Top 10 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari 2022, Ini Urutannya

Ghina Aulia
12 September 2022, 21:55
Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari 2022
pexels/Markus Winkler
Pekerjaan yang Paling Banyaka Dicari 2022

Persaingan dunia kerja semakin ketat dengan perkembangan teknologi, termasuk untuk mendapatkan pekerjaan yang paling banyak dicari 2022. Selain itu, pencari kerja juga perlu meningkatkan kompetensi dan kualitas personal agar mudah mendapat pekerjaan.

Demikian seperti halnya pendidikan, banyak cara untuk menempuhnya. Banyak juga cara untuk mengatasi kendalanya. Misalnya terhambat biaya, sekarang sudah banyak lembaga yang menyalurkan beasiswa untuk mengentas angka putus sekolah. Bahkan, ada yang menawarkan program serupa sampai tingkat doktoral.

Dari hal itu, tentu nilai dari diri seorang individu juga semakin meningkat. Maka dari itu, tak heran ketika banyak pelamar kerja yang antri untuk memperebutkan satu posisi di suatu perusahaan.

Menariknya, jurusan perkuliahan juga semakin berkembang seiring dengan kebutuhan perusahaan dan perkembangan teknologi, termasuk pekerjaan. Jika zaman dahulu tidak ada jurusan desain produk, sekarang lulusannya menjadi salah satu solusi untuk perusahaan yang memiliki kendala dalam hal serupa. Kesimpulannya adalah, lapangan kerja baru hadir karena kendala berwujud kebutuhan.

Semakin tahun, posisi pekerjaan yang dibutuhkan cenderung berubah-ubah. Hal tersebut juga beriringan dengan peminat jurusan kuliah. Tentu karena keinginan mendapatkan pekerjaan impian setelah lulus kuliah. Demikian juga Anda yang mungkin menginginkan hal yang sama.

Untuk memanajemen hal tersebut, solusinya adalah, Anda dapat memprediksi pekerjaan yang akan diminati orang dalam kurun waktu tertentu. Di samping itu, juga perlu tahu untuk mengetahui profesi apa yang akan dicari banyak perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa saja dapat menentukan langkah selanjutnya, baik dalam bidang studi atau mengasah keahlian dengan jalan yang berbeda.

Nah, untuk menambah insight dan pengetahuan terkait hal itu, di bawah ini merupakan deretan yang termasuk ke dalam 10 pekerjaan yang paling banyak dicari 2022, dilansir dari laman Indeed. Bisa jadi salah satunya adalah pekerjaan impian atau profesi Anda sekarang. 

  1. Perawat (Registered Nurse)
  2. Optometrist (Dokter Mata)
  3. Site reliability engineer (IT)
  4. Agen real estate
  5. Apoteker
  6. Pengemudi truk
  7. Software engineer
  8. Perawat (Nurse Practitioner)
  9. Desainer produk
  10. Konsultan solar

Terlihat dari daftar pekerjaan tersebut hampir setengahnya merupakan bidang kesehatan. Tak heran jika masih banyak yang bercita-cita menjadi tenaga kesehatan. Hal tersebut sesuai dengan banyaknya minat siswa yang ingin mendaftar di jurusan terkait. Maka dari itu, persaingannya juga sangat ketat, dimulai dari masuk perguruan tinggi.

Profesi perawat RN dan NP, dokter mata dan apoteker tersebut saling berhubungan. Di samping itu, standar gajinya juga dapat dikatakan memadai dan sesuai dengan panjangnya masa studi yang lalui. Tak heran ketika sejak kecil banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi dokter. Walaupun demikian, ternyata banyak profesi lainnya yang berkecimpung di dunia kesehatan meski bukan dokter.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...