5 Rekomendasi Teh Diet Ini Efektif Menurunkan Berat Badan dan Sehat

Destiara Anggita Putri
3 Oktober 2022, 22:01
Teh Diet
Unsplash

Bagi kebanyakan orang, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan rutin berolahraga dan mengatur pola makan. Kedua cara tersebut bisa dilakukan secara rutin, disertai dengan makan dan minuman sehat pendukung program, termasuk mengonsumsi teh diet.

Mungkin hal ini tidak lagi asing bagi Anda, apalagi banyak kalangan masyarakat yang mengonsumsi teh hijau, karena dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut juga bukan hanya mitos belaka.

Sebagai salah satu minuman terpopuler di dunia, ada berbagai jenis teh yang terbukti secara ilmiah mampu membantu menurunkan berat badan, sekaligus membakar lemak. Apa saja jenis-jenis teh tersebut? Berikut lima rekomendasi teh diet yang bisa menjadi pilihan Anda.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan jenis teh paling populer di masyarakat.dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti penjelasan sebelumnya, teh ini sering dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Dikutip dari Healthline, teh hijau terbukti efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Untuk menguatkan manfaat ini, sebuah riset dilakukan pada 2008, di mana 60 penderita obesitas diminta melakukan diet selama 12 minggu sambil rutin mengonsumsi teh hijau atau plasebo.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi teh hijau berhasil menurunkan berat badan hingga 3,3 kilogram.  Hasil ini  lebih banyak dibandingkan partisipan lain yang hanya mengonsumsi plasebo.

Selain itu, ada juga penelitian lain yang meminta pesertanya untuk mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu. Hasilnya, mereka mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, serta lingkar pinggang yang signifikan.

Hal itu terjadi karena adanya kandungan Katekin yang sangat tinggi dalam ekstrak teh hijau. Kandungan tersebut merupakan antioksidan, yang dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan merangsang pembakaran lemak. 

Teh Hitam

Teh diet selanjutnya yang bisa Anda konsumsi adalah teh hitam. Teh ini merupakan jenis teh fermentasi yang biasanya mudah ditemukan di restoran Tiongkok. Proses fermentasi nya membuat kadar kafein dalam teh ini meningkat.

Banyak orang mengonsumsi teh diet karena dipercaya kandungan polifenolnya mamp menghampar agar tidak diserap oleh usus. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah riset dimana 111 partisipan diminta mengonsumsi tiga cangkir teh hitam sehari selama tiga bulan.

Hasilnya, terjadi penurunan berat badan dan lingkar pinggang pada partisipan. Hasil ini lebih baik daripada mereka yang mengonsumsi minuman berkafein lainnya.

Jika Anda ingin mengonsumsi teh ini untuk diet Anda. jangan tambahkan susu agar tidak terjadi peningkatan pada berat badan Anda. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...