4 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Cukup Lewat Website

Berikut empat cara mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi website, secara mudah dan bisa dilakukan pemula.
Image title
16 Agustus 2022, 00:43
Ilustrasi cara mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi website yang mudah dan bisa dilakukan oleh pemula.
unspalsh.com
Ilustrasi cara mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi website yang mudah dan bisa dilakukan oleh pemula.

Cara mengecilkan ukuran foto terkadang dibutuhkan, terlebih bagi Anda yang gemar mengambil gambar dengan ukuran dan rasio cukup besar. Hal tersebut terkadang akan menyulitkan Anda, begitu hasil foto ingin diunggah ke dalam berbagai kebutuhan, seperti mengunggah foto tugas, lamaran kerja, hingga keperluan jual beli secara daring. 

Dengan mengetahui cara mengecilkan ukuran foto, Anda dapat mengambil dan mengelompokkan kembali hasil foto dan menyimpan hingga mengunduhnya dengan ukuran yang lebih rendah. Meskipun begitu, cara mengecilkan ukuran foto bisa dilakukan dengan tetap menjaga kualitas foto seperti aslinya.

Berikut sejumlah cara mengecilkan ukuran foto, dilansir dari berbagai sumber:

Optimizilla

Optimizilla adalah kompresor gambar online, yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara mengecilkan ukuran foto atau gambar, untuk kemudian Anda bisa mengunggahnya ke situs yang Anda inginkan. Dengan menggunakan Optimizilla, Anda bisa memperoleh hasil kompres atau pengurangan ukuran foto, tanpa mengurangi kualitasnya. Berikut sejumlah cara mengecilkan ukuran foto secara online menggunakan Optimizilla:

Advertisement

1. Mengunjungi laman resmi Optimizilla

2. Scroll hingga ke bagian bawah website, pilih "Unggah File" dan masukkan atau pilihlah gambar yang ingin Anda kecilkan atau kompres.

3. Cara mengecilkan ukuran foto selanjutnya, pilih "Upload" dan gambar yang Anda pilih secara otomatis akan berkurang ukurannya. Anda juga bisa mengatur sendiri ukuran yang Anda inginkan dengan masuk ke menu "Pengaturan"

4. Tahapan selanjutnya adalah pilih "Ubah", kemudian dilanjutkan dengan klik "Unduh" atau "Unduh Semua". Nantinya, file yang sudah dikompres akan menjadi satu dalam bentuk file Zip. Untuk ukuran gambar baik PNG ataupun JPG yang dihasilkan, akan berkurang sekitar 9 % hingga 87 % dari ukuran aslinya. Meskipun begitu, kualitas gambar yang dihasilkan tetap sama seperti yang asli.

Compress JPG.com

Cara mengecilkan ukuran foto berikutnya melalui website CompressJPG.com. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba: ada sejumlah langkah yang bisa Anda lewati, antara lain:

1. Masuk ke website Compress JPG.com

2. Unggah gambar dengan menarik atau menyeret gambar yang akan dikompres ke dalam kolom peletakan yang terdapat pada halaman website.

3. Selanjutnya, Anda cukup menunggu proses kompresi file gambar yang sudah dipilih hingga selesai. 

4. Begitu gambar atau foto berhasil dikompres, Anda masih bisa mengedit gambar tersebut, dengan masuk pada menu thumbnail, kemudian pilih aktifkan “Kode Manual”. Cara tersebut bisa Anda gunakan untuk mengontrol kualitas kompresi dari gambar yang dikompres tersebut.

5. Jika beberapa tahap tersebut berhasil Anda lakukan, maka cara mengecilkan ukuran foto sukses Anda terapkan. Selanjutnya, Anda bisa menyimpan file hasil kompresi dengan mengunduh gambar dan dijadikan satu file dalam bentuk Zip.

Iloveimg.com

Cara mengecilkan ukuran foto berikutnya dengan menggunakan website Iloveimg.com. Berikut beberapa tahapannya:

1. Masuk ke website Iloveimg, dan Anda akan menemukan beranda dan petunjuk untuk “Pilih Gambar” berwarna biru.

2. Selanjutnya, masukkan gambar dengan jenis file JPG, SVG, GIF ataupun PNG untuk dikompres.

3. Tunggu hingga hasil kompresi selesai. 

IMGOnline

Cara mengecilkan ukuran foto selanjutnya dengan menggunakan website IMGOnline. Berikut adalah cara menggunakan website-nya:

1. Langkah pertama cara mengecilkan ukuran foto satu ini, dengan masuk ke website IMGOnline terlebih dahulu.

2. Saat Anda dihadapkan pada beranda website, silahkan untuk memiliki keterangan "Compress Image".

3. Untuk mengompres foto, Anda bisa memasukkan foto dengan memilih tombol "Choose File”.

4. Selanjutnya pilih “Compress file JPG to”. Pilih angka atau ukuran yang ingin gunakan, lalu pilih “OK”.

4. Tunggu hingga proses compressing selesai, baru Anda bisa mengunduh hasilnya dengan mengklik bagian “Opsi”.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait