Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog

Ghina Aulia
5 Oktober 2022, 10:24
Cara mengetahui TV digital atau analog
pexels/cottonbro
ilustrasi orang menonton TV

Perkembangan teknologi juga membuat versi lebih terbaru dari perangkat elektronik yang umum digunakan. Mulai dari alat telekomunikasi hingga perabotan yang memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Salah satunya adalah televisi atau TV. Awal kehadirannya, televisi berfungsi sebagai perangkat penyebar informasi atau media massa, sekaligus menayangkan hiburan kepada masyarakat.

Adapun jenis televisi yang dikenal saat ini adalah TV analog. Seiring perkembangan zaman, kualitas dan teknologi elektronik satu ini semakin berkembang dengan kehadiran TV digital. 

Kedua jenis televisi tersebut sama-sama unggul pada zamannya. Sebelum hadir TV digital, tentu analog menjadi televisi paling canggih. Demikian juga sebaliknya.

Ditambah sudah ada istilah Smart TV dan HDTV (High Definition Television). Yakni nama resmi dari pembaharuan perkembangan perangkat tersebut. Bisa jadi jenis adalah perangkat yang Anda miliki, mengingat juga sangat umum. Bisa dikatakan kebanyakan orang sekarang menggunakan TV digital.

Dengan teknologi terbaru, tayangan yang ditonton juga semakin beragam. Menariknya, TV digital tersebut dapat disesuaikan konten di dalamnya. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah menyaring dan menyerap informasi.

Melansir dari Inet Detik, TV analog sendiri merupakan siaran terbatas. Dimana antena akan menerima sinyal UHF yang berbentuk analog. Kualitas tayangan baik dari audio mau pun visual tergantung kekuatan dari pemancar.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...