7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dan Cemas

Dwi Latifatul Fajri
26 Oktober 2022, 23:47
Cara Menghilangkan Pikiran Negatif
Freepik
Ilustrasi, sikap pesimis.

Pikiran negatif Pikiran Negatifberdampak pada kecemasan hingga stress pada seseorang. Hal ini terjadi karena pemikiran dan keyakinan yang dilandasi pesimisme. Menurut teori terapi kognitif, pikiran dan nilai seseorang dapat menentukan cara mereka melihat dunia.

Pemikiran negatif membuat seseorang gelisah dan berpikir buruk akan masa depannya. Hal ini bisa mengurangi semangat untuk meraih tujuan. Mengutip dari gramedia.com, pikiran negatif adalah cara berpikir diri sendiri dan bentuk lingkungan.

Pola pikir ini akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan emosional. Jika pikiran negatif terus-menerus akan berdampak pada penyakit mental. Tetapi, tidak semua orang yang berpikiran negatif memiliki penyakit mental. Sama halnya dengan orang yang mengalami penyakit mental berpikiran negatif.

Dampak dari pikiran negatif terus-menerus akan mempengaruhi kesehatan, karir, hingga keluarga. Sebenarnya ada berbagai cara untuk melatih diri mengurangi pikiran negatif. Proses mengurangi pikiran negatif membutuhkan waktu dan mengubah pola pikir. Berikut cara menghilangkan pikiran negatif dan cemas dalam diri.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

1. Mengelola Perasaan

Cara menghilangkan pikiran negatif yaitu mengelola perasaan. Dalam buku Menghancurkan Pikiran-Pikiran Negatif, Denieda Fanun menjelaskan untuk membiasakan diri berpikir positif. Langkah sederhana ini membantu seseorang untuk terbuka dalam hidup.

Perasaan senang, sedih, kecewa, marah bisa dikelola dengan baik. Pengelolaan perasaan ini membuat seseorang lebih bijaksana dan jauh dari gelisah. Mengelola perasaan bisa dilakukan dengan meditasi. Olahraga relaksasi ini membantu melepaskan beban pikiran dan kecemasan dalam diri.

2. Lebih Produktif

Kemalasan diciptakan dari pikiran negatif hingga menunda pekerjaan. Rasa malas terjadi karena adanya waktu luang, kurang fokus, dan menunda melakukan sesuatu. Salah satu cara mengurangi kecemasan yaitu produktivitas. Anda bisa memulai untuk mengerjakan hal-hal kecil sampai akhirnya selesai. Lakukan aktivitas supaya otak bisa berpikir positif untuk kemajuan.

3. Eksekusi Rencana

Pikiran negatif bisa muncul karena rasa takut menyelesaikan rencana. Misalnya saja anda malas untuk berangkat kuliah atau mengerjakan tugas. Ketakutan ini membuat pikiran buruk muncul, sehingga anda merasa malas atau menunda sesuatu.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...