6 Rekomendasi Buku Motivasi untuk Menambah Semangat

Ghina Aulia
19 Oktober 2022, 14:04
Rekomendasi buku motivasi
Pixabay
ilustrasi buku terbuka

Buku jendela dunia merupakan istilah yang cukup terkenal. Istilah tersebut memiliki arti bahwa dengan membaca buku, Anda akan akan mendapatkan wawasan dan mampu melatih pikiran tetap fokus. Untuk itu, penting mengetahui rekomendasi buku motivasi untuk menambah semangat dalam upaya Anda mencapai tujuan tertentu.

Sebelum menjelaskan rekomendasi buku motivasi, akan lebih baik memahami konsep motivasi itu sendiri. Berikut pengertian motivasi menurut para ahli.

  • Hasibuan dalam Sutrisno (2017) menjelaskan bahwa motivasi adalah perangsang keinginan dan daya penggerak kemauan bekerja seseorang, karena setiap motif mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai.
  • Selain itu, Mulyasa (2003) menyampaikan bahwa motivasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Ia sendiri menjelaskan konsep ini pada peserta didik. Menurutnya juga, dengan motivasi, siswa akan bersungguh-sungguh.
  • Lebih lanjut, Victor H. Room mengemukakan bahwa motivasi adalah akibat dari suatu hasil yang ingin diraih atau dicapai oleh seseorang dan sebuah perkiraan bahwa apa yang dilakukannya akan mengarah pada hasil yang diinginkannya.

Dengan begitu, motivasi adalah hal yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Tentu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Biasanya motivasi didapatkan dari dalam diri sendiri. Yaitu dengan menggali apa yang sebenarnya menjadi tujuan dapat melakukan sesuatu.

Salah satu hal yang dapat dilakukan agar lebih semangat, yaitu dengan mencari tahu apa sebenarnya motivasi yang Anda miliki. Salah satunya dengan membaca beberapa rekomendasi buku motivasi.

Membaca buku berbau motivasi dapat menjadi pemicu dan tak lupa menambah pengetahuan. Berhasil merangkum dari situs Gramedia.com, berikut ini adalah 6 daftar rekomendasi buku motivasi yang dapat Anda baca:

1. Motivasi Dirimu Gapai Suksesmu oleh The Riyanto, FIC

Isi buku ini menegaskan bahwa kesuksesan bisa dicapai dengan adanya motivasi yang kuat. Dimulai dari pola pikir yang konstruktif dan positif hingga memicu upaya-upaya untuk menunjang tercapainya tujuan yang diinginkan.

Buku ini juga dapat dibeli secara digital, jadi Anda dapat mudah mengaksesnya dimana pun. Di dalamnya berisi kiat-kiat motivasi dengan penyampaian yang sederhana. Dengan begitu, Anda dapat mencernanya dengan mudah dan santai.

2. Otewe Berbenah oleh Ririn Astutiningrum

Merupakan karya Ririn Astutiningrum, buku ini dapat membantu ketika Anda sedang merasa lelah dalam menjalani kehidupan. Menariknya, tulisan pada terbitan ini merujuk pada Al-Quran, yakni kitab pedoman umat Islam.

Selain mendapatkan motivasi, Anda juga mendapatkan wawasan terkait agama Islam. Di dalamnya juga mengisahkan beberapa riwayat hidup orang saleh. Tak lupa potongan-potongan ayat yang bisa memberikan suntikan inspirasi dan energi positif.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...