7 Oleh-oleh Khas Jawa Timur Ini Dijamin Tahan Lama

Tifani
Oleh Tifani
27 September 2022, 13:10
oleh-oleh khas jawa timur
Instagram/barengseblak.bandung
Oleh-Oleh Khas Malang

Jawa Timur memiliki banyak kuliner tradisional yang cukup populer. Keragaman sosial masyarakat dan kondisi wilayah di Jawa Timur menghadirkan aneka makanan dan jajanan yang unik dan lezat.

Bahkan dapat menjadi pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Jawa Timur, dapat menyempatkan diri untuk mencicipi dan membeli berbagai jajanan tradisional khas Jawa Timur.

Mulai dari yang bercita rasa manis, asam, hingga gurih. Berikut sederet rekomendasi kuliner khas yang dapat menjadi oleh-oleh khas Jawa Timur.

Gethuk Pisang Kediri

Kediri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kediri mempunyai makanan khas yaitu gethuk Kediri. Gethuk ini menjadi makanan yang cukup terkenal dan menjadi salah satu makanan tradisional dari zaman kerajaan.

Gethuk Kediri berbeda dengan gethuk pada umumnya, karena menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Salah satu pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur ini juga dikemas menggunakan daun pisang. Sentra pembuatan Gethuk Kediri berada di dusun Jatisari, Krenceng, Kepung, Kota Kediri. Adapun harganya bervariasi, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 6.500 per potong gethuk pisang.

Dumbleg

Kabupaten Nganjuk juga memiliki makanan khas yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur, yakni dumbleg. Dumbleg ini merupakan makanan tradisional dan memiliki bentuk seperti lontong namun mempunyai tekstur seperti dodol.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat salah satu kuliner khas Jawa Timur ini juga mirip, seperti bahan pembuat dodol. Namun terdapat perbedaan pada pengemasannya, jika dodol dibungkus menggunakan plastic, maka dumbleg dibungkus menggunakan pelepah pinang yang diikat dengan menggunakan tali rafia agar kencang.

Secara cita rasa dari dumbleg ini juga berbeda dengan dodo. Dumbleg memiliki cita rasa yang legit dan tidak begitu manis dan bertekstur empuk, tidak alot. Dumbleg dijajakan dengan dua varian, pertama yaitu dumbleg putih dan kedua dumbleg merah. Harga dumbleg dibanderol mulai Rp 7.000 hingga Rp 8.000.

Sale Anggur

Sale anggur ini merupakan makanan khas daerah Pacitan, Jawa Timur. Meskipun bernama anggur, bahan pembuatan salah satu oleh-oleh khas Jawa Timur ini tidak menggunakan anggur.

Penamaan kuliner ini karena sale ini berbentuk seperti anggur. Sale anggur menggunakan pisang sebagai bahan dasar.

Untuk membuat sale anggur, memerlukan tiga tahap pembuatan. Pertama yaitu melakukan pengeringan pisang raja atau awak di bawah sinar matahari langsung terlebih dahulu.

Selanjutnya itu melakukan pengasapan, dan terakhir yaitu dengan melakukan natrium bisulfit yang akan membasahi pisang secara merata. Melalui proses pembuatan tadi membuat sale anggur ini awet dan tahan lama serta tidak mudah basi, sehingga cocok menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...