Sinopsis Novel Perahu Kertas, Kisah Cinta, Mimpi, dan Kejujuran Hati

Destiara Anggita Putri
21 September 2022, 12:27
Sinopsis Novel Perahu Kertas
Unsplash

Bagi pembaca novel, karya-karya dari Dewi Lestari tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dewi Lestari atau Dee adalah seorang penulis dan penyanyi Indonesia, yang memulai karir menulisnya dengan merilis Supernova pada 2001.

Mendapat sambutan baik dari para pembaca, Dee terus merilis novel-novel populer lainnya, termasuk novel Perahu Kertas. Adapun sinopsis Novel Perahu Kertas mengangkat genre romansa remaja, di mana novel keenamnya Dee tersebut, sekaligus menjadi novel pertamanya dengan genre populer. 

Naskah dari novel ini sebenarnya telah ditulis oleh Dee pada 1996 dan sempat “mati suri” selama 11 tahun. Hingga pada akhir 2007, Dee memutuskan untuk kembali melanjutkan novel ini.

Setelah itu, novel ini dipublikasikan dalam bentuk digital pada April 2008 dan diterbitkan dalam bentuk novel cetak pada 2009 oleh penerbit Bentang Pustaka. Novel ini pun juga telah diadaptasi menjadi film layar lebar yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Maudy Ayunda dan Adipati Dolken.

Novel ini mengisahkan tentang cinta, pencapaian mimpi, dan kejujuran hati. Tiga hal sederhana yang mampu ditulis Dee dengan sangat manis, sehingga membuat para pembaca hanyut ke dalam alur ceritanya.

Kisah cinta yang dibalut dengan perjuangan meraih mimpi adalah formula cerita yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bila Anda juga berpikir demikian, maka novel ini pun patut untuk segera Anda baca. Berikut sinopsis novel Perahu Kertas.

Sinopsis Novel Perahu Kertas 

Novel Perahu Kertas bertemakan persahabatan, cinta dan idealisme seseorang.  Kisah ini diawali dari seorang remaja laki-laki bernama Keenan yang baru saja lulus SMA. 

Ia adalah seorang lelaki cerdas yang memiliki bakat yang sangat kuat dalam melukis.Ia pun bermimpi untuk menjadi seorang pelukis yang sayangnya harus terhalang karena kesepakatan dengan ayahnya yang mengharuskan ia kuliah di Fakultas Ekonomi, Bandung. 

Karakter lainnya bernama Kugy, seorang gadis remaja unik yang memiliki daya imaji tinggi. Sejak kecil, ia sangat menyukai dunia dongeng yang membuatnya bercita-cita menjadi penulis atau juru dongeng. 

Dia juga menyadari bahwa profesi impian itu bukanlah profesi yang “menghasilkan” dan bisa diterima oleh lingkungannya. Namun, dia tetap memutuskan untuk berkuliah di Fakultas Sastra yang tidak jauh-jauh dari dunia kepenulisan.  

Adapun sinopsis novel Perahu Kertas, berawal dari kisah reuni antara Kugy dan sahabat masa kecilnya, Noni, yang  terpisah selama beberapa tahun dan kini kembali berkuliah bersama di Bandung. Kugy juga bertemu dengan Eko, pacar Noni, dan Keenan yang merupakan sepupu Eko. Mereka berempat pun menjalin persahabatan erat dengan nama kelompok “Pura-Pura Ninja”.

Di antara persahabatan itu, diam-diam Kugy dan Keenan saling jatuh cinta. Sayangnya, saat itu Kugy sudah memiliki pacar bernama Joshua alias Ojos dan Keenan sedang dekat dengan Wanda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...