Memahami Rumus Sudut Pusat dan Keliling Lingkaran

Dwi Latifatul Fajri
1 November 2022, 21:58
Rumus Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran
Dok. Penerbit Duta
Ilustrasi Lingkaran

Lingkaran termasuk bangun datar yang terdiri dari beberapa sudut. Ada dua sudut dalam lingkaran yaitu sudut pusat dan sudut keliling. Sudut pusat adalah sudut yang dibentuk oleh dua buah jari-jari. Sudut pusat ini menghadap busur lingkaran.

Sedangkan sudut keliling adalah sudut yang dibatasi oleh tali busur. Sudut keliling ini berpotongan dengan satu titik suatu lingkaran. Titik sudut keliling ini berada pada keliling lingkaran.

Sudut pusat dan sudut keliling saling berkaitan. Kedua sudut ini menghadap busur yang sama besar. Maka besaran sudut pusat yaitu dua kali dari besar sudut lingkaran. Pengertian busur lingkaran adalah garis lengkung bagian keliling lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lingkaran.

Sudut keliling lingkaran dibedakan menjadi sudut dalam dan luar sudut keliling. Sudut dalam keliling adalah sudut yang terjadi jika dua buah tali berpotongan dalam lingkaran. Sedangkan luar keliling sebaliknya.

Mengutip dari Kemdikbud.go.id, busur lingkaran berpusat pada titik O. Pusat titik O ini menghubungkan antara titik A dan C di keliling lingkaran. Sedangkan garis lengkung yang menghubungkan titik A dan C disebut busur lingkaran.

Busur Lingkaran
Busur Lingkaran (kemdikbud.go.id)

Busur lingkaran adalah garis lengkung bagian dari keliling lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Pada gambar lingkaran berpusat di titik O, terdapat titik A dan C di keliling lingkaran. Garis lengkung yang menghubungkan titik A dan C disebut busur lingkaran

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...