7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dan Cemas

Pikiran negatif berdampak buruk pada kesehatan, keluarga, dan lingkungan. Pikiran negatif juga mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap tujuan. Berikut cara menghilangkan pikiran negatif
Dwi Latifatul Fajri
26 Oktober 2022, 23:47
Cara Menghilangkan Pikiran Negatif
Freepik
Ilustrasi, sikap pesimis.

Pikiran negatif Pikiran Negatifberdampak pada kecemasan hingga stress pada seseorang. Hal ini terjadi karena pemikiran dan keyakinan yang dilandasi pesimisme. Menurut teori terapi kognitif, pikiran dan nilai seseorang dapat menentukan cara mereka melihat dunia.

Pemikiran negatif membuat seseorang gelisah dan berpikir buruk akan masa depannya. Hal ini bisa mengurangi semangat untuk meraih tujuan. Mengutip dari gramedia.com, pikiran negatif adalah cara berpikir diri sendiri dan bentuk lingkungan.

Pola pikir ini akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan emosional. Jika pikiran negatif terus-menerus akan berdampak pada penyakit mental. Tetapi, tidak semua orang yang berpikiran negatif memiliki penyakit mental. Sama halnya dengan orang yang mengalami penyakit mental berpikiran negatif.

Dampak dari pikiran negatif terus-menerus akan mempengaruhi kesehatan, karir, hingga keluarga. Sebenarnya ada berbagai cara untuk melatih diri mengurangi pikiran negatif. Proses mengurangi pikiran negatif membutuhkan waktu dan mengubah pola pikir. Berikut cara menghilangkan pikiran negatif dan cemas dalam diri.

Advertisement

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

1. Mengelola Perasaan

Cara menghilangkan pikiran negatif yaitu mengelola perasaan. Dalam buku Menghancurkan Pikiran-Pikiran Negatif, Denieda Fanun menjelaskan untuk membiasakan diri berpikir positif. Langkah sederhana ini membantu seseorang untuk terbuka dalam hidup.

Perasaan senang, sedih, kecewa, marah bisa dikelola dengan baik. Pengelolaan perasaan ini membuat seseorang lebih bijaksana dan jauh dari gelisah. Mengelola perasaan bisa dilakukan dengan meditasi. Olahraga relaksasi ini membantu melepaskan beban pikiran dan kecemasan dalam diri.

2. Lebih Produktif

Kemalasan diciptakan dari pikiran negatif hingga menunda pekerjaan. Rasa malas terjadi karena adanya waktu luang, kurang fokus, dan menunda melakukan sesuatu. Salah satu cara mengurangi kecemasan yaitu produktivitas. Anda bisa memulai untuk mengerjakan hal-hal kecil sampai akhirnya selesai. Lakukan aktivitas supaya otak bisa berpikir positif untuk kemajuan.

3. Eksekusi Rencana

Pikiran negatif bisa muncul karena rasa takut menyelesaikan rencana. Misalnya saja anda malas untuk berangkat kuliah atau mengerjakan tugas. Ketakutan ini membuat pikiran buruk muncul, sehingga anda merasa malas atau menunda sesuatu.

Cara ketiga menghilangkan pikiran negatif yaitu menyelesaikan rencana. Anda bisa membuat jadwal harian, mingguan, atau bulan. Buat catatan kecil untuk menyelesaikan tugas harian. Anda bisa memberi reward (hadiah) untuk diri anda sendiri ketika menyelesaikan tugas.

4. Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan inovasi atau ide baru. Terkadang kreativitas bisa muncul ketika sedang bermalas-malasan. Ketika kreativitas muncul, lakukan kegiatan untuk yang bermanfaat. Kreativitas muncul dari proses berpikir yang menghasilkan manfaat.

Anda bisa menghasilkan bentuk, format baru, dan metode baru. Kreativitas ini membuat seseorang termotivasi mengerjakan tugas baru. Selain itu kreativitas membuat seseorang menyelesaikan masalah.

5. Berani

Rasa malu berlebihan terwujud dari pikiran negatif yang melanda. Selain itu rasa malu dapat menghambat pencapaian dan tujuan seseorang. Sikap berani perlu ditunjukkan untuk mengatasi rasa malu.

Anda perlu meyakinkan diri sendiri dan berpikir positif. Lakukan apa yang anda bisa dan berani tampil untuk menutupi kekurang dengan memperlihatkan kelebihan. Jangan ragu meski penilaian orang lain bisa berbeda. Sikap berani ini membantu anda untuk melangkah lebih maju.

6. Lakukan Hal yang Disukai

Pikiran negatif yang terus berulang bisa menimbulkan stress hingga depresi. Pikiran negatif ini dapat menurunkan produktivitas. Salah satu cara mengurangi pikiran negatif yaitu melakukan hal yang disukai.

Misalnya peri liburan untuk menghilangkan stress setelah lelah bekerja. Selain liburan anda bisa melakukan hal yang disukai contohnya olahraga, bergabung dengan komunitas, atau main games. Melakukan hal yang disukai membantu otak lebih rileks, sehingga menggerakan pikiran positif.

7. Mengatur Pola Makan

Konsumsi makanan bergizi dapat mengurangi stress dan pikiran negatif. Anda bisa konsumsi makanan sehat mengandung vitamin C, vitamin B, omega 3, asam folat, dan magnesium. Pola makan dan gizi seimbang membantu mencegah pikiran negatif dan stress.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait