Memahami Rumus dan Prinsip Induksi Matematika

Dwi Latifatul Fajri
19 Oktober 2022, 23:41
Prinsip Induksi Matematika
pexels.com
Ilustrasi mengerjakan matematika

Induksi matematika digunakan untuk membuktikan pernyataan khusus bilangan asli. Pembuktikan induksi matematika ini menghasilkan kesimpulan bersifat umum. Induksi matematika menggunakan pembuktian rumus atau metode.

Ada dua jenis penalaran yang dipakai pengantar induksi matematika. Mengutip dari Kelaspintar.id, dua jenis penalaran yaitu deduktif dan induktif. Penalaran deduktif adalah penalaran bersifat umum ke khusus. Sedangkan penalaran induktif yaitu jenis penalaran dari khusus ke umum.

Advertisement

Metode induksi matematika juga digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Sifat kebenaran hipotesis ini berlaku umum jika terbukti benar untuk semua nilai. Berikut penjelasan tentang prinsip induksi matematika.

Prinsip Induksi Matematika

Induksi matematika adalah metode untuk membuktikan suatu pernyataan tertentu. Induksi matematika menggunakan metode baku untuk pembuktian di bidang matematika. Dalam buku Explore Matematika Jilid 2 kelas XI, prinsip induksi matematika digunakan untuk membuktikan rumus dengan bentuk tertentu.

Misalnya:

1 + 2 + 3 + ... + n = 1/2 n (n + 1)

Rumus ini berlaku untuk setiap bilangan asli n. Untuk membuktikan rumus tersebut, harus diperiksa kebenaran rumus setiap bilangan asli n.

Misalnya P (n): 1 + 2 + 3 ... + n = 1/2 n (n + 1), maka harus dibuktikan bahwa

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement