Sinopsis Novel Mariposa, Kisah Mengejar Cinta

Destiara Anggita Putri
21 September 2022, 16:36
Sinopsis Novel Mariposa
Unsplash

Aplikasi untuk membaca novel web, Wattpad tengah digandrungi para pembaca buku. Platform ini juga kerap dimanfaatkan para penulis amatir untuk menyalurkan kreativitasnya dalam menulis dan mempublikasikan karyanya ke dunia maya. 

Beberapa novel yang pernah dirilis di Wattpad juga sukses dibaca jutaan orang, sehingga mampu mengangkat nama penulis sampai dikenal masyarakat banyak. Salah satunya novel Mariposa. Untuk mengetahui isi dari novel tersebut, Anda bisa membaca sinopsis novel Mariposa terlebih dahulu. 

Novel Mariposa merupakan salah satu karya penulis Luluk HF. Dia dikenal cukup aktif menulis di platform Wattpad. Dari berbagai karya yang sudah dibuatnya, novel Mariposa menjadi karya yang paling banyak dilirik dan dibaca, khususnya oleh remaja perempuan. Hingga saat ini, diketahui lebih dari 100 juta pembaca sudah membaca  novel tersebut.

Mariposa akhirnya dirilis dalam bentuk novel fisik pada 2018 oleh penerbit Coconut Book. Novel ini pun langsung bertengger di jajaran  novel best seller dan telah terjual lebih dari 17.800 eksemplar.

Kesuksesan novel ini menarik perhatian 5 production house  untuk mengadaptasinya  menjadi film layar lebar. Novel ini pun akhirnya berhasil diadaptasi menjadi film oleh Falcon Pictures dan Starvision Plus yang tayang pada 2020.Film ini berhasil memperoleh rating 7,4 dari IMDB dan bahkan sempat masuk nominasi sebagai film terbaik pada Asian Creative Award 2020.

Cerita yang diangkat novel ini sebenarnya cukup simpel dan ringan. Sumber cerita berpusat pada dua karakter utama yaitu Acha yang bersifat manja dan keras kepala dn Iqbaal yang berkarakter dingin dan super cuek. Dengan formula seperti ni, maka tak heran novel ini digemari banyak pembaca khususnya remaja perempuan yang cenderung menyukai kisah romance seperti ini. 

Untuk judul novel ini, sang penakluk mengambil referensi  kata “Mariposa” dari bahasa spanyol yang artinya “Kupu-kupu”. Referensi ini digunakan untuk menggambarkan  karakter dari salah satu tokoh utama pria yang ada di novel ini.

Kisah percintaan remaja memang selalu seru untuk diikuti. Berikut ini sinopsis novel Mariposa untuk Anda yang tertarik membaca novel ini lebih lanjut. 

Sinopsis Novel Mariposa

Secara garis besar, novel ini menceritakan perjuangan seorang gadis Acha dalam mengejar cinta seorang lelaki yang sulit didekati layaknya kupu-kupu. 

Dalam novel ini, Acha adalah seorang  gadis SMA yang cantik dan cerdas. Ia pertama kali bertemu dengan Iqbaal di sebuah camp olimpiade yang membuatnya langsung jatuh hati pada sosok  Iqbal.  Berkat informasi dari sahabatnya, Amanda, Acha mengetahui bahwa Iqbal berasal dari sekolah yang berbeda yaitu SMA Arwana. 

Tidak hanya sekali itu saja mereka berdua bertemu. Di salah satu cafe, Acah tidak sengaja bertemu dengan Iqbal. Acha pun berusaha meminta nomor telepon Iqbal tapi tidak berhasil. Sejak saat itu, Acha memutuskan untuk pindah ke SMA Arwana demi mengejar cinta Iqbal

Karena kecerdasan mereka berdua, mereka pun dipilih untuk menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti olimpiade sains tingkat nasional.  Namun, sebelum berkompetisi, mereka berdua harus mengikuti bimbingan selama tiga bulan. Hal ini pun dijadikan kesempatan oleh Acha untuk lebih dekat dengan Iqbal. 

Namun mendapatkan hati Iqbal ternyata  tidak semudah yang Acha pikirkan. Iqbal bersikap terlalu dingin dan tidak pernah mau membuka hati nya pada perempuan manapun. Sikap inilah yang membuat Acha mesra iqbal seperti kupu-kupu yang susah untuk didekati.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...