6 Pekerjaan Freelance Paling Populer Ini Menarik Dicoba

Destiara Anggita Putri
15 September 2022, 22:29
freelance
Unsplash

Meningkatnya harga kebutuhan hidup membuat sebagian orang mulai melakukan berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Beberapa cara yang bisa dipilih seperti melakukan pekerjaan paruh waktu atau part time, berbisnis online, hingga menjadi freelance.

Di antara beragam opsi yang ada, banyak orang memilih untuk menjadi freelancer, mengingat banyaknya keuntungan yang ditawarkan. Beberapa di antaranya seperti jam kerja yang fleksibel, hingga dapat melakukan pekerjaan tersebut dari mana saja.

Alhasil, pilihan untuk menjadi freelancer mulai banyak diburu. Tak hanya itu, banyak juga perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk para freelancer. Tidak hanya melalui perusahaan, para freelancer juga bisa mempromosikan diri mereka melalui situs freelancer seperti Sribulancer, Fiverr, dan lain-lain. 

Bila Anda ingin menambah income dengan menjadi freelancer, ada banyak pekerjaan freelance yang bisa Anda pertimbangkan dan pilih sesuai kemampuan Anda. Namun, ada beberapa pekerjaan freelance yang paling banyak dicari, seperti di bawah ini:

Influencer

Bila Anda seseorang yang aktif di media sosial, pekerjaan ini pasti sudah tidak asing bagi Anda. Profesi ini merupakan salah satu profesi yang diidamkan banyak orang.

Hal ini dikarenakan trend pengguna media sosial yang semakin setiap tahunnya sehingga banyak perusahaan merasa perlu untuk semakin aktif di media sosial untuk meraih target konsumen mereka. Oleh karena itu, banyak perusahaan mulai merekrut Influencer untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka.

Ada berbagai macam influencer dengan persona dan preferensi yang berbeda seperti influencer  fashion, kuliner, travel dan lain-lain. Selain itu, influencer juga bisa dikategorikan berdasarkan jumlah followers mereka. Itu berarti, semakin banyak followers mereka, maka biasanya mereka akan cenderung memasang harga yang lebih tinggi.

Dengan tren media sosial baru yang terus bermunculan, maka profesi ini pun akan semakin berkembang. Apakah Anda tertarik untuk menjadi influencer?

Content Creator

Selain influencer, kini banyak perusahaan juga merekrut content creator untuk menghandle konten di media sosial mereka. Biasanya content creator diminta untuk memproduksi konten-konten inovatif dalam bentuk video, foto, hingga audio. Konten-konten inilah yang digunakan untuk mempromosikan merek atau produk mereka 

Sama seperti influencer, content creator mengandalkan pendapatan mereka dari hasil kerja sama bersama brand. Tidak hanya itu, mereka juga bisa mendapatkan penghasilan melalui platform tertentu  seperti YouTube jika konten yang mereka buat berhasil mencapai target yang telah ditentukan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...