Ingin Jadi Freelance, Ini 5 Rekomendasi Website Terbaik

Destiara Anggita Putri
13 September 2022, 18:43
freelance
Unsplash

Seiring meningkatnya kebutuhan hidup, beberapa orang mulai melakukan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya dengan menjadi freelance. Pekerjaan ini menjadi opsi bagi sebagian orang, karena fleksibel dan dilakukan saat luang.

Walau demikian, bagi pemula, Anda perlu melakukan usaha yang lebih giat untuk mendapatkan penawaran kerja dari klien. Namun ada cara lain dan mudah untuk mendapatkan pekerjaan, yakni lewat website freelance yang telah menjadi jembatan antara pemberi kerja dengan penerima kerja.

Untuk membantu Anda mendapatkan klien, artikel ini telah menyediakan daftar lima rekomendasi website freelancer terbaik yang bisa Anda coba.

Projects.co.id

Ini merupakan website pertama yang biasa Anda coba. Projects.co.id sendiri merupakan website yang sangat populer di kalangan freelancer Indonesia. Banyak pekerjaan freelance yang bisa anda temukan di website ini mulai dari desain grafis, programming, dan editing video. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan tawaran pekerjaan untuk menjadi pengajar, asisten pribadi, dan lain sebagainya.

Tidak hanya mencari pekerjaan freelance, Anda juga bisa membuka bisnis di website ini. Hal ini dikarenakan Projects.co.id menyediakan transaksi jual beli barang digital. Jadi, jika Anda tertarik menjual barang digital Anda seperti e-book, template desain web, atau video, Anda bisa menjualnya di website ini.

Selain itu, terdapat program affiliate referral di mana Anda bisa mengundang teman Anda untuk bergabung bersama melalui link yang telah Anda bagaikan. Bila Anda berhasil, maka Anda akan mendapatkan komisi tambahan

Sribu

Website freelance yang bisa Anda coba berikutnya adalah Sribu atau yang lebih dikenal dengan SribuDesign yang masih merupakan satu manajemen dengan SribuLancer

Namun, berbeda dengan SribuLancer, website ini lebih berfokus untuk memberikan pekerjaan freelance di bidang jasa desain grafis saja. Jenis yang ditawarkan bergam serta memiliki kesulitannya sendiri. Maka tak heran jika Anda bisa menemukan pekerjaan yang paling mudah seperti desain logo hingga pekerjaan yang sulit seperti desain interior.

Tidak hanya itu, bila Anda seorang desainer, Anda juga bisa mengikuti kontes dan bersaing dengan desainer lainya untuk mendapatkan pekerjaan dari klien yang seadng menawarkan projek. Bila Anda mengikuti kontes ini, tentu Anda bisa memasukkannya ke dalam portofolio yang kelak berguna di dunia kerja. Bila Anda terpilih dalam kontes tersebut, akan ada hadiah spesial yang bisa Anda dapatkan. 

Jadi, bila Anda seorang graphic designer atau memiliki kemampuan desain grafis, website ini bisa menjadi rujukan terbaik untuk Anda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...