Menilik Cara Membuat Denah di Word dan Software Lainnya

Destiara Anggita Putri
18 November 2022, 13:47
Cara Membuat Denah di Word
Unsplash

Denah adalah keterangan  suatu gambar yang dapat menunjukkan suatu lokasi sehingga lebih mudah menemukannya. Biasanya denah terdapat pada bagian belakang surat undangan, selebaran seminar, dan lainnya. 

Untuk membuat denah lokasi,  banyak orang lebih suka menggunakan aplikasi desain profesional seperti phtoshop, corel draw, dan sejenisnya. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri tanpa memerlukan skill desain, maka Microsoft Word adalah solusinya.  

Advertisement

Lantas, bagaimana cara membuat denah di Word? Simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini. 

Cara Membuat Denah di Word

Anda bisa membuat denah  di Word dengan menggunakan menu  Insert. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Pertama, buka lembar kerja di Microsoft Word.
  • Kemudian, klik menu Page Layout.
  • Lalu klik Orientation dan pilih Landscape. Hal ini dilakukan agar lembar kerja Anda lebih lebar dan bisa mudah untuk membuat denah.
  • Selanjutnya, klik menu Insert.
  • Lalu, klik Shapes dan pilih  bentuk Persegi atau Rectangle.
  • Klik dan tarik kursor dengan mouse agar bisa membuat bentuk persegi panjang. Sesuaikan ukurannya dengan keinginan.
  • Lalu, pilih warna dengan klik Format, pada tab Shapes Style pilih warna.
  • Selanjutnya, buatlah beberapa bentuk persegi secara vertikal atau horizontal sesuai keinginan.
  • Lalu, sambungkan bentuk persegi yang sudah dibuat. 
  • Tambahkan Nama Jalan dengan klik kanan Shapes dan pilih Add Text.
  • Buatlah Nama Jalan pada setiap titik.
  • Anda juga bisa menambahkan ikon sebagai keterangan di sekitar lokasi undangan tersebut.
  • Anda  bisa mencari ikonnya di Google, misalkan Ikon Rumah png. Disarankan untuk menggunakan ikon dengan format .png supaya gambar background-nya transparan.
  • Lalu cari beberapa ikon lainnya yang dibutuhkan untuk disematkan pada undangan.
  • Untuk menambahkan ikon di undangan kamu bisa klik menu Insert dan pilih Pictures.
  • Sesuaikan ikon gambar tersebut pada area yang sudah dibuat.
  • Klik Ikon gambar tersebut, lalu klik menu Format. 
  • Pilih Wrap Text dan klik In front of text.
  • Buatlah beberapa ikon gambar sesuai titik lokasi yang sesuai.
  • Klik Insert lalu pilih Text Box dan klik Draw Text Box.
  • Berikan nama bangunan pada ikon supaya terlihat lebih jelas.
  • Selesai, denah lokasi yang sederhana ini sudah jadi. Anda bisa mencetak denah lokasi undangan ini.

Cara Membuat Denah di Software Lainnya

Selain menggunakan Word untuk membuat denah, ada dua software lainya yang bisa Anda gunakan yaitu Excel dan Powerpoint. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Excel

Microsoft Excel merupakan sebuah software lainnya dari Microsoft Office yang bisa Anda gunakan juga untuk membuat denah khususnya denah ruangan atau rumah. Caranya pun cukup mudah dilakukan. Untuk lebih jelasnya, simak langkah langkah dibawah ini.

  • Pertama, buka lembar kerja di Microsoft Powerpoint.
  • Pilihlah seluruh sel pada aplikasi Microsoft Excel dengan menekan CTRL + A
  • Setelah itu, klik kanan pada huruf kolom lalu pilihlah Column Width.
  • Ubahlah nilai pada Column Width menjadi 1 lalu tekan Ok.
  • Setelah itu, saat seluruh sel masih dipilih, klik kanan pada nomor baris dan pilihlah Row Height.
  • Ubahlah nilainya menjadi 9 lalu klik Ok.
  • Sekarang saatnya Anda menggambar denah ruangan itu.  Anda bisa mulai menggambar dinding dan partisi ruangan dengan cara memblok kolom ataupun baris dan memberinya warna. Gambarlah sesuai dengan desain yang  Anda inginkan.
  • Langkah terakhir adalah dengan menambahkan dekorasi.  Anda bisa memasukkan ikon dan dekorasi yang kamu butuhkan dengan mengakses menu Insert yang terdapat pada aplikasi Microsoft Excel. Janganlah lupa untuk menambahkan ikon dan dekorasi seperti tempat tidur, sofa, lampu, dan lainnya karena untuk memperjelas rancangan dan mempercantik  ruangan yang sedang dibuat.

2. Powerpoint

Microsoft Office juga memiliki software yang bisa Anda gunakan untuk membuat denah yaitu Microsoft Powerpoint. Cara ini bisa Anda lakukan bila ingin membuat denah lokasi undangan. Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama, buka dulu lembar kerja di Microsoft Powerpoint.
  • Selanjutnya, pilih menu Customize Quick Access Toolbar di bagian atas.
  • Lalu, klik More Commands.
  • Kemudian, pada Choose commands from pilih All Commands.
  • Lalu cari dan pilih Combine Shapes, klik Add dan pilih OK.
  • Setelah itu, akan muncul ikon Combine Shapes di bagian atas.
  • Selanjutnya, klik menu Insert dan klik Shapes.
  • Pilih bentuk shape yang ingin gunakan untuk membuat denah.
  • Klik dan tarik kursor agar bisa mengatur ukurannya sesuai keinginan.
  • Buatlah beberapa bentuk dengan posisi vertikal atau horizontal.
  • Jika sudah, kamu blok semua Shapes tersebut dengan menekan tombol CTRL + A.
  • Lalu, klik Combine Shapes.
  • Jika sudah, Anda  bisa mengubah warna pada Shapes dengan klik menu Format.
  • Pada Shapes Style, pilih Warna yang diinginkan.
  • Jika Anda ingin memberikan ikon gambar, bisa klik menu Insert dan pilih Pictures.
  • Anda  masukkan beberapa ikon yang ingin diterapkan dalam denah lokasi tersebut.
  • Untuk memberikan teks Nama Jalan atau Keterangan Bangunan bisa klik Text box.
  • Lalu, buatlah Nama Jalan dan Keterangan sesuai dengan titik lokasi tersebut.
  • Selesai, Anda bisa  mencetak denah lokasi tersebut

Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement