Tips dan Cara Backup Kontak HP Android Paling Mudah

Image title
23 Agustus 2022, 22:34
ilustrasi cara backup kontak hp android
Katadata
ilustrasi cara backup kontak hp android

Ketika membeli ponsel baru atau mengganti SIM Card, biasanya seseorang akan mencadangkan data-data penting. Misalnya seperti daftar kontak telepon. Anda dapat mempelajari cara backup kontak HP dalam artikel ini.

Cara backup kontak HP (handphone) sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, setiap ponsel memiliki pengaturan tersendiri untuk melakukannya. Khususnya ponsel dengan sistem operasi android.

Untuk lebih jelasnya simak cara backup kontak HP berikut ini, agar daftar nomor telepon milik Anda tetap aman dan tidak hilang.

Tips dan Cara Backup Kontak HP dengan Mudah

Di masa lalu hampir semua orang mencatat nomor telepon milik teman, keluarga, rekan kerja, dan lain sebagainya dalam sebuah buku. Metode ini bertahan cukup lama sampai kita perlahan beralih menggunakan ponsel pintar.

Sebelum berbagai jenis ponsel pintar diluncurkan di pasaran, pengguna telepon genggam dapat menyimpan sejumlah nomor HP di daftar kontak. Sayangnya, rata-rata ponsel tersebut tidak bisa menyimpan nomor telepon dalam jumlah banyak.

Kehadiran ponsel pintar atau smartphone saat ini, telah banyak membantu aktivitas kita sehari-hari. Dari semua itu, yang paling penting adalah bahwa ponsel zaman sekarang bisa menyimpan puluhan hingga ratusan nomor HP di daftar kontak.

Kontak yang tersimpan ini bisa kita backup menggunakan fitur yang tersedia. Seperti contohnya, Anda bisa menggunakan Google Drive sebagai cara backup kontak HP.

Cara backup kontak HP menggunakan Google Drive akan sangat membantu, apabila ponsel milik Anda hilang atau rusak. Nantinya, data yang sudah dicadangkan pada platform tersebut bisa dipulihkan kembali. Jadi Anda tidak perlu lagi merasa khawatir kehilangan nomor telepon di daftar kontak.

Mengutip Support Google, berikut cara backup kontak HP yang perlu diketahui:

Ekspor Kontak HP 

Pada umumnya bagi pengguna ponsel android, mereka bisa dengan mudah mencadangkan kontak yang disimpan di ponsel atau kartu SIM. Sehingga data yang dicadangkan bisa dipulihkan. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...