5 Anime Paling Sedih Ini Layak Ditonton

Image title
28 Oktober 2022, 23:17
Ilustrasi cuplikan adegan anime paling sedih
Youtube Studio Ghibli
Ilustrasi cuplikan adegan anime paling sedih

Hadir sebagai media hiburan populer, anime menjadi sarana tontonan yang memiliki beragam cerita. Dari kisah petualangan dengan adegan pertarungan terbaik hingga romansa percintaan yang menyayat hati.

Semua tema nyaris bisa ditemukan sangat mudah dalam animasi buatan Jepang itu. Termasuk beberapa di antaranya adalah anime paling sedih.

Sebuah serial bisa dinilai sebagai anime paling sedih tergantung bagaimana penonton menanggapinya. Sebab, anime terdiri dari banyak unsur yang bisa menentukan seberapa baik dan menarik cerita di dalamnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak sekali anime underrated yang jarang diketahui fans. Padahal kisah yang disajikan bisa berakhir tragis dan mengundang air mata penontonnya.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui apa saja judul anime paling sedih, berikut Katadata.co.id telah merangkumnya dalam ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Anime Paling Sedih dan Underrated 

Sebelum membahasnya lebih lanjut, perlu diingat beberapa judul dalam list kali ini mungkin akan terdengar asing di telinga Anda. Sebab, kami tidak memasukkan serial anime yang mungkin sudah sangat populer di luar sana.

Langsung saja, menurut Ign.com dan Cbr.com berikut daftarnya:

1. Grave of the Fireflies

Perang dunia kedua menyisakan kisah pilu bagi negara-negara yang terlibat. Tak terkecuali Jepang. 

Usai dinyatakan kalah akibat serangan bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki, banyak penduduknya yang harus melewati masa-masa sulit.

Hal itu digambarkan begitu nyata oleh Isao Takahata. Lewat film anime paling sedih yang berjudul Grave of the Fireflies, karyanya ini berhasil memberikan sedikit gambaran bagaimana kondisi Jepang setelah kalah dalam perang dunia kedua.

Melalui film ini, Anda akan diajak melihat kengerian perang yang dikisahkan dari  sudut pandang sepasang saudara kandung di Jepang.

Anime garapan Studio Ghibli tersebut berhasil menghadirkan alur cerita yang menyedihkan. Tokoh utama dalam film ini adalah Seita, anak laki-laki yang tulus dan akan melakukan yang terbaik untuk menjaga adik perempuannya, Setsuko. Terutama pasca kampung halamannya dijatuhi bom.

Tanpa orang dewasa untuk membimbing mereka, sepasang saudara ini berusaha bertahan hidup. Dari awal hingga akhir film, Anda bisa mengikuti bagaimana cobaan berat yang harus dihadapi kedua karakter tersebut.

Tidak lupa, setelah melihat film tersebut Anda pasti akan selalu teringat dengan kaleng permen yang sangat ikonik.

2. Wolf Children

Bila Anda mencari anime dengan konsep cerita tidak biasa, maka cobalah menonton film anime paling sedih berjudul Wolf Children

Anime ini memiliki premis cerita yang tersusun sangat baik. Akan tetapi, kisahnya bisa membuat Anda meneteskan air mata.

Mengisahkan tentang perjuangan seorang ibu tunggal bernama Hana yang berusaha membesarkan kedua anaknya. Namun, kedua anak tersebut bukan manusia biasa melainkan mahluk setengah serigala. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...