Sudut Siku-siku adalah Sudut Berukuran 90°, Ini Penjelasannya

Tifani
Oleh Tifani
28 September 2022, 15:43
ilustrasi sudut siku-siku adalah
Pexels.com/Karolina Grabowska
ilustrasi sudut siku-siku adalah

Sudut siku-siku adalah fitur penting dalam sejumlah topik Matematika. Mengetahui berapa derajat sudut siku-siku dapat membantu saat menemukan dan menghitung pertanyaan sudut yang hilang.

Bidang datar yang mewakili sudut siku-siku adalah bujur sangkar. berbeda dengan sudut lain yang digambarkan dalam Matematika dengan garis lengkung.

Mengetahui bahwa satu sudut tersebut merupakan sudut siku-siku dapat memungkinkan siswa Matematika menghitung sudut lain dalam suatu bentuk. Sudut sendiri merupakan suatu daerah yang dibentuk dengan menggunakan dua buah sinar garis.

Seperti halnya memindahakan sebuah benda berat yang kemudian akan dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi, dengan menggunakan acuannya sudutnya. Sudut ini dilambangkan menggunakan dengan "∠", seperti ∠A, ∠BC, ∠ABC, atau ∠5.

Misal untuk titik Q dan R, dapat ditulis dengan menggunakan ∠Q dan ∠R, dari keterangan tersebut hanya terdapat satu sudut saja. Untuk menentukan daerah sudut ini yaitu harus menemukan daerah sudut terlebih dahulu dengan mencari titik sudut tetapi bukan dari titik pangkal, sehingga seluruh ruas untuk menghubungkan kedua titik ini terletak pada daerah sudut. Alat yang digunakan untuk mengukur sudut ini adalah busur.

Di dalam sudut ini juga terdapat beberapa bagian yaitu : kaki sudut, dimana kaki sudut ini merupakan kedua sinar garis yang membentuk suatu sudut, lalu ada titik sudut (vertex), ini merupakan titik potong atau pangkal kedua sinar dari kaki sudut, dan terakhir daerah sudut, dimana ini merupakan daerah yang terbentuk antara dua kaki sudut.

Sudut ini membagi bidang yang kemudian menjadi dua bagian, berupa daerah sudut (interior), dan luar daerah sudut (eksterior). Right angle atau sudut siku-siku adalah sudut yang besarnya tepat pada 90º.

Berikut gambar dari sudut siku-siku sebagai berikut :

Ilustrasi Sudut SIku-siku
Ilustrasi Sudut SIku-siku (Katadata)
 




Dari gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa sudut siku-siku ini merupakan sudut yang dibangun oleh perputaran dengan seperempat lingkaran sehingga memiliki besaran 90º. Dan sudut ini terbentuk dengan garis vertikal dan horizontal yang membentuk sebuah sudut dengan besaran 90º.

Sudut siku-siku ini sangat penting bagi kehidupan sehari-hari karena sudut ini bisa dijadikan acuan untuk sudut ruangan, buku, jendela, beserta beberapa tempat lainnya. Untuk lebih mudahnya dalam memahami sudut siku-siku ini bisa menggunakan empat arah mata angin, berupa Utara, Timur, Selatan, dan Barat.

Sudut utara dengan timur, lalu sudut timur dengan selatan, selanjutnya sudut antara selatan dan barat, dan sudut antara barat dan utara.

Contoh Soal Sudut Siku-siku

Mempelajari sudut siku-siku ini bisa belajar dari contoh soal berikut:

Berapakah besar sudut siku-siku?

besar sudut siku - siku adalah 90º dan segitiga siku - siku adalah segitiga yang salah satu sudutnya membentuk siku - siku. Bagian terpanjang dari segitiga siku - siku merupakan sisi miring atau disebut Hipotenusa.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...