya yang ada di daftar ini, Eggbun memiliki sistem chatbot yang berfungsi sebagai tutor untuk Anda saat belajar bahasa Korea.

Sebagai aplikasi chat yang cukup unik, aplikasi ini bisa membantu Anda belajar bahasa Korea dengan menyenangkan. Ditambah lagi, fitur di dalam aplikasi ini bisa digunakan untuk melatih keterampilan berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis bahasa Korea.

4. Korlink Talk to Me in Korean (TTMIK)

Aplikasi bernama Korlink Talk to Me in Korean ini dirancang untuk orang-orang yang ingin belajar bahasa Korea secara gratis. Dilengkapi dengan penjelasan dalam bahasa Inggris, aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi pemula.

Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu Anda bisa mengaksesnya secara gratis. Selain itu, dengan aplikasi ini Anda bisa mempelajari tentang kosa kata, frasa, dan aturan tata bahasa Korea.

5. Sejong Korean Grammar-Basic/Sejong Korean Vocab-Basic

Didasarkan pada buku Tata Bahasa Sejong Hakdang, aplikasi yang satu ini bisa menambah pengetahuan Anda terutama pada penggunaan kosa kata bahasa Korea.

Aplikasi ini memiliki kurikulum yang luas, meliputi  120 pola tata bahasa Korea dengan penjelasan interaktif melalui kombinasi kuis dan permainan. Anda bisa belajar bahasa Korea dengan mudah lewat aplikasi ini.

6. TenguGo Hangul

TenguGo Hangul merupakan aplikasi belajar bahasa Korea yang berfokus pada pembelajaran vokal dan konsonan huruf. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur petunjuk untuk membaca serta menulis dalam bahasa Korea.

Jika Anda seorang pemula, TenguGo Hangul adalah salah satu yang terbaik sebagai aplikasi belajar bahasa Korea. Khususnya membantu Anda menguasai huruf hangul. 

Aplikasi ini juga memiliki metode pembelajaran yang menarik lewat kuis dan permainan flash card, sehingga proses belajar Anda tidak membosankan.

7. Learn Korea - Speak Korean

Bagi pemula, aplikasi bernama Learn Korea - Speak Korean ini sangat cocok digunakan sebagai aplikasi belajar bahasa Korea. Sebab, aplikasi ini dapat membantu Anda memulai percakapan dasar dalam bahasa tersebut.

Dikembangkan oleh ATI Studios, aplikasi ini memfokuskan pembelajaran untuk menghafal kata-kata inti dalam bahasa Korea, kemudian menggunakannya untuk membangun kalimat dan frasa. Fitur-fitur pada aplikasi ini juga membantu Anda mempelajari bahasa Korea secara efektif.

Itulah rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea terbaik yang bisa Anda gunakan. Meski memiliki banyak fitur menarik, jika Anda tidak sering berlatih maka kemungkinan Anda bisa menguasai bahasa kecil sangatlah kecil. Untuk itu Anda harus sering berlatih dan belajar bahasa ini. 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait