Rumus Dinamika Rotasi dan Pembahasan Soal

Dwi Latifatul Fajri
12 Oktober 2022, 19:38
Rumus dinamika rotasi
Freepik
Ilustrasi, guru Fisika.

Dinamika rotasi ada dalam pelajaran Fisika sekolah menengah pertama. Penyelesaian soal tentang dinamika rotasi perlu menguraikan gaya, lalu menambahkan momen inersia. Dinamika rotasi dan kesetimbangan benda berhubungan dengan hukum II Newton.

Kesetimbangan benda tegar ini berkaitan dengan Hukum I Newton. Konsepnya ΣF=0 dan Στ=0 (torsi). Kesetimbangan yaitu benda yang dianggap sebagai benda titik dengan ΣF=0, maka benda tersebut setimbang.

Sementara itu, dinamika rotasi adalah ilmu yang mempelajari pergerakan benda, berputar pada poros atau titik tumpu. Rumus dinamika rotasi menggunakan Hukum II Newton.

Pengertian Dinamika Rotasi 

Dinamika rotasi adalah ilmu yang mempelajari pergerakan benda berputar pada porosnya. Gerak benda ini mengelilingi sumbu putar (rotasi) yang dipengaruhi oleh gaya, massa, momen inersia, dan lainnya. Tetapi benda dalam dinamika rotasi dianggap punya ukuran dan bentuk tetap.

Dinamika rotasi bisa terjadi pada benda yang bergerak pada lintasan lurus. Jika benda bergerak lurus dikatakan translasi. Sedangkan benda yang bergerak di lintasan melingkar disebut rotasi.

Besaran yang memengaruhi dinamika rotasi di antaranya:

1. Torsi (Momen Gaya)

Torsi adalah besaran gaya yang bekerja, sehingga benda bergerak melingkar. Benda bergerak pada porosnya, contohnya saja putaran jarum jam.

2. Gerak Rotasi

Energi dan gerak rotasi memengaruhi dinamika rotasi. Energi kinetik adalah benda yang bergerak menggelinding. Ketika dijumlahkan, maka nilai tersebut dinamakan energi kinetik pada benda menggelinding. Selain energi, benda bergerak pada porosnya juga memiliki gaya.

3. Momentum Sudut

Momentum sudut adalah ukuran kesukaran benda, untuk mengubah arah gerak benda ketika berputar atau bergerak melingkar.

Rumus Dinamika Rotasi

Mengutip dari Zenius.net, dinamika rotasi dipengaruhi oleh torsi (momen inersia), percepatan, kecepatan, massa, dan gaya. Rumus dinamika rotasi menggunakan konsep Hukum II Newton.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...