5 Tradisi Maulud Terkenal di Berbagai Daerah Indonesia

Tifani
Oleh Tifani
19 September 2022, 13:37
tradisi maulud
ANTARA FOTO/Maulana Surya/tom.
Sejumlah abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengarak gunungan jaler saat acara Grebeg Besar di Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/7/2022). Acara tradisi Grebeg Besar yang digelar keraton setempat setiap tahun tersebut untuk memeriahkan momen Idul Adha. ANTARAFOTO/Maulana Surya/tom.

Tradisi Maulud atau mauludan dimaksudkan untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tradisi ini selalu digelar setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Maulid atau Milad dalam bahasa Arab artinya lahir.

Pada hakikatnya, tradisi Maulid Nabi tidak hanya sekadar pengingat sejarah bagi kaum muslim. Tetapi, juga sebagai pengingat umat Muslim dengan sosok Nabi Muhammad SAW yang menjadi inspirasi bagi seorang muslim.

Advertisement

Di Indonesia, umat Islam merayakan Maulid Nabi dengan berbagai cara. Ragam perayaan itu pada umumnya didasarkan pada kebiasaan dan adat istiadat daerah setempat. Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW mulai berkemang sejak masa Wali Songo. Perayaan itu bertujuan untuk menarik minat masyarakat dalam memeluk agama Islam. Hingga pada akhirnya, tradisi tersebut semakin berkembang sampai sekarang.

Melansir dari laman Kemdikbud.go.id, terdapat beragam tradisi unik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

1. Grebeg Maulud, Yogyakarta

Perayaan tradisi ini sudah ada sejak zaman kesultanan Mataram. Kata "Gerebeg" memiliki arti mengikuti. Secara istilah, artinya mengikuti sultan dan para pembesar keluar dari keraton kerajaan menuju masjid untuk mengikuti perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, lengkap dengan sarana upacara, seperti nasi gunungan dan sebagainya.

Pada puncak acara peringatan Tradisi Maulud tersebut, diadakan suatu penyelenggaraan upacara Grebeg Maulud, yaitu iringan gunungan yang akan dibawa ke Masjid Agung. Di sana, diselenggarakan doa dan upacara persembahan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebagian gunungan akan dibagi-bagikan kepada masyarakat umum dengan jalan diperebutkan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement