Cara Mengirim CV Lewat Email, Ini Poin Pentingnya

Ghina Aulia
8 September 2022, 12:46
cara mengirim CV lewat email
pexels/RODNAE Productions

Cara mengirim CV lewat email menjadi salah satu alternatif paling cepat untuk melamar pekerjaan. Sekarang ini, banyak sekali cara untuk melamar dan mencari informasi tentang pekerjaan. Hal tersebut memicu pada tingginya kebutuhan perusahaan akan Sumber Daya Manusia.

Mengingat pekerjaan yang tak ada habisnya, ternyata persaingan untuk mendapatkan pekerjaan juga tidak semudah yang dibayangkan. Latar belakang pendidikan yang sesuai dan terampil, tidak menjamin Anda akan mendapatkan pekerjaan dengan mudah. 

Advertisement

Jalur melamar melalui portal pekerjaan juga cukup digandrungi saat ini. Selain mudah diakses, lowongan pekerjaan yang ditawarkan cukup banyak dan lengkap. Hampir semua posisi dengan latar pendidikan yang Anda inginkan tersedia. Beberapa portal untuk melamar kerja tersebut seperti, LinkedIn, Kalibrr, Jobstreet, Glint dan masih banyak lagi.

Di samping itu, masih ada perusahan-perusahaan yang mengutamakan lamaran pekerjaan yang dikirim secara manual melalui alamat email. Walaupun lebih rumit, bentuk lamaran seperti ini cenderung lebih personal. Anda dapat lebih leluasa untuk menyampaikan kalimat lamaran kepada rekruter. Jalur melamar dengan cara mengirim CV lewat email juga dirasa lebih intim. 

Dalam mengirimkan lamaran ke alamat email ternyata juga tidak semudah itu. Sebagai pelamar, Anda harus berhati-hati dan teliti dalam membuat lamaran. Baik dari segi keterampilan, kelengkapan hingga tata bahasa dan kelayakan isi email yang akan diterima rekruter.

Tak sedikit orang meyakini bahwa isi, tepatnya pada body ­email lumayan berpengaruh terhadap peluang diterimanya pekerjaan. Maka dari itu, sepertinya penjelasan di bawah ini berguna untuk Anda yang sedang bingung membuat lamaran melalui e-mail dan sedang mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan. Bisa jadi langkah-langkah di bawah ini merupakan solusi untuk Anda.

Berikut ini merupakan cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar.

1. Memastikan Alamat Email

Walaupun jarang terjadi, kesalah dalam menuliskan alamat email bisa berakibat fatal, sehingga harus dihindari. Pastikan alamat email tujuan Anda tidak ada yang salah, dengan cara melakukan pemeriksaan kembali, sebelum email dikirimkan.

2. Menuliskan Subjek dengan Tepat

Pada kolom subjek, pastikan Anda menuliskan nama lengkap dan posisi yang dilamar secara tepat. Ini bertujuan untuk memudahkan rekruter untuk mengorganisir lamaran, serta menghindari tertimbunnya email masuk.

3. Perhatikan Kerangka Badan Email

Body e-mail harus ditulis dengan benar. Hal ini bertujuan agar pesan Anda nyaman dibaca, jelas dan langsung ke intinya. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement