Cara Mengatasi Kucing Stres, Beserta Ciri-cirinya

Ghina Aulia
14 Oktober 2022, 11:47
Cara mengatasi kucing stres
pexels/Pixabay
ilustrasi seekor kucing

Menjaga kesehatan hewan merupakan salah satu tugas utama pemilik binatang berbulu satu ini. Langkah tersebut dilakukan, tentunya untuk keselamatan dan kelangsungan hidup kucing.

Tak heran ketika pemilik berusaha menyediakan fasilitas terbaik untuk binatang peliharaannya. Mulai dari tempat tinggal yang mana, makanan sehat dan perawatan tambahan lainnya.

Advertisement

Pada kesempatan ini, kami akan memberitahu Anda mengenai bagaimana cara mengatasi kucing stres. Dimana masalah ini sangat rentan dialami hewan peliharaan.

Dari hal tersebut, dapat diketahui bahwa penyakit pada hewan peliharaan, khususnya kucing, tidak hanya pada fisik. Melainkan juga pada mental mereka.

Seperti manusia, ternyata suasana hati kucing juga perlu dijaga. Di mana, kondisi mental yang tidak stabil dapat menyebabkan kondisi fisik hewan peliharaan bermasalah. Untuk itu, dalam memelihara kucing sebaiknya juga memastikan hewan dalam keadaan sehat luar dan dalam.

Perlu diketahui juga bahwa cara mengatasi kucing stres sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Terdapat banyak hal yang dapat memicu suasana hati yang kurang baik pada diri mereka. Contoh mudahnya adalah lingkungan yang kurang nyaman.

Berbagai hal yang memicu stres pada kucing bisa dikarenakan suara yang mengganggu hingga perilaku hewan dan manusia yang tidak disukai. Misalnya seperti bising pada proses renovasi rumah, keributan bahkan hadirnya bayi atau binatang peliharaan baru.

Ciri-ciri Kucing Stres

Selain itu, ternyata kucing stres juga memiliki ciri-ciri tertentu. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah mengetahui dan menindaklanjutinya.

Kucing stres dapat menunjukkan ciri-cirinya dengan berbagai cara. Hal tersebut juga tergantung penyebabnya. Misalnya dipicu oleh masalah kulit hingga pencernaan. Anak bulu tersebut akan memilih buang air di luar tempatnya, membuat suara relatif lebih keras dari biasanya hingga mengeram dan mendesis tidak biasa.

Selain itu, agresivitas mereka juga bisa menggambarkan suasana hati yang kurang baik. Ditambah lagi mereka bisa saja menjilat kulit, yaitu bagian tubuh yang tidak ditumbuhi rambut.

Selain itu, masalah kesehatan juga dapat disebabkan oleh rasa stres yang dirasakan oleh kucing. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ciri-ciri kucing yang mengalami stres:

1. Nafsu Makan Berkurang sebabkan Berat Badan Turun

Salah satu hal yang biasa ditunjukkan oleh kucing yang sedang stres adalah tidak memiliki nafsu makan. Lantaran suasana hati yang kurang bagus dan tidak ingin menyantap apa pun, peliharaan Anda akan mengalami penurunan berat badan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement