Cara Daftar LPDP Lengkap dengan Link, Syarat dan Cara Membuat Essay

Ghina Aulia
18 November 2022, 16:33
Cara Daftar LPDP
pexels
Ilustrasi kacamat di atas buku.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah badan yang dinaungi Kementerian Keuangan untuk mengelola dana pendidikan. Setiap tahunnya, mereka membuka program beasiswa untuk pendidikan magister dan doktor.

Fasilitas yang didapatkan tidak hanya meliputi biaya pendidikan. Namun juga tunjangan hidung hingga tunjangan keluarga untuk program doktor.

Tak heran apabila beasiswa LPDP banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih peserta dapat memilih Perguruan Tinggi kenamaan di dalam dan luar negeri.

Perlu diketahui bahwa LPDP berfokus pada beberapa bidang yang diharapkan dapat berpengaruh kepada cemerlangnya bangsa Indonesia di masa depan. Di antaranya adalah ekonomi, keuangan, keagaam, hukum, teknik, sains, kedokteran dan sosial budaya.

Banyaknya jumlah peminat, tentu proses seleksi tidak mudah. Kualifikasi yang dipenuhi sifatnya mendasar namun Anda harus menekankan apa yang akan diberikan untuk Indonesia, karena itulah tujuan dari program ini.

Program ini harapannya dapat melahirkan pemimpin Indonesia yang berkompeten dan layak. Tak heran ketika pihak LPDP membuat persyaratan berupa surat pernyataan komitmen untuk kembali ke Indonesia setelah masa studi berakhir.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara daftar LPDP. Lengkap dengan syarat dan cara membuat essay yang diinformasikan oleh alumnus.

Cara Daftar LPDP

1. Mendaftar secara online di situs Pendaftaran Beasiswa LPDP https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
2. Lengkapi dan unggah dokumen yang menjadi persyaratan
3. Pastikan sudah men-submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode pendaftaran.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...